Mempersiapkan Diri Dalam Melakukan Presentasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Presentasi adalah suatu media untuk menyampaikan maksud dan tujuan sehingga maksud dan tujuan tersebut dapat segera diketahui. Secara sederhana presentasi diartikan sebagai berbicara di hadapan orang banyak. Dalam dunia kerja, presentasi merupakan sarana buat seorang karyawan untuk menjabarkan dan menjelaskan ide-idenya, sehingga ide yang dia punyai dapat diketahui dan bisa diterima oleh orang lain atau atasannya.

gambar : id.jobsdb.com
Presentasi merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, tidak hanya bagi mereka yang bekerja kantoran tapi juga untuk pekerja lain. Supaya maksud dan tujuan dari presentasi tersebut tercapai, maka diperlukan persiapan tertentu. Karena dengan persiapan yang cukup, siapapun dapat melakukan peresentasi dengan baik.

Setiap akan melakukan presentasi pastilah ada suatu bahan/materi yang harus disiapkan. Materi mesti disesuaikan dengan maksud dan tujuan dalam memberikan presentasi. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk presentasi dan merangkumnya di komputer atau laptop anda, dengan program yang biasa digunakan untuk presentasi, misalnya Power Point.

Selain mempersiapkan bahan presentasi, anda juga harus mempersiapkan diri anda. Salah satu kendala yang sering terjadi saat melakukan presentasi adalah munculnya rasa gugup. Untuk mengatasi rasa gugup, cemas, ataupun panik saat akan melakukan presentasi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Kuasai dan pahami semua aspek yang ada dalam materi presentasi anda. Dengan begitu anda tiak akan kebingungan dalam melakukan presentasi.
  • Cari tahu siapa dan latar belakang orang-orang yang akan hadir dalam presentasi anda. Dengan begitu anda bisa menyiapkan mental, serta bisa menyesuaikan diri anda dengan mereka.
  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang kebanyakan. Hindari penggunaan bahasa yang sifatnya khusus, hal ini penting untuk menghindari kesalahpahaman.
  • Jika ada pertanyaan dari peserta presentasi, jawablah pertanyaan tersebut dengan tenang dan percaya diri.
  • Tumbuhkan keyakinan dalam diri anda, kalau anda bisa melakukan dan yakinkan juga diri anda bahwa selama presentasi andalah yang memegang kendali.
  • Terakhir yang tidak kalah penting adalah berdoa. Dengan berdoa anda akan mendapatkan ketenangan batin, sehingga anda akan merasa lebih rileks dalam melakukan presentasi.
Kesuksesan anda dalam melakukan presentasi, merupakan awal dari kesuksesan kerja anda.

Semoga bermanfaat.