Kemampuan Dasar Yang Harus Dipunyai Seorang Pemimpin

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dalam dunia kerja, semua orang atau karyawan mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pemimpin. Hanya saja semuanya kembali kepada diri dan kemampuan karyawan itu sendiri. Oleh karena itu, setiap karyawan harus selalu mempersiapkan dirinya sebagaimana yang harus dilakukan oleh seseorang agar kariernya lancar yaitu dengan membekali diri dengan kemampuan-kemampuan dasar yang harus dipunyai oleh seorang pemimpin.

Kemampuan dasar sebagai seorang pemimpin yang baik adalah sebagai berikut :

1. Kemampuan Berkomunikasi
Kemampuan berkomunikasi ini meliputi tiga hal, yaitu : 
  • Kemampuan komunikasi ke atas (dengan atasan).
  • Kemampuan komunikasi ke samping (dengan teman kerja).
  • Kemampuan komunikasi ke bawah (dengan anak buah).
Kemampuan komunikasi sangat penting karena akan menentukan berhasil tidaknya citra diri sebagai pimpinan. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, seseorang akan bisa melakukan lobi ataupun negosiasi ke segala arah dengan baik.

2. Kemampuan Berorganisasi
Kemampuan berorganisasi juga wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Tanpa kemampuan berorganisasi yang baik, seorang pemimpin tidak dapat mengontrol, mengatur, dan memaksimalkan semua sumber daya yang ada di sebuah lembaga atau instansi. Kemampuan berorganisasi juga harus diikuti dengan kemampuan manajerial yang baik.

3. Kemampuan Memecahkan Masalah
Dalam hidup, dalam kondisi apapun masalah pasti akan selalu ada. Jika ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, kemampuan memecahkan masalah wajib dimiliki. Kemampuan memecahkan masalah ini termasuk juga mencakup ketepatan waktu dan kecepatan dalam mengambil keputusan. Keputusan yang diambil untuk memecahkan masalah bukan hanya harus cepat dan tepat, tetapi juga harus mengakomodasi kepentingan lembaga dan semua orang yang terlibat di dalamnya.

4. Kemampuan Riset Dan Analisis
Kemampuan riset dan analisis ini perlu dimiliki oleh seorang yang berkarakter pemimpin. Dengan begitu, segala keputusan yang diambil pastilah berdasarkan data dan fakta di lapangan yang sudah dikumpulkan, disusun, dan dianalisis sebelumnya. Selain itu, kemampuan riset dan analisis juga berkaitan erat dengan strategi yang akan diterapkan, sehingga perusahaan dapat lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan yang ada.

Seseorang yang ingin memiliki karier cemerlang dalam kerjanya, harus mempunyai karakter seorang pemimpin, sebagaimana tersebut di atas. Karena dengan begitu, pimpinannya pasti akan yakin kalau ia pantas mendapatkan promosi jabatan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan kemampuan dasar yang harus dipunyai seorang pemimpin.

Semoga bermanfaat.