Probiotik, Bakteri Baik Untuk Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Mungkin sebagian kita sudah terbiasa dengan istilah probiotik, tapi mungkin juga sebagian besar dari kita masih merasa asing dengan istilah probiotik tersebut. Apa sebenarnya probiotik itu ? Ada beberapa pengertian tentang probiotik, yang pada hekekatnya adalah sama yaitu suatu organisme hidup yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa pengertian tentang probiotik adalah sebagai berikut :
  • Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu menegah dan menanggulangi penyakit, membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas.
  • Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain (inangnya).
  • Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan manusia dan binatang, dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal.

Banyak orang mengalami gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan salah satunya karena kesibukan yang dilakukan setiap hari membuat banyak orang tidak memperhatikan pola makannya. Dengan alasan waktu, mereka lebih memilih makanan praktis atau siap saji yang ekonomis tanpa mempertimbangkan kandungan gizi pada makanan tersebut. Pola makan yang hanya asal kenyang tersebut membuat tubuh mengalami stres sehingga dapat memicu gangguan pada pencernaan. Sayangnya banyak orang menganggap biasa dan menyepelekan penyakit ini. Padahal banyak kasus yang terjadi menunjukkan bahwa penyakit gangguan pencernakan ini merupakan masalah yang serius, bahkan bisa mengakibatkan meninggalnya seseorang yang menderita penyakit ini.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pencernaan sangat berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Saluran pencernaan seperti usus dan lambung memiliki peran besar dalam sistem kekebalan karena di dalamnya  terdapat organisme-organisme yang menjaga kesehatan. Organisme-organisme inilah yang sering disebut dengan istilah bakteri baik atau probiotik.

Probiotik dapat menjaga kesehatan  tubuh manusia dengan cara menghambat berkembangnya bakteri yang berbahaya bagi tubuh, mendukung pencernaan makanan, penyerapan zat gizi dari makanan, meningkatkan fungsi kekebalan, dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi. Probiotik yang alami dalam tubuh manusia, antara lain adalah laktobasilus dan bifidobakteria. Jumlah probiotik yang dibutuhkan manusia dalam tubuh haruslah memadai. Karenanya fungsinya untuk memerangi bakteri jahat, maka jumlah bakteri baik harus lebih banyak dari jumlah bakteri jahat.  Bakteri jahat bisa memicu timbulnya penyakit seperti diare dan bahkan kanker dalam usus manusia. 

Agar kebutuhan probiatik dalam tubuh mencukupi, seseorang perlu mengkonsumsi probiotik tambahan yang bisa dibeli di pasaran. Probiotik tambahan tersebut biasanya berasal dari produk-produk susu, seperti keju dan susu fermentasi (yogurt).  Selain itu probiotik tambahan juga bisa didapatkan dalam bentuk bubuk, tablet, ataupun kapsul yang banyak dijual di apotek. Biasanya probiatik tambahan dalam bentuk bubuk, tablet, atau kapsul lebih praktis dan lebih tahan lama dibandingkan probiotik tambahan dalam bentuk susu fermentasi (yogurt) yang berbentuk cair.

Gejala-gejala apabila seseorang mengalami kekurangan probiotik, antara lain adalah :
  • Kesulitan buang air besar (konstipasi).
  • Diare.
  • Rasa panas di perut.
  • Banyak gas di lambung.
  • Perut terasa kembung.
  • Sering masuk angin dan infeksi.
  • Lesu, kurang bertenaga, dan lemas otot.
  • Alergi makanan.
  • Bermasalah dengan produk-produk susu.

Probiotik dibutuhkan untuk segala usia, karena bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari probiotik, konsumsi probiotik tambahan ini haruslah dilakukan secara teratur, yaitu dua sampai tiga kali dalam satu hari. Selain itu, bakteri baik inipun juga perlu dijaga keberlangsungan hidupnya, yaitu dengan cara memakan bahan makanan yang banyak mengandung serat. Serat tersebut akan menjadi bahan makanan untuk probiotik yang sering disebut dengan istilah prebiotik. Prebiotik merupakan bahan makanan yang tidak dapat dicerna, yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas dari probiotik dalam usus besar manusia. Serat dalam makanan banyak didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Cara penggunaan probiotik tambahan adalah sebagai berikut :
  1. Apabila sedang mengkonsumsi obat-obatan, seperti antibiotik, konsumsi probiotik harus dilakukan empat jam sebelum atau sesudah minum obat. Hal ini untuk mencegah pertentangan antara keduanya. Probiotik bersifat meningkatkan perkembangan bakteri baik, sedangkan antibiotik justru menghancurkan bakteri.
  2. Untuk membantu pencernaan, probiotik bisa dikonsumsi sebelum makan, karena enzim laktase yang diproduksi probiotik akan membantu mencerna kandungan gula dalam berbagai makanan. Konsumsi probiotik sebelum makan akan membantu memaksimalkan penyerapan berbagai mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, serta menghasilkan beberapa vitamin B yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berbagai macam manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Mempertahankan keseimbangan mikroorganisme dalam usus.
  • Meningkatkan keasaman usus dan menghambat reproduksi berbagai bakteri yang berbahaya.
  • Menghasilkan senyawa bakteriosin, antibiotik alami yang dapat membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan.
  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama bermanfaat bagi para lanjut usia yang pertahanan tubuhnya sudah menurun.
  • Membantu mencegah terjadinya infeksi dengan cara mengganti mikroorganisme usus yang hilang saat terjadi diare.
  • Membantu mengeluarkan racun dari usus sehingga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  • Membantu mencegah infeksi jamur yang disebabkan jamur candida.

Menjaga pola makan sehat dan mengkonsusmsi probiotik tambahan akan sangat membantu dalam menjaga tubuh kita. Semoga bermanfaat...