Memilih Tema Untuk Renovasi Rumah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Rumah merupakan tempat kita untuk beristirahat setelah seharian menjalani aktifitas di luar. Rumah yang sehat dan nyaman adalah idaman setiap orang. Saat rumah sudah keropos karena dimakan usia, kusam, dan sudah tidak nyaman lagi untuk ditinggali, tentunya renovasi menjadi salah satu pilihannya.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan renovasi rumah, mulai dari menyiapkan dana yang cukup sampai pemilihan tema rumah. Banyak tema rumah yang bisa dipilih untuk rumah yang akan di renovasi, tentu saja semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan dana yang dimiliki.

Berikut beberapa tema rumah yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk merenovasi rumah :

1. Tema Modern.
Jika tidak ingin dianggap ketinggalan jaman, tema modern ini merupakan pilihan yang pas bagi rumah anda. Dengan langkah minimal hasilnya akan bisa maksimal.
  • Manfaatkan bahan kaca. Gantilah meja kayu dengan meja kaca transparan. Untuk keamanan, letakkan meja kaca di ruangan yang tidak terlalu sering digunakan anak untuk beraktifitas, seperti ruang tamu.
  • Modernitas sering dikaitkan dengan sifat berani dan tegas. Pilihlah warna-warna terang dan kuat. Anda bisa menggunakan warna merah dan perak. Tambahkan pula aksen tegas dengan cara mengganti pegangan pintu, jendela, lemari, dan lainnya dengan bahan aluminium, kromium, atau stainless steel.
  • Gunakan perabot minimalis. Barang-barang yang terlihat minimal dan simpel sangat cocok untuk tema rumah modern ini. Pilih perabot yang polos, tegak lurus, tanpa memiliki ukir-ukiran atau ornamen yang rumit.

2. Tema Keluarga.
Tema ini sangat cocok diterapkan di ruangan-ruangan yang paling sering digunakan anggota keluarga untuk beraktifitas bersama.
  • Buatlah suasana ruangan yang meriah dengan permainan warna yang cerah, misalnya merah, hijau, kuning, dan lain sebagainya. Warna cerah bisa diaplikasikan di dinding, perabot, ataupun aksesori.
  • Padukan berbagai pola. Misalnya pola garis-garis yang dikombinasikan dengan polkadot akan menciptakan suasana rumah terlihat dinamis dan bersemangat.
  • Pemakaian wallpaper juga bisa menjadi alternatif lain. Pemasangan wallpaper tidak pada seluruh dinding rumah, pilih beberapa dinding rumah saja untuk menimbulkan kesan beda, dinding lainnya cukup dicat ulang, dengan warna yang sesuai dengan warna dominan wallpaper.
  • Sediakan satu tempat di dinding rumah anda untuk menempelkan hasil karya dari anak-anak anda.
  • Tempelkan juga foto-foto keluarga anda di dinding khusus untuk itu.
  • Pilih perabot-perabot rumah yang berlekuk tidak yang bersudut. Selain lebih aman untuk anggota keluarga, lekukan ini membuat ruangan tidak terkesan kaku.

3. Tema Lembut.
Tema ini akan menciptakan nuansa cantik dan lembut rumah anda. 
  • Untuk bagian dinding, gunakan warna dasar putih gading. Setelahnya bisa dikreasikan dengan menambahkan warna hijau pucat, merah muda, atau biru pucat. Hindari warna yang terlalu cerah dan terang.
  • Tambahkan aksesoris-aksesoris dengan pola bunga atau kupu-kupu sebagai pelengkap ruangan. 
  • Pilih kain dengan hiasan bordir atau renda untuk digunakan sebagai taplak meja, tirai, atau bedcover.
  • Maksimalkan pencahayaan alami. Gunakan vitrase tipis dengan warna dan pola yang lembut. 
  • Gunakan perabot rumah yang berlekuk untuk menambah kesan lembut yang ingin dimunculkan. Perabot berlekuk sangat cocok dengan warna-warna pucat.

4. Tema Segar.
Tema ini akan membuat penghuni rumah merasa memiliki energi lebih untuk melakukan berbagai kegiatan, selain ityu tema segar tidak pernah membuat orang bosan
  • Gunakan warna hijau sebagai warna dominan. Pilih warna hijau dasar serta warna turunannya untuk berbagai keperluan rumah. Untuk kombinasinya, pilih warna putih terang, hindari penggunaan warna putih gading. Putih terang akan membuat warna hijau semakin mencolok. 
  • Hiasi ruangan dengan daun-daunan dan bunga. Gunakan vas untuk tempat tanaman tersebut dengan berbagai bentuk dan ukuran.
  • Yang mesti diperhatikan cukup gunakan stu pola dalam satu ruangan.

5. Tema Etnik.
Pola etnik lebih mengedepankan warna-warna natural. Tema etnik juga akan memberikan kesan nyaman dan menenangkan. Anda akan bisa lebih menikmati saat santai di rumah.
  • Pilih warna netral untuk dinding dan lantai rumah. Coklat, krem, abu-abu serta warna turunannya bisa menjadi alternatif yang bisa anda pilih. Apabila ingin menambahkan warna lain, gunakan warna yang masih sesuai dengan tema alam, seperti merah tanah, hijau, atau kuning muda.
  • Pilihlah perabot dengan bahan dasar kain tenun, rotan, bambu, atau kayu. 
  • Tambahkan juga pernak-pernik bebatuan warna coklat, hitam, atau putih untuk semakin menguatkan tema etnik ini.

Jadikan rumah sebagai surga bagi anda dan keluarga anda. Pilihlah tema rumah sesuai dengan karakter keluarga anda, dengan begitu anda dan keluarga akan betah untuk beraktifitas dan bersantai bersama keluarga anda.

Demikian penjelasan berkaitan dengan memilih tema untuk renovasi rumah.

Semoga bermanfaat.