Bagian-Bagian Dari Ilmu Antropologi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Antropologi berarti ilmu tentang manusia. Di Indonesia, para sarjana antropologi berusaha mengembangkan ilmu antropologi Indonesia secara khusus, yaitu dengan memilih dan mengkombinasikan unsur-unsur dari berbagai aliran antropologi yang diselaraskan dengan masalah kemasyarakatan di Indonesia. Dengan demikian, penggunaan antropologi sebagai suatu ilmu praktis untuk mengumpulkan data tentang kebudayaan-kebudayaan daerah dan kondisi masyarakat di suatu daerah sehingga dapat diketemukan dasar-dasar bagi suatu kebudayaan nasional yang mempunyai suatu kebudayaan yang khusus dan dapat dibangun suatu masyarakat yang modern serta dapat membantu dalam memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan serta perencanaan pembangunan nasional di Indonesia.

Di berbagai negara di dunia, terdapat berbagai istilah yang biasa dipakai untuk menyebutkan bagian dari ilmu antropologi. Istilah-istilah tersebut diantaranya adalah :
  • Ethnology, yang berarti ilmu bangsa-bangsa. Istilah ini digunakan untuk menyebut suatu bagian dari antropologi yang khusus mempelajari masalah-masalah yang berhubungan dengan sejarah perkembangan kebudayaan manusia.
  • Ethnography, berarti pelukisan tentang bangsa-bangsa. Istilah ini dipakai untuk menyebut suatu bagian dari ilmu antropologi yang bersifat deskriptif, terutama mengenai penyebutan bahan keterangan yang termaktub dalam karangan-karangan tentang masyarakat dan kebudayaan suku-suku di luar Eropa.
  • Cultural Anthropology, istilah ini digunakan sebagai bagian dari ilmu antropologi dalam arti luas, yang tidak hanya mempelajari manusia dari sudut fisiknya saja, sebagaimana diajarkan dalam physical anthropology.
  • Social Anthropology,  istilah ini digunakan sebagai lawan dari ethnology.

Ada beberapa masalah dalam masyarakat yang menjadi obyek penelitian khusus dari ilmu antropologi, beberapa di antaranya adalah :
  • Masalah sejarah asal dan perkembangan manusia secara biologi.
  • Masalah sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya.
  • Masalah sejarah asal, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa yang diucapkan manusia di seluruh dunia.
  • Masalah perkembangan, penyebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia.
  • Masalah mengenai asas-asas dari kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat dari semua suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia.

Kelima lapangan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan kelima masalah tersebut adalah sedemikian luasnya, sehingga masing-masing merupakan bagian dari ilmu-ilmu antropologi.

Ilmu antropologi mempunyai bagian-bagian ilmu yang lebih khusus, yaitu :
  • Paleo Antropologi, yaitu ilmu bagian yang meneliti soal asal usul atau soal terjadinya dan evolusi manusia dengan mempergunakan sebagai bahan penelitian sisa-sisa tubuh yang telah membatu, atau fosil-fosil manusia dari jaman dahulu, yang tersimpan dalam lapisan-lapisan bumi yang harus didapat oleh peneliti dengan berbagai metode penggalian.
  • Antropologi Fisik, dalam arti khusus atau Somatologi merupakan bagian dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya beragam ras manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuh atau fisiknya.
  • Etnolinguistik atau Antropologi Linguistik, yaitu suatu ilmu bagian dari ilmu antropologi yang meneliti daftar kata-kata, pelukisan tentang ciri dan tata bahasa  dari beratus-ratus bahasa dari suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia. 
  • Prehistori, bagian dari ilmu antropologi yang mempelajari sejarah perkembangan dan penyebaran semua kebudayaan manusia di dunia dari jaman sebelum manusia mengenal huruf.
  • Etnologi, merupakan bagian dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai pengertian mengenai asas-asas manusia, dengan mempelajari kebudayaan-kebudayaan dalam kehidupan masyarakat dari sebanyak mungkin suku bangsa yang tersebar di dunia ini.
  • Etnopsikologi, merupakan bagian dari ilmu antropologi yang dalam penelitian dan analisanya banyak mempergunakan konsep psikologi. Penelitian tersebut muncul karena adanya tiga masalah penting, yaitu masalah kepribadian bangsa, masalah peranan individu dalam proses perubahan adat istiadat, dan masalah nilai universal dari konsep-konsep psikologi.

Selain ilmu-ilmu yang merupakan bagian dari ilmu antropologi tersebut di atas, dewasa ini berkembang pula apa yang disebut dengan Spesialisasi Antropologi, yang merupakan pengkhususan penelitian antropologi terhadap masalah-masalah praktis dalam masyarakat, diantaranya antropologi ekonomi (economic anthropology), antropologi pembangunan (development anthropology), antropologi pendidikan (educational anthropology), antropologi kesehatan (medical anthropology), antropologi politik (political anthropology), dan lain sebagainya. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan bagian-bagian dari ilmu antropologi. Tulisan tersebut bersumber dari buku Pengantar Ilmu Antropologi, karangan Koentjaraningrat.

Semoga bermanfaat.