Data, Populasi Dan Sampel, Serta Pengumpulan Data

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Data statistik adalah adalah keterangan atau ilustrasi mengenai sesuatu hal yang bisa berbentuk kategori, misalnya berhasil, gagal, puas, rusak, dan lain sebagainya, atau bisa juga berbentuk bilangan. 

Data yang berbentuk bilangan disebut data kuantitatif, harganya berubah-ubah atau bersifat variabel. Sedangkan ditinjau dari nilainya, data kuantitatif terbagi menjadi dua golongan, yaitu :
  • Data dengan variabel diskrit atau data diskrit. Yang berupa hasil menghitung.
  • Data dengan variabel kontinu atau data kontinu.Yang berupa hasil pengukuran.

Data yang bukan kuantitatif disebut data kualitatif yaitu data yang dikategorikan menurut lukisan kualitas obyek yang dipelajari. Golongan ini dikenal pula dengan nama atribut.  Contohnya : rusak, gagal, berhasil, dan lain sebagainya.

Sedangkan data berdasarkan sumbernya, kita mengenal dua macam data, yaitu :
  • Data intern yaitu data yang diperoleh dari suatu aktivitas dalam suatu kelompok (perusahaan, instansi, dan lain-lain). 
  • Data ekstern yaitu data yang diperoleh dari sumber lain di luar suatu kelompok (perusahaan, instansi, dan lain-lain) yang dimaksudkan sebagai perbandingan, yang terbagi menjadi dua macam, yaitu data ekstern primer atau data primer yang dikeluarkan dan dikumpulkan oleh badan yang sama, dan data ekstern sekunder atau data sekunder.

Data mentah adalah data yang baru dikumpulkan dan belum pernah mengalami pengolahan apapun. 

Kesimpulan yang dibuat mengenai sesuatu hal umumnya diharapkan berlaku untuk hal tersebut secara keseluruhan dan bukan hanya untuk sebagian saja. Untuk sampai pada pernyataan seperti itu diperlukan data mentah yang yang bisa dikumpulkan dengan dua jalan, yaitu :
  1. Semua obyek penelitian yang dibutuhkan beserta karakteristiknya yang diperluka, diteliti atau dijadikan obyek penelitian.
  2. Sebagian saja dari obyek penelitian yang dikenai penelitian.

Statistika induktif adalah fase statistika yang berhubungan dengan kondisi-kondisi di mana kesimpulan tersebut diambil. Sedangkan statistika deskriptif adalah fase statistika di mana hanya berusaha melukiskan dan menganalisis kelompok yang diberikan tanpa membuat atau menarik kesimpulan tentang populasi atau kelompok yang lebih besar.

Statistika induktif merupakan langkah terakhir dari tugas statistika karena dalam setiap penelitian kesimpulanlah yang diinginkan. Statistika induktif berdasarkan pada statistika deskriptif dan karenanya keduanya harus ditempuh secara benar agar didapatkan kegunaan maksimal dari statistika. Data yang diperoleh dari statistika induktif dan statistika deskriptif harus betul-betul jujur, yaitu kebenarannya harus dapat dipercaya. Proses pengumpulan data dapat dilakukan dengan jalan sensus atau sampling. Untuk kedua hal  sensus  atau sampling, banyak langkah yang dapat ditempuh dalam usaha mengumpulkan data, antara lain :
  • Mengadakan penelitian langsung ke lapangan atau di laboratorium terhadap obyek penelitian. Hasilnya dicatat untuk kemudian dianalisis.
  • Mengambil atau menggunakan, sebagian atau seluruhnya dari sekumpulan data yang telah dicatat atau dilaporkan oleh badan atau orang lain.
  • Mengadakan angket yaitu cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar isian atau daftar pertanyaan yang telah disiapkan dan disusun sedemikian rupa sehingga calon responden hanya tinggal mengisi atau menandainya dengan mudah dan cepat.

Teknik membuat pertanyaan untuk angket dan cara-cara mengajukannya biasanya dipelajari dalam metoda riset. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dan melakukan angket :
  • Siapkan dan rencanakan baik-baik keseluruhannya meliputi tenaga, bahan-bahan, dan biaya.
  • Pertanyaan-pertanyaan harus singkat, jelas, tidak menimbulkan macam-macam penafsiran dan mudah dimengerti.
  • Tujukan pertanyaan-pertanyaan kepada obyek atau masalah yang sedang diteliti.
  • Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang pantas, sopan, dan usahakan tidak akan menyinggung perasaan calon responden.

Untuk memudahkan, angket sering berisikan pertanyaan berbentuk pilihan. Pertanyaan diajukan disertai beberapa jawaban yang mungkin timbul. Calon responden hanya tinggal mencoret yang tidak perlu atau memberi tanda pada tempat yang telah disediakan.

Semoga bermanfaat.