Rambut Sehat Di Balik Kerudung

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Memakai kerudung bukan berarti tidak dapat memaksimalkan perawatan rambut. Justru dengan memakai kerudung, diperlukan perawatan khusus untuk menjaga rambut tetap cantik dan sehat.

gambar : zeefa.net
Yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa kulit kepala dan rambut anda membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk bernafas. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih kerudung yang terbuat dari kain katun, karena bahan katun dapat menyerap keringat dengan sempurna. Apalagi, bagi kita yang hidup di iklim tropis yang tingkat kelembaban udaranya cukup tinggi. Hal ini seringkali membuat keringat keluar dari kulit kepala kita. Jika anda ingin menggunakan kerudung dari kain satin atau bahan lain yang tidak menyerap keringat, sebaiknya gunakan ciput berbahan kaos atau katun yang tidak terasa panas di kepala. Memilih bahan kerudung memang membutuhkan ketelitian demi keindahan rambut anda.

Saat memutuskan untuk memulai berkerudung, saat itu juga anda harus menyediakan waktu ekstra untuk melakukan perawatan rambut. Jadi, bukan berarti rambut yang ditutupi kerudung tidak perlu dirawat. Beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menjaga rambut agar senantiasa cantik dan sehat adalah :
  • Menjaga kebersihan rambut. Keringat dari pori-pori di kulit kepala yang bercampur debu bisa menyebabkan rasa gatal. Debu dan kotoran memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga mampu menembus bahan kerudung. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci rambut setidaknya dua hari sekali. Terlalu sering mencuci rambut juga tidak baik, karena bisa menghilangkan lapisan lemak alami di batang rambut serta mampu menyebabkan kerontokan. Jangan lupa, gunakan kondisioner untuk menjaga kelembaban rambut anda.
  • Pastikan rambut selalu kering. Pastikan seluruh bagian kepala anda benar-benar kering sebelum memakai kerudung. Kulit kepala yang lembab merupakan pemicu utama munculnya ketombe dan kerontokan rambut. Tidak hanya itu, menutup rambut yang masih lembab dengan kerudung bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Mencari model rambut yang tepat. Rabut panjang tergerai memang terlihat indah, terlebih kalau disanggul, maka tampilan kerudung anda akan terlihat mewah dan anggun. Hanya saja, apa jadinya kalau rambut kalau rambut selalu selalu diikat saat ditutupi kerudung.  Rambut bisa stres dan menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya pilih model rambut yang mudah diatur.
  • Aksesoris rambut. Aksesoris rambut yang berkerudung memang tidak terlihat dari luar, tapi sangat penting untuk diperhatikan. Pilihlah karet yang berbahan lembut dan sangat elastis untuk mengikat rambut. Sedangkan untuk bandana, pilih yang berbahan katun dan tidak terlalu ketat. Atau anda bisa menggunakan penjepit rambut yang tidak terlalu keras. Dengan demikian sehingga rambut anda tidak terasa tersiksa sepanjang hari.
  • Selain mencuci rambut dan menggunakan kondisioner, jangan lewatkan pula penggunaan serum dan masker rambut. Serum yang digunakan pada kulit kepala berfungsi memberikan nutrisi dan perlindungan khusus. Sedangkan masker rambut berfungsi untuk melindungi lapisan kutikula dan batang rambut. Selain itu, konsumsi pula vitamin untuk pertumbuhan dan perawatan kulit. Misalnya saja vitamin A, C, D, E, dan B kompleks. Banyak makan makanan yang berprotein tinggi dan kaya serat juga baik untuk kesehatan dan perawatan rambut.
  • Pilih sisir terbaik. Agar tidak terjadi kerontokan, awali menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang dari lapisan yang paling dalam, kemudian lanjutkan lapis demi lapis.  Setelah itu, gunakan sikat rambut untuk menyisir rambut keseluruhan. Menyisir rambut yang benar berfungsi untuk membersihkan kotoran yang melekat di batang rambut dan memijat kulit kepala. Pilih sikat rambut yang tidak terlalu keras. Anda bisa memilih sikat rambut yang terbuat dari bahan nilon atau metal dengan ujung tumpul atau bundar.

Dengan perawatan rambut seperti di atas, anda tidak perlu kuatir rambut anda menjadi kering dan rontok saat berkerudung. 

Semoga bermanfaat.