Problem Keuangan Saat Berlibur

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Liburan adalah salah satu waktu yang paling ditunggu oleh keluarga. Apalagi liburan akhir tahun, karena biasanya pada akhir tahun banyak instansi yang memberikan libur panjang kepada para karyawannya. Hanya saja untuk sebagian orang, masalah keuangan merupakan bagian dari kendala saat merencanakan acara liburan, terutama untuk biaya transportasi dan akomodasi.

Untuk mengatasi masalah keuangan tersebut, tentunya kita mesti bisa memutuskan terlebih dahulu, kemana kita akan berlibur, cukup di dalam negeri atau ke luar negeri, serta tema berlibur apa yang dikehendaki, suasana pegunungan atau suasana pantai. Kalau memang dana untuk liburan terbatas sebaiknya liburan cukup dilakukan di dalam negeri. Banyak tempat-tempat yang indah di Indonesia yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Kalau memang keuangan tidak memungkinkan untuk bepergian saat liburan, liburan bisa juga dilakukan di rumah. Yang terpenting ciptakan kegiatan yang menyenangkan,bersama keluarga.

Cara terbaik untuk merencanakan pembiayaan wisata adalah dengan mencari tahu  terlebih dahulu perkiraan jumlah pengeluaran selama berlibur. Dengan begitu kita bisa menabung sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk liburan. Biaya transportasi dan akomodasi biasanya bergantung pada jumlah anggota keluarga yang bepergian. Semakin banyak jumlah anggota keluarga yang ikut, maka biaya yang dibutuhkan untuk berliburpun akan semakin besar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar acara liburan bersama dengan keluarga bisa berlangsung dengan nyaman :
  • Sebelum pergi, lunasi terlebih dahulu semua tagihan kartu kredit (apabila anda mempunyai kartu kredit), hal ini penting supaya nantinya tagihan kartu kredit tidak semakin membengkak saat pulang berlibur.
  • Kalau memutuskan untuk berlibur ke ke luar negeri, pastikan anda membawa mata uang lokal dalam jumlah yang cukup. Selain itu bawa juga mata uang asing yang nilai tukarnya kuat dan stabil, seperti dollar Amerika atau Euro.
  • Sedapat mungkin hindari penarikan tunai dari rekening tabungan anda melalui ATM saat berlibur ke luar negeri, karena pasti anda akan dikenai biaya ganda, yaitu biaya kurs dan biaya transaksi antar bank yang nilainya cukup besar.
  • Sebaliknya apabila anda dan keluarga memutuskan untuk berlibur di dalam negeri, simpanlah uang anda ke dalam rekening bank anda terlebih dahulu, tidak perlu membawa uang tunai yang banyak. Hal ini dilakukan untuk keamanan anda dan menjaga untuk tidak boros. Apabila sekiranya memerlukan uang, anda bisa menariknya melalui ATM.

Sedangkan untuk menghemat biaya liburan anda dan keluarga, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Cari dan pesan tiket transportasi jauh-jauh hari sebelumnya. Selain nantinya tidak akan merepotkan, biasanya harga tiket bisa lebih murah. Kalau perlu carilah tiket transportasi yang sedang melakukan promo.
  • Jika anda mempunyai kartu kredit, anda bisa memanfaatkan fasilitas promosi kartu kredit. Karena banyak bank pengeluar kartu kredit melakukan kerja sama dengan banyak restoran dan hotel. Lumayan bisa berhemat.
  • Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi yang akan dituju saat liburan. Anda bisa browsing melalui internet, cari informasi mengenai hotel, transportasi, obyek-obyek wisata, hingga makanan. Carilah yang murah tapi nyaman. Kalau di tempat liburan yang anda tuju ada saudara atau teman, anda bisa membicarakan dengan mereka jauh-jauh hari kemungkinan untuk bisa menginap di rumah mereka. Hal ini bisa menekan pengeluaran saat berlibur.
  • Jika jumlah anggota keluarga yang berlibur cukup banyak, anda bisa memanfaatkan jasa tur. Jasa tur akan membuat liburan anda dan keluarga lebih praktis dan nyaman. Terlebih dahulu anda bisa mencari informasi jasa tur mana yang bisa dipercaya dan tentunya anda juga bisa membandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia jasa tur tersebut. Jika liburan anda dan keluarga ke luar negeri, anda bisa memanfaatkan jasa agen perjalanan, selain lebih praktis, pemakaian jasa agen perjalanan dapat menekan biaya liburan anda. 
  • Jika anda memikirkan akan membeli oleh-oleh atau souvenir, ada baiknya terlebih dahulu anda mencari tahu, apa saja yang bisa dibeli di tempat liburan tersebut dan berapa harga yang ditawarkan. Semua informasi itu bisa anda peroleh dengan browsing melalui jaringan internet.

Dari beberapa pengalaman yang terjadi, masalah keuangan yang sering terjadi selama liburan adalah kebablasan dalam belanja. Hal ini harus bisa diantisipasi. Seringkali kita berpikir mumpung ada disini, kapan lagi ke sini, di rumah tidak ada, atau pikiran-pikiran lain yang mengakibatkan pengeluaran kita melebihi dari anggaran liburan yang telah di rencanakan. Itulah sebabnya, kita mesti merencanakan soal belanja ini jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan sampai, kita berlibur karena ingin bersantai dan menyegarkan kembali pikiran, tapi malah pusing karena pembengkakan anggaran sewaktu berlibur. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan problem keuangan saat berlibur.

Semoga bermanfaat.