Pengetahuan Seputar Diet

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Diet merupakan salah satu dari banyak cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Banyak cara yang bisa dilakukan dilakukan untuk menjalani program diet. Tapi yang jelas diet bukan berarti kita tidak makan atau mengurangi makan. Karena tubuh manusia membutuhkan asupan gizi dan kalori yang cukup untuk tetap bisa sehat.

gambar : kicantik.com
Yang harus diperhatikan dalam diet adalah :
  • Makan tetap tiga kali dalam sehari.
  • Hitung jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.
  • Perhatikan tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh. Makanlah jika lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Selain itu banyak informasi seputar diet yang harus disikapi dengan bijaksana. Informasi-informasi tersebut di antaranya adalah :
1. Seputar air putih.
Pada kenyataannya jumlah kalori yang terkandung dalam air putih adalah nol. Berapun suhu air putih, kandungan kalorinya akan selalu nol. Jadi anggapan bahwa minum air putih bersuhu rendah atau dingin akan membuat tubuh gemuk atau melar adalah salah. Orang yang sedang melakukan diet dianjurkan untuk minum air putih, berapapun suhu air putih tersebut.
2. Seputar minuman bersoda.
Minuman soda tanpa rasa memiliki kandungan kalori yang sangat kecil atau hampir mendekati nol. Yang harus dijauhi adalah minuman bersoda yang mengandung gula. Jadi anggapan minuman bersoda sebagai penyebab kegemukan adalah salah. Minuman bersoda tanpa rasa  atau yang rendah kalori aman dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet.
3. Seputar makan malam.
Tubuh manusia tidak pernah berhenti bekerja selama 24 jam. Jantung manusia tetap memerlukan energi untuk memompa darah dan paru-paru manusia tetep memerlukan energi untuk bernapas. Asupan makanan tidak bergantung pada jam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi anggapan orang bahwa makan malam membuat badan gemuk adalah salah. Yang terpenting adalah kita harus tahu seberapa besar energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, jangan sampai kelebihan. Kalau kita ingin menurunkan berat badan, berarti kita mesti bisa mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita harus lebih kecil daripada jumlah kalori yang dibakar tubuh menjadi energi. Pada kondisi normal, tubuh manusia membutuhkan 1.200 kalori setiap harinya, yang dapat dipenuhi ketika sarapan, makan siang, dan makan malam.
4. Seputar diet garam.
Diet garam memang bisa menurunkan berat badan secara cepat, hanya saja hasilnya tidak permanen. Hal tersebut dikarenakan garam bersifat mengikat air. Ketika konsumsi garam dikurangi atau dihindari, air dalam tubuh manusia akan berkurang dengan drastis. Hal ini memang akan mengurangi berat badan, hanya saja yang harus diketahui, yang berkurang dalam tubuh kita adalah air bukan lemak. Sementara dalam program diet yang benar, yang harus dikurangi adalah jumlah lemak dalam tubuh. Satu hal lagi yang mesti diketahui, dalam melakukan diet garam harus hati-hati karena minimnya jumlah air dan garam dalam tubuh dapat berpengaruh buruk pada ginjal dan jantung.

Bentuk tubuh ideal tentunya menjadi keinginan kita semua, apalagi untuk sebagian besar kaum wanita. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap langsing dan sehat. Berikut cara-cara diet sehat dan mudah yang bisa anda lakukan di rumah :
  • Banyak minum air putih. Sebelum anda ngemil, minumlah segelas air terlebih dahulu. terkadang orang bingung membedakan antara rasa haus dan lapar.
  • Pilih-pilih makanan ringan. Seringkali pada malam hari kita ngemil sambil nonton televisi. Hal inilah yang menyebabkan kacaunya program diet anda. Mulailah disiplin untuk tidak ngemil setelah jam tertentu, terutama setelah makan malam. Kalau anda masih tetap ingin ngemil sambil nonton televisi, gantilah makan ringan anda dengan segelas es krim rendah lemak.
  • Nikmati makanan favorit anda. Diet bukan berarti anda harus meninggalkan makanan favorit anda. Belilah makanan favorit anda secukupnya, dan kurangi porsinya saat anda menikmati makanan favorit anda tersebut.
  • Konsumsi beberapa camilan di siang hari. Dari hasil penelitian membuktikan, bahwa orang-orang yang mengkonsumsi makanan ringan 4 - 5 per hari lebih mampu mengendalikan nafsu makan dan berat badan mereka. Disarankan untuk membagi kalori harian ke dalam beberapa makanan kecil atau snack, seperti buah-buahan, roti gandum, atau telor.
  • Konsumsi protein setiap kali makan. Protein lebih bisa membuat anda berenergi. Selain itu, protein juga bisa mengenyangkan lebih lama bila dibandingkan kalau anda mengkonsumsi karbohidrat atau lemak. Protein juga membantu masa otot dan mendorong pembakaran lemak. Jadi pastikan untuk memasukkan protein sehat, seperti daging tanpa lemak, yogurt, keju, dan kacang-kacangan ke dalam makanan berat dan makanan ringan anda.
  • Selalu sarapan. Banyak orang yang melewatkan waktu sarapan karena alasan terburu-buru. Tindakan ini sama sekali tidak benar. Tidak sarapan bisa membuat kelaparan, yang akhirnya mendorong anda selalu ngemil dan menyantap makanan secara membabi buta saat makan siang atau makan malam. Untuk menurunkan berat badan, dan mempertahankannya, selalu sediakan waktu untuk makan pagi yang sehat, seperti mengkonsumsi sereal tinggi serat, susu rendah lemak, dan buah-buahan.

Semua orang pasti menginginkan tubuh ideal, terutama kaum perempuan. Jika anda menginginkan berat badan ideal, metode yang dipakai seperti yang ditawarkan oleh program diet melalui iklan di berbagai media massa, ternyata hasilnya hanya sementara, berat badan turun sesaat kemudian kembali menjadi gendut. Fenomena ini lebih berbahaya dibandingkan dengan berat badan tetap berlebih yang stabil. Berat badan ideal bukanlah mode yang sedang top, tetapi mengikuti ukuran kesehatan yang ditentukan dengan indeks massa tubuhlah yang sangat dianjurkan. Mengelola berat badan ideal dalam jangka panjang adalah sama artinya dengan mengikuti perubahan alami tubuh secara bertahap. Program ini tidak membahayakan kesehatan tubuh kita, dan hasilnya kita akan memperoleh berat badan ideal secara stabil. Hal-hal yang dapat anda lalukan dalam program pengelolaan berat badan ideal jangka panjang adalah :
1. Perubahan gaya hidup yang sehat.
Kontrol berat badan mulai dari pikiran, niat untuk mendapatkan penampilan tubuh yang menarik dan sehat. Hiduplah dengan lebih bijak, terkendali, dan menghindari stres. Lakukan perubahan pada kebiasaan yang buruk, misalnya, berhenti makan setelah timbul rasa kenyang.
2. Diet yang bijak.
Tidak berarti harus mengurangi jumlah asupan secara dratis, seperti berpantang makan makanan tertentu, tidak makan malam, atau mengikuti program diet ketat yang sedang populer yang sangat berbeda dengan kebiasaan sehari-hari. Diet yang baik adalah pola makan lengkap yang seimbang (sesuai dengan kebutuhan kalori untuk mendukung kegiatan sehari-hari), usahakan memilih diet rendah kalori (terutama rendah lemak) yang disesuaikan dengan pola makan sendiri yang selama ini dijalani. Lakukan penyesuaian secara bertahap sampai ditemukan pola baru yang dapat mempertahankan berat badan yang ideal.
3. Peningkatan aktivitas fisik yang terprogram.
Tetaplah beraktifitas secara fisik, lakukan olah raga secara teratur yang akan meningkatkan penggunaan kalori oleh tubuh, yang dengan sendirinya membantu upaya penurunan berat badan. Olah raga yang dianjurkan adalah yang sesuai dengan kemampuan fisikindividual yang bersifat aerobik, seperti jalan kaki, jogging, berenang, dan senam. Bila berat badan meningkat, tingkatkan pula porsi olah raganya.
4. Pertolongan obat yang terkontrol oleh dokter.
Bila berat badan anda masih tetap berlebih, konsultasikan ke dokter untuk membantu menurunkannya dengan obat. Obat yang biasa digunakan dengan pengawasan dokter, agar efektif dan aman adalah obat yang dapat menghambat penyerapan lemak, misalnya orlistat, atau menurunkan nafsu makan, misalnya mazidol dan sibutramin. Sebaiknya, jangan menggunakan sendiri obat-obatan yang bersifat diuretika, yaitu memperbanyak produksi urine dan memperlancar buang air kecil dan laksatif, yaitu mempersering buang air besar, karena dapat membahayakan jiwa pemakainya.

Diet Untuk Mengatasi Asam Urat.  merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat. Namun jika kadar asam urat berlebihan, maka ginjal tidak mampu mengeluarkan, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya, sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.
Adapun diet untuk penyembuhan penyakit asam urat, antara lain :
  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak). Hindari juga makanan laut (udang, kerang, cumi-cumi, dan kepiting), makanan kaleng (cornet, sarden, dan ekstrak daging), telur, kaldu atau kuah daging kental.
  • Menghindari makanan seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. Hindari juga kacang-kacangan.
  • Menghindari makan buah durian, alpukat, dan nanas.
  • Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  • Pada orang gemuk atau kelebihan berat badan, dengan asam urat tinggi dianjurkan menurunkan berat badan.  
  • Banyak minum air putih. Karena dengan banyak minum air putih, dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Menambah Berat Badan. Banyak orang yang merisaukan masalah berat badan. Banyak yang ingin menurunkan berat badan karena merasa terlalu kegemukan, tapi sebagian orang ada yang menginginkan menambah berat badannya karena merasa terlalu kurus. Intinya bahwa semua orang menginginkan berat badan yang ideal. Untuk sebagian orang yang menginginkan bertambahnya berat badan, tentunya asal makan saja bukan merupakan solusi yang tepat. Tetap harus memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap tubuh manusia memerlukan kalori yang cukup. Jumlah kalori yang diperlukan masing-masing orang sifatnya individual.
Tiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan gizi dan target kenaikan berat badan yang diinginkan. Kebutuhan gizi sehari-hari terdiri atas jumlah kalori yang dibutuhkan untuk proses dasar, seperti bernafas, sirkulasi darah, perbaikan dan aktifitas sel, serta kalori yang terbakar untuk aktivitas fisik. Program menaikkan berat badan bisa dimulai dengan mencukupi asupan kalori harian ditambah 500 - 1.000 kalori sehingga dapat menaikkan berat badan 1/2 hingga 1 kg per minggu. Misalnya : jika rata-rata wanita memerlukan 2.500 kalori untuk melakukan kegiatan normal dalam sehari, maka ia me,butuhkan 3.000 kalori untuk meningkatkan berat badan. Makanan yang harus dikonsumsi untuk menambah berat badan, antara lain :
  • Daging merah. Jika ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi.
  • Susu sapi murni. Gantilah susu yang dikonsumsi dengan susu sapi murni. Terlebih bagi yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Susu sapi dibutuhkan untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D. Jika terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi murni sebagai creamernya. Minum susu sebelum tidur lebih efektif untuk menambah berat badan.
  • Selai kacang. Selai kacang dikemas dengan protein dan lemak, sehingga sangat cocok bagi yang ingin menambah berat badan. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein. Selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E, dan juga vitamin B3.
  • Buah-buahan tropis dan alpukat. Buah-buahan tropis, seperti pepaya, mangga, pisang, dan nanas sangat baik untuk menambah berat badan. Dengan kandungan tinggi gula alami, buah-buahan ini juga akan memberi energi lebih setiap hari. Buah-buahan ini juga sangat baik untuk menambah asupan lemak sehat dalam tubuh. Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B.
  • Keju. Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempay. Keju hampir selalu bisa dicampurkan dengan berbagai macam hidangan. Keju mangandung semua nutrisi yag dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu.

Makanan Berlemak Penurun Berat Badan. Secara umum lemak merupakan salah satu penyebab peningkatan berat badan. Oleh karenanya banyak orang yang menghindari makanan yang mengandung lemak, terutama mereka yang melakukan program diet. Tapi ternyata ada beberapa jenis makanan penghasil lemak yang justru memiliki khasiat dapat menurunkan berat badan, makanan tersebut diantaranya :

  1. Almond. Meskipun kandungan lemaknya yang dimiliki almond relatif sangat tinggi, tapi ternyata almond bisa menurunkan berat badan lebih banyak dari program diet. Sebagaimana hasil dari penelitian terhadap orang-orang yang mengkonsumsi almond. Banhwa pengkonsumsi almond berhasil menurunkan lingkar pinggangnya sebanyak 50 % lebih banyak dibandingkan mengikuti program diet.
  2. Kelapa. Kelapa kaya dengan kandungan lemak jenuh, namun lebih dari setengahnya berasal dari asam laurat yang terbukti dapat melawan bakteri jahat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan perut yang buncit. Para peneliti membandingkan dua kelompok yang memakan 2 sendok makan minyak kelapa dan minyak kedelai setiap hari. Hasilnya ditemukan bahwa pemakan 2 sendok minyak kelapa dapat menyusutkan lingkar pinggangnya lebih banyak dibandingkan pemakan minyak kedelai. 
  3. Minyak Zaitun. Minyak Zaitun banyak mengandung polifenol yang dapat melawan sel-sel kanker dan lemak tak jenuh yang dapat memperkuat jantung. Selain hal tersebut, ternyata minyak zaitun dapat menurunkan berat badan. Minyak zaitun banyak mengandung zat adiponektin yang merupakan hormon yang dapat memecah belah lemak dalam tubuh dan mendorong indeks masa tubuh agar tetap rendah. 
  4. Coklat Hitam. Ternyata coklat hitam bisa menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan orang yang mengkonsumsi coklat hitam (dark chocolate) sebanyak 3,5 Ons 2 jam sebelum makan nasi dapat menyerap 17 % kalori lebih sedikit dibanding seseorang yang makan coklst susu.  Hal ini disebabkan karena kandungan chocoa butter murni yang dimiliki cuklat hitam dapat memperlambat proses pencernaan makanan, sedangkan coklat susu lebih banyak kandungan minyak menteganya sehingga lebih cepat diproses dalam saluran pencernaan.


Klasifikasi Vegetarian. Vegetarian adalah salah satu pola makan yang hanya mengkonsumsi produk nabati atau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Menjadi vegetarian tidak selalu berarti antiproduk hewani. Pada umumnya orang memilih untuk menjadi vegetarian dengan alasan ingin hidup yang lebih sehat. Mereka kuatir mengalami resiko penyakit-penyakit yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi produk hewani, seperti kanker, jantung, dan jenis penyakit dalam lainnya. Pada saat ini vegetarian dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok, yaitu :
  1. Vegan. Vegan adalah vegetarian sejati. Mereka sama sekali tidak mengkonsumsi produk hewani apapun, termasuk produk olahannya. Untuk menjadi vegan, terlebih dahulu anda harus mencari tahu sumber makanan yang dapat memenuhi kebutuhan pokok tubuh anda, terutama pengganti unsur protein yang biasanya didapat dari produk hewani.
  2. Lacto Vegetarian. Orang yang memilih menjadi lacto vegetarian masih mengkonsumsi susu dan produk olahannya seperti keju, mentega, yoghurt, es krim, dan lain-lain. Produk turunan susu ini dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Lacto Ovo Vegetarian. Selain masih mengkonsumsi susu dan produk olahannya, orang yang memilih menjadi lacto ovo vegetarian masih menyertakan telur dan produk olahannya dalam menu makanan sehari-hari. Seorang lacto ovo vegetarian dapat mengkonsumsi secangkir susu atau sebutir telur setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuhnya, yang memang hanya dapat diperoleh dari produk hewani. Vitamin B12 sangat berperan dalam aktivitas metabolisme sel-sel tulang.
  4. Semi Vegetarian. Orang yang memilih menjadi semi vegetarian terkadang masih mengkonsumsi produk hewani, terutama bagian-bagian dari hewan yang tidak mengandung lemak. Namun frekuensinya sangat rendah.
Tidak ada kondisi khusus yang mengharuskan orang menjadi vegetarian. Apakah mau memilih menjadi vegetarian atau ataupun tidak, yang lebih penting adalah menjalani pola hidup sehat.

Semoga bermanfaat...