Mandi Bukan Sekedar Ritual Biasa

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bagi kebanyakan orang mandi hanya merupakan ritual yang biasa dilakukan setiap hari. Dalam sehari biasanya kita mandi dua kali, yaitu saat pagi hari setelah bangun tidur dan sore hari setelah beraktivitas di siang hari. Selama ini, di pikiran kita sudah terbentuk image bahwa mandi "hanya" lah untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh kita. Sebagaimana pengertian umum dari mandi yaitu membersihkan tubuh dengan air dan sabun, bisa dengan cara menyiramkan atau merendamkan diri di air.

sumber : health.liputan6.com
Mandi yang merupakan ritual setiap orang mempunyai manfaat tidak hanya sekedar untuk membersihkan tubuh saja, tapi mandi bermanfaat juga sebagai terapi tubuh (merawat dan menyegarkan kulit tubuh), relaksasi, pembangkit mood, serta sebagai penyeimbang jiwa. Hanya saja dengan alasan terburu-buru, keterbatasan waktu, atau alasan lain sering kali mandi dilakukan dengan terburu-buru.  Padahal saat mandi  merupakan waktu yang sangat personal yang seharusnya dapat kita nikmati untuk memanjakan diri kita.

Karena manfaat dari mandi sebagai terapi dan relaksasi tubuh itulah, dewasa ini banyak salon-salon kecantikan yang menawarkan berbagai paket perawatan tubuh melalui spa (solus per aqua atau terapi air atau arti gampangnya adalah mandi) dengan biaya yang tidak murah, semata-mata untuk mendapatkan kulit yang lembut, wangi, dan perawatan kulit yang paripurna.

Untuk merasakan ritual mandi yang berbeda dan mendapatkan relaksasi tubuh, sebenarnya kita bisa melakukan sendiri di rumah, dengan peralatan dan bahan-bahan yang ada di rumah dan tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan apabila kita melakukannya di salon-salon kecantikan.  Peralatan dan bahan yang digunakan adalah :
  • Air hangat.
  • 2 cangkir kecil susu cair.
  • 2 sendok makan madu.
  • Beauty puff.
  • Sabun cair.

Ada dua cara mandi yang bisa kita lakukan, yaitu : 
  • Dengan shower. Usapkan secara merata susu dan madu ke seluruh bagian tubuh, diamkan selama lebih kurang 5 menit. Usap dengan sedikit tekanan seluruh tubuh kita. Lakukan hal tersebut selagi tubuh masih kering. Setelah merata gunakan beauty puff yang telah dibasahi untuk membantu mengusap kulit dengan gerakan memutar sambil menyiram tubuh. Mulailah menyiram dari kaki, terus naik hingga kepala dengan air hangat agar tubuh tidak lengket dengan perubahan suhu. 
  • Dengan berendam di bathub. Tuangkan susu, madu, dan sabun cair di bawah air hangat yang mengalir dari kran sewaktu mengisi bathup. Setelah terisi air secukupnya, rendam tubuh di dalam bathub. Biarkan tubuh terasa rileks dengan kelembutan kombinasi bahan tersebut. Setelah kurang lebih 15 menit, gunakan beauty puff dan usapkan ke seluruh tubuh dengan gerakan lembut memutar. Gerakan ini akan membantu melancarkan peredaran darah serta memberi efek rileks.

Apabila kita lakukan secara rutin, maka kita akan mendapatkan tubuh yang segar,  kulit yang lembut, wangi, dan tampak cerah bercahaya. Jadi, di balik ritual mandi yang kita lakukan sehari-hari, ternyata ada manfaat lebih dari mandi. Selamat mandi.

Demikian penjelasan berkaitan dengan mandi bukan sekedar ritual biasa.

Semoga bermanfaat.