Pikiran Mempengaruhi Tubuh (Afirmasi)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Perkataan yang baik atau positif mempunyai dampak yang luar biasa bagi diri kita, sebagaimana termuat dalam QS. Ibrahim : 12 yang artinya : "Perkataan yang baik ibarat pohon yang baik, akarnya teguh ke dalam tanah dan cabangnya menjulang tinggi ke langit".

Perkataan yang baik untuk menyugesti diri atau yang dikenal dengan istilah Afirmasi adalah pernyataan positif, berdurasi pendek, sederhana, dan mudah diingat yang disampaikan secara terus menerus dan berulang-ulang pada diri sendiri. Afirmasi juga bisa diartikan sebagai penegasan.

Dalam melakukan afirmasi, dikenal adanya empat prinsip utama afirmasi, yaitu :
  1. Personal, yaitu pernyataan yang dibuat harus untuk diri sendiri. Misalnya dengan penggunaan kata aku atau saya.
  2. Positif, yaitu menggunakan kalimat yang positif, dengan tidak menggunakan kata 'jangan' atau 'tidak'. Misalnya : gunakan kalimat 'saya sehat' bukan 'saya tidak sakit'.
  3. Present, yaitu pernyataan yang digunakan adalah untuk sekarang, bukan untuk besok, lusa, atau kapan-kapan. Misalnya, gunakan kata 'sekarang', 'saat ini', atau 'setiap hari'.
  4. Persistent, yaitu afirmasi tersebut harus dilakukan berulang-ulang, sehingga benar-benar menyugesti diri seperti apa yang dikehendaki.

Secara ilmiah afirmasi bisa dijelaskan, yaitu otak merupakan benda yang paling cepat belajar, ketika kita melakukan sesuatu hal yang baru, otak akan merekam dan membuat suatu jalur baru untuk dimengerti oleh panca indera yang lain. Semakin kita mengulangi sesuatu tersebut, maka otak dan panca indera akan semakin terbiasa dengan hal tersebut. Akibatnya, kita akan semakin mudah melakukan sesuatu hal tersebut. 
Jadi ketika kita melakukan afirmasi secara terus menerus, alam bawah sadar kita akan cenderung bertindak sesuai seperti apa yang kita afirmasikan.

Kita membutuhan tubuh, pikiran, dan hati yang sehat sehingga kita dapat menjalani aktivitas hidup sehari-hari dengan baik. Jika  anda ingin mendapatkan  hal itu,  cobalah cara-cara yang mudah sebagai berikut :
  • Tidur yang cukup. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, namun pada umumnya seseorang memerlukan waktu tidur antara tujuh sampai depalapan jam setiap harinya. Ketahuilah dengan pasti, tubuh anda butuh waktu berapa lama untuk tidur, penuhilah.
  • Istirahat. Usahakan isteirahat setelah anda melakukan aktivitas yang melelahkan. Istirahat tidak perlu memakan waktu lama, cukup 15 menit, yang penting tubuh dan pikiran kembali segar.
  • Dengarkan musik setiap hari. Musik bisa membuat kita merasa nyaman menjalani aktivitas. Hafalkan liriknya dan ikutlah bernyanyi.
  • Membaca. Di waktu senggang, cobalah membaca satu topik di luar kebiasaan selama ini. Kalau biasanya membaca novel romantis, kali ini coba baca biografi seorang tokoh sukses. Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru.
  • Lakukan kegiatan yang kita suka. Memiliki hobi itu penting untuk kehidupan karena bisa mencerahkan hari-hari. Bahkan bila didalami dengan sungguh-sungguh, hobi juga bisa menghasilkan uang.
  • Cari Udara segar. Luangkan waktu untuk merasakan hangatnya sinar matahari dan segarnya udara pagi. Manfaatkan waktu ini untuk merenungkan makna kehidupan dan mensyukuri apa yang sudah diperoleh.
  • Buka jendela-jendela di pagi hari. Dengan demikian udara pagi bisa masuk rumah. Gunakan pengharum ruangan alami supaya rumah memiliki bau wangi yang segar. 
  • Letakkan tanaman di lingkungan sekitar. Ini untuk menambah keasrian. Lingkungan asri membuat hidup terasa lebih segar.
  • Berolah raga secara teratur. Ajak keluarga, selain membuat suasana makin meriah, tubuhpun menjadi menjadi lebih bugar dan sehat.
  • Hidup sehat. Biasakan mengkonsumsi makanan minuman segar dan sehat, bukan yang cepat saji atau yang mengandung pengawet. Pilihlah makanan dengan kandungan gizi tinggi.
  • Bergaul dengan orang positif dan optimis. Orang-orang seperti ini biasanya berumur lebih panjang daripada orang lain. Hari-hari kita juga akan terasa lebih menyenangkan dan penuh keceriaan.
  • Jauhi orang yang berpikiran negatif dan pesimis. Lama kelamaan kitapun bisa ikut-ikutan berpikiran negatif. Hal seperti ini hanya akan membuat batin kita letih dan itu berdampak pada kesegaran jasmani kita. Kita jadi tidak bersemangat.
  • Lakukan aktivitas yang merangsang otak. Anda bisa membaca buku, mengisi teka teki silang, atau menemani anak ketia ia mengerjakan tugas sekolah.
  • Kembangkan sifat memaafkan. Jangan jadi orang pendendam. Kesalahan orang lain yang dilakukan terhadap diri kita memang terassa menyakitkan, namun terus mengingat dan mengungkit kesalahan itu hanya akan menggerogoti batin kita. Setidaknya dengan memaafkan, beban berat akan lepas dari pundak kita.
  • Sering-sering tertawa. Anda bisa membeli buku humor yang tersedia di banyak toko buku. Anda juga bisa mendengarkan pengalaman lucu dari anak-anak yang dialaminya hari itu. Sering tertawa bisa membuat kita terlihat awet muda dan ceria.
  • Perhatikan penampilan. Tubuh merupakan cerminan gaya hidup kita. Apa yang kita konsumsi, apa yang kita lakukan, apa yang kita pikirkan akan terlihat pada tubuh. Tubuh juga akan serta merta menunjukkan jika ada yang salah.
  • Periksakan diri ke dokter secara teratur. Dengan demikian, kita bisa melakukan pencegahan demi kesehatan diri kita sendiri. 
  • Memiliki hewan peliharaan. Merawat hewan bisa membuat seseorang menjadi lebih aktif dan lebih banyak bergerak daripada biasanya. 
  • Titipkan anak-anak. Bisa kepada orang tua atau mertua. Dan habiskan sabtu malam berdua saja dengan pasangan anda. Bisa pergi ke bioskop atau mengendarai sepeda motor untuk berkeliling kota. Sekalian mengenang masa pacaran dulu.
  • Hubungi teman lama. Adakan reuni bila sudah sangat lama tidak bertemu dengan sahabat-sahabat, anda bisa mengajak keluarga anda. 
  • Cobalah hal-hal baru. Jangan terjebak dalam rutinitas. Jika jeruk selalu menjadi buah pilihan dalam keluarga, sekali waktu belilah anggur untuk dihidangkan. 
  • Buat kerajinan tangan. Ini bisa dilakukan di waktu luang. Hasilnya bisa kita berikan pada oarang-orang terdekat kita sebagai bentuk kepedulian. 
  • Miliki buku harian. Dengan menuliskan kegiatan secara teratur, kita bisa mengevaluasi hidup kita. Kita bisa melihat letak-letak kesalahan agar di masa depan tidak mengulanginya. Lengkapilah buku harian dengan foto keluarga untuk mengingat anda akan saat-saat istimewa.
  • Buat buku kesan pesan. Mintalah teman atau saudara yang berkunjung untuk menuliskan kesan-kesan mereka untuk kita. Mereka bisa menuliskan cerita-cerita lucu atau bahkan lelucon. Sehingga kita bisa tersenyum atau tertawa saat membacanya.

Semoga bermanfaat.