Statistik Dan Statistika

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Disadari atau tidak, statistika telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, pernyataan tentang di Semarang setiap hari terjadi 2 kecelakaan lalu lintas, setiap bulan menghabiskan bahan bakar 25 liter, dan lain sebagainya merupakan statistika. Penggunaan statistika yang lain adalah pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil pembangunan masa lalu dan juga untuk membuat rencana masa datang, seorang pimpinan mengambil manfaat dari kegunaan statistika untuk melakukan tindakan-tindakan yang perlu dalam menjalankan tugasnya. 

Di samping itu, statistika juga berperan besar dalam dunia penelitian dan riset, di manapun dilakukan, bukan saja mendapat manfaat yang baik dari statistika tetapi sering harus menggunakannya. Untuk mengetahui apakah cara yang baru ditemukan lebih baik daripada cara yang lama, melalui riset yang dilakukan di laboratorium, atau penelitian yang dilakukan di lapangan, perlu diadakan penelitian dengan statistika. Apaah model untuk sesuatu hal dapat dianut atau tidak, perlu diteliti dengan menggunakan teori statistika. Statistika juga mampu untuk menentukan apakah faktor yang satu dipengaruhi atau mempengaruhi faktor lainnya.

Banyak persoalan, apakah itu hasil penelitian, riset ataupun pengamatan, baik yang dilakukan khusus maupun berbentuk laporan, dinyatakan dan dicatat dalam bentuk bilangan atau angka-angka. Kumpulan angka-angka itu sering disusun, diatur, dan disajikan dalam bentuk daftar atau tabel. Sering pula daftar atau tabel tersebut disertai dengan gambar-gambar yang biasa disebut diagram atau grafik supaya lebih dapat menjelaskan lagi tentang persoalan yang sedang dipelajari. Hal tersebut dikenal dengan statistik. Jadi, kata statistik telah dipakai untuk menyakan kumpulan data, bilangan, maupun non bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. Statistik yang menjelaskan sesuatu hal biasanya diberi nama statistik mengenai hal yang bersangkutan. Misalnya saja statistik penduduk, statistik pendidikan, dan lain-lain.

Selain itu kata statistik juga mengandung pengertian lain, yaitu dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Ukuran ini di dapat berdasarkan perhitungan menggunakan kumpulan sebagian data yang diambil dari keseluruhan tentang persoalan tersebut.

Apakah yang dimaksud dengan statistika ?
Dari hasil penelitian, riset maupun pengamatan, baik yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, sering diminta atau diinginkan suatu uraian, penjelasan atau kesimpulan tentang persoalan yang diteliti. Sebelum kesimpulan dibuat, keterangan atau data yang telah terkumpul tersebut terlebih dahulu dipelajari, dianalisis atau diolah dan berdasarkan pengolahan inilah baru kesimpulan dibuat. Hal tersebut merupakan pengetahuan tersendiri yang diberi nama statistika. Jadi, statistika adalah pengetahuan yang berhubngan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan.

Ada dua jalan yang dapat ditempuh untuk mempelajari statistika, yaitu :
  • Jika ingin membahas statistika secara mendasar, mendalam dan teoritis, maka yang dipelajari digolongkan ke dalam statistika matematis atau statistika teoritis. Dalam hal ini diperlukan dasar matematika yag kuat dan mendalam. Yang dibahas dalam statistika matematis antara lain adalah penurunan sifat-sifat, dalil-dalil, rumus-rumus, dan lain sebagainya.
  • Jika ingin mempelajari statistika semata-mata dari segi penggunaannya. Aturan-aturan, sifat-sifat, rumus-rumus, dan lain sebagainya yang telah diciptakan oleh statistik matematis atau statistik teoritis, diambil dan digunakan mana yang perlu dalam berbagai bidang pengetahuan. Jadi di sini tidak dipersoalkan bagaimana didapatnya rumus-rumus atau aturan-aturan, melainkan hanya dipentingkan bagaimana cara, teknik atau metoda statistika digunakan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan statistik dan statistika.

Semoga bermanfaat.