Faktor Yang Mempengaruhi Mandeknya Karier Kerja

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Suatu kebanggaan apabila karier seseorang dalam dunia kerja terus menanjak. Setiap orang tentunya tidak menginginkan kariernya tidak berkembang, hanya di situ-situ saja tidak ada perubahan. Banyak faktor yang bisa membuat karier seseorang semakin maju. Tapi pada dasarnya maju atau mandeknya karier seseorang tergantung pada kemampuan orang itu sendiri.

gambar : tabloidnova.com
Ada hal yang bisa membuat  karier kerja lancar, seorang pekerja mesti mempunyai karakter dan kemampuan kepemimpinan yang baik, yaitu dalam hal :
  • Kemampuan komunikasi.
  • Kemampuan organisasi.
  • Kemampuan memecahkan masalah.
  • Kemampuan riset dan analisis.
Dengan kemampuan-kemampuan tersebut, seorang pekerja akan dapat menyelesaikan semua tugas dan pekerjaannya dengan baik. Pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan baik, tepat waktu, dan tidak ada kesalahan, tentunya akan mendatangkan rasa kepuasan atasan kepada pekerja tersebut. Dan akibatnya, karier pekerja tersebut akan dengan cepat semakin maju. Namun apabila kemampuan-kemampuan tersebut sudah dimiliki oleh seorang pekerja, tapi kenaikan karier yang diharapkan tetap saja tidak kunjung datang, maka seorang pekerja yang bersangkutan mesti mencari tahu penyebab terjadianya hal tersebut. Banyak juga faktor yang menyebabkan mandeknya karier seorang pekerja.

Berikut faktor yang menyebabkan karier kerja seorang menjadi mandek, biasanya terjadi karena pengaruh :

1. Masalah Internal
Masalah internal biasanya berhubungan dengan pribadi yang bersangkutan, termasuk kemampuan-kemampuan tersebut di atas. Kemampuan adaptasi dan budaya juga berpengaruh pada pribadi seseorang. Solusi untuk masalah internal ini adalah introspeksi diri untuk mencari kelemahan, mau mengubah diri, siap untuk menerima kritik dan berbesar hati mengakui kekurangan.

2. Masalah Eksternal
Masalah eksternal yang sering mempengaruhi karier atau pekerjaan seseorang adalah :
  • Masalah keluarga. Ada kalanya keluarga memang menjadi penghambat karier kerja seseorang. 
  • Atasan. Subjektivitas atasan memang cukup berpengaruh pada karier kerja seseorang. Faktor like and dislike (suka dan tidak suka) pasti selalu ada. Untuk mengatasi masalah ini, lakukanlah negosiasi yang baik dengan atasan dengan menunjukkan prestasi kerja, serta berusaha membangun komunikasi yang baik dengan atasan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman.

Setelah mengetahui permasalahan penyebab mandeknya karier kerja tersebut, janganlah berputus asa. Segera perbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. Introspeksi diri adalah cara terbaik untuk memperbaiki kinerja. Mulailah lagi bekerja dengan penuh keyakinan dan tanggung jawab.

Semoga bermanfaat.