Sulam Alis Dan Sulam Bibir

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Banyak wanita yang merasa bermasalah dengan alis dan bibirnya. Keluhanpun sering kita dengar, dari alis yang telalu tipis atau bahkan terlalu tebal, bibir berwarna hitam, dan lain-lain masih banyak lagi. Solusi mudah yang dewasa ini banyak ditempuh oleh kebanyakan wanita di perkotaan adalah dengan sulam alis atau sulam bibir.

Sulam alis dan bibir dilakukan dengan menggunakan sebuah alat khusus yang disebut embroidery machine. Alat ini berupa pena yang dibagian ujungnya dioleskan tinta khusus berbahan alami dan herbal, seperti hena. Dalam alat tersebut juga dilengkapi dengan motor penggerak, sehingga bisa bergerak dengan kecepatan tinggi untuk menggambar alis dan bibir sesuai dengan yang diinginkan. Saat digunakan alat ini akan menghasilkan garis salur-salur di bagian kulit luar (epidermis).

1. Sulam Alis.
Dengan alasan tidak repot untuk memulas alis dengan pensil alis, banyak wanita pekerja yang memilih untuk sulam alis. Teknik sulam alis pada dasarnya bagaimana membuat latar belakang alis dengan mengisi bagian alis yang kosong. Bagian yang kosong ini biasanya disebabkan oleh rambut alis yang tumbuh sangat jarang atau tipis. Dengan menyulam di bagian kosong dari alis tersebut, akan membuat alis terlihat lebih tebal dan tampak alami. Ada dua macam bentuk sulam alis, yaitu :
  • Blending. Proses pekerjaannya difokuskan pada hasil pewarnaan alis.
  • 3D atau Tiga Dimensi. Teknik sulam alis 3D ini akan menghasilkan efek seolah-olah bagian alis benar-benar berbulu. Tebal dan tipisnya dapat diatur dan dapat disesuaikan mendekati bentuk aslinya.

Terkadang orang menyamakan antara sulam alis dan tatto alis. Padahal sebenarnya hal tersebut adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan sulam alis dan tatto alis adalah :
  • Sulam Alis. Selain lebih aman karena bahan utama yang digunakan alami (hena), proses pewarnaannya diaplikasikan hanya pada permukaan kulit lapisan atas saja, sehingga kulit tidak akan terluka, berdarah, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Warna alis yang dihasilkan pun terkesan alami.
  • Tatto Alis. Menghasilkan bentuk artifisial, efek yang ditimbulkan pada tatto alis akan membuat kulit bengkak karena kandungan kimia yang terdapat pada zat pewarnanya.

2. Sulam Bibir.
Sulam bibir merupakan solusi bagi para wanita yang memiliki bibir berwarna kehitaman. Dengan sulam bibir, warna bibir akan terlihat lebih merah alami dan segar. Dengan hasil pewarnaan sulam bibir, tanpa menggunakan pewarna bibir (lipstik), bibirpun sudah tampak merona dan cerah. Proses yang digunakan sulam bibir sama dengan proses yang digunakan pada sulam alis.

Yang perlu diperhatikan saat anda akan melakukan sulam alis atau sulam bibir adalah :
  • Untuk para wanita, jangan melakukan sulam alis dan bibir saat anda sedang hamil atau haid, karena pada saat itu kulit sedang sensitif.
  • Untu penderita diabetis, sebaiknya jangan melakukan sulam alis atau bibir.
  • Sediakan waktu/luangkan waktu yang cukup saat anda hendak melakukan sulam alis atau bibir.

Demikian penjelasan berkaitan dengan sulam alis dan sulam bibir.

Semoga bermanfaat.