7 Keajaiban Dunia Yang Lama Dan Yang Baru

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Tujuh keajaiban dunia yang dimaksud adalah bangunan buatan manusia yang menakjubkan dari bentuk dan ukurannya. Setelah melewati pemilihan suara, ditetapkanlah 7 keajaiban dunia yang baru. Berikut ini 7 keajaiban dunia baru yang dimaksud :

1. Tembok China.
Tembok raksasa sepanjang 6.400 kilometer ini dibangun sejak abad kelima Sebelum Masehi dan selesai pada abad enambelas Masehi. Tembok raksasa china dibuat dengan tujuan untuk menyelamatkan China dari serbuan bangsa Mongol.

2. Kuil Petra di Yordania.
Kuil Petra dibangun oleh Raja Aretas IV dari kerajaan Nabataean. Mulai dibangun pada abad sembilan Sebelum Masehi dan selesai tahun 40. Tinggi bangunan uik ini mencapai 42 meter, temboknya terbuat dari batu merah dan dihiasi banyak ukiran yang indah. Kuil Petra baru ditemukan pada tahun 1812 Masehi oleh Johann Ludwig Burckhard dari Swiss.

3. Taj Mahal di India.
Taj Mahal merupakan bangunan yang luar biasa, berdiri tegak di wilayah Agra India. Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Shah Jahan sebagai kenangan atas isterinya yang bernama Mumtaz Mahal yang telah meninggal dunia. Taj Mahal dibangun tahun 1632 dan selesai pembangunannya 15 tahun kemudian.

4. Kolosium di Roma Italia.
Kolosium dibangun pada tahun 70 Masehi, atas usul dari Kaisar Vespasian. Kolosium adalah stadium pertama di dunia, yang saat itu didirikan untuk menggelar pertunjukkan adu kekuatan antara gladiator, binatang buas, dan tawanan.

5. Runtuhan Kota Machu Picchu  di Peru.
Bangunan kota Machu Picchu ini berada di gunung dan sudah tidak dihuni lagi sejak abad kelima belas, karena penduduk kota terserang banyak penyakit yang disebarkan oleh bangsa Spanyol, yang saat itu merupakan bangsa pendatang di Amerika Selatan.

6. Kuil Chichen Itza di Meksiko.
Bangunan Kuil Chivhen Itza dibangun oleh bangsa Maya yang saat itu menguasai wilayah Amerika Tengah pada tahun 750 Sebelum Masehi, dan selesai pembangunannya pada tahun 1200 Masehi. Kuil setinggi 24 meter mempunyai 4 sisi yang masing-masing memiliki 91 anak tangga, yang menggambarkan jumlah hari dalam satu tahun, yaitu 4 x 91 anak tangga + 1 puncak = 365 hari.

7. Patung Yesus Sang Penebus di Rio De Janeiro Brasil.
Patung setinggi 38 meter yang terletak di atas bukit ini ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia pada tangga 7 Juli 2010.

Ketujuh bangunan tersebut ditetapkan sebagai keajaiban dunia, untuk menggantikan 7 keajaiban dunia yang lama, yaitu :

1. Kolosus dari Rodus Yunani.
Bangunanajaib di dunia yang paling pendek umurnya. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 182 Sebelum Masehi dan 12 tahun kemudian rumtuh akibat adanya gempa bumi. Bangunan ini menggambarkan dewa matahari, Helios, penjaga pulau. Bangunan Kolosus berdiri tegak menghadap ke laut. Sisa bangunan berupa lutut patung baru ditemukan 56 tahun kemudian.

2. Patung Zeus di Gunung Olympia Yunani.
Patung besar ini dibuat untuk menghormati Zeur, maha dewa bangsa Yunani, dalam perayaan pekan olahraga Olimpiade. Patung setinggi 12 meter ini diselesaikan pembangunannya oleh Phidias pada tahun 432 Sebelum Masehi, diletakkan di atas tahta dari kayu, menghadap ke kota. Sayangnya, patung Zeus tersebut kemudian hancur dalam sebuah kebakaran.

3. Makam Halicarnassus di Turki.
Makam Halicarnassus terletak di kota Bodrum Turki. Dibangun sebagai kenangan atas raja Mausolus dari Caria pada tahun 370 Sebelum Masehi dan selesai dibangun pada tahun 350 Sebelum Masehi. Bangunan ini didirikan oleh isterinya, Artemisia II, yang sangat berduka ketika suaminya tutup usia. Makam besar yang penuh hiasan emas dalam bentuk aneka ukiran ini berukuran 40 meter x 40 meter dengan tinggi 45 meter, berdiri tegak hingga abad kelima belas. Setelah itu bangunan makam ini mengalami perubahan bentuk. Beberapa patung dan hiasannya sekarang masih tersimpan di musium Inggris di London.

4. Mercusuar di Iskandaria Mesir.
Bangunan mercusuar ini membantu kapal-kapal untuk berlayar dengan aman di pelabuhan El Iskandariya, Mesir. Mercusuar ini dibangun di pulau Pharos antara tahun 285 Sebelum Masehi hingga 247 Sebelum Masehi, dengan ketinggian mercusuar 117 meter atau sama dengan gedung setinggi 40 lantai. Sayang, bangunan bertenaga matahari yang cahayanya bisa dilihat sampai jarak 50 kilometer ini runtuh karena gempa bumi pada tahun 1323 Masehi.

5. Taman Gantung Babilonia Irak.
Taman Gantung ini terletak di tepi sungai Eufrat Irak. Dibangun oleh raja Nebukadnezar II pada tahun 600 Sebelum Masehi, di istananya di gurun Mesopotamia. Tujuan dibangunnya Taman Gantung ini adalah untuk menghibur sang permaisuri yang merindukan kehijauan tanah asalnya. Tetapi banyak ahli sejarah yang ragu kalau bangunan ini memang benar-benar ada. tidak ada petunjuk kehadiran taman ini, dan taman ini tidak pernah tersebut dalam sejarah Babilonia.

6. Kuil Artemis di Turki.
Kuil dari bahan marmer ini dibangun untuk dewi Artemis pada tahun 550 Sebelum Masehi di Efesus. Bangunan dengan 120 tiang, masing-masing setinggi 20 meter, dipenuhi dengan ukiran dan patung dari tembaga. tahun 356 Sebelum Masehi, Herostratus membakar bangunan ini. Tapi untungnya bangunan ini masih bisa diperbaiki dan kembali tegak hingga tahun 401 Masehi. Tetapi kemudian bangunan ini hancur karena gempa bumi. Hingga sekarang, bangunan ini masih dalam proses penggalian kembali oleh para ahli arkeologi.

7. Piramid Besar Giza di Mesir.
Firaun Mesir, Khufu, membangun piramid ini pada tahun 2560 Sebelum Masehi. Tingginya mencapai 145 meter dan sampai hari ini menjadi bangunan tertinggi di dunia. Dari semua bangunan ajaib di dunia, hanya piramid ini yang masih berdiri tegak.

Semoga bermanfaat.