Menyelamatkan Bumi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Semakin hari, usia bumi tempat kita hidup, semakin tua. Beban yang ditanggung bumi-pun semakin berat. Hal ini diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak dapat menjaga kelestarian bumi. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penebangan hutan, pencemaran lingkungan, dan polusi udara terjadi di mana-mana.  Manusia hanya memikirkan dirinya sendiri, memikirkan keuntungannya sendiri, tanpa mau tahu kondisi dari bumi tempat kita hidup.

gambar : satuharapan.com
Berangkat dari hal tersebut, sekelompok orang dari berbagai macam organisasi mulai mengkampanyekan dan mengajak orang lain untuk melestarikan lingkungan tempat kita tinggal, demi kelestarian bumi. Melestarikan dan menjaga bumi bisa dimulai dari diri sendiri dengan memulai gaya hidup ramah lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pembakaran sampah apalagi hutan, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut harus dilakukan dengan tujuan untuk mencegah semakin parahnya kerusakan bumi akibat polusi, sampah, pemanasan global , dan lain-lain.

Untuk mencegah kerusakan bumi dan menjaga kelestariannya, kita bisa mulai melakukan hal-hal yang sederhana. Melakukan apa yang dikenal dengan sebutan 3R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang).

1. Reduce (Mengurangi).
Reduce berarti mengurangi konsumsi belanja sehari-hari. Yang dimaksud mengurangi belanja adalah mengurangi pembelian produk-produk yang tidak ramah lingkungan, seperti plastik dan styrofoam. Selain itu, disarankan saat anda berbelanja atau saat membeli makanan dan minuman, bawalah sendiri tas agar tidak harus menggunakan kantong plastik. Tidak kalah pentingnya juga, mulailah untuk menghemat dan kurangi mengkonsumsi air, listerik, serta mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

2. Reuse (Menggunakan Kembali).
Barang-barang yang sudah anda miliki, yang dapat digunakan kembali atau mempunyai fungsi lain, janganlah langsung dibuang tapi gunakanlah kembali. Mulai berfikir kreatif, untuk bisa menggunakan kembali atau mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Sampah rumah tangga, seperti sisa makanan bisa anda daur ulang menjadi pupuk sehingga bisa bermanfaat untuk tanaman. Yang penting juga, apabila anda akan membeli suatu barang, pilihlah barang yang benar-benar memiliki kualitas baik, sehingga aman dan bisa digunakan berkali-kali.

3. Recycle (Mendaur Ulang).
Daur ulang sangat penting untuk mengurangi jumlah sampah yang sudah menumpuk. Mengubah sampah menjadi suatu produk baru yang bisa digunakan kembali atau bisa dijual, merupakan suatu nilai plus untuk menambah pendapatan anda.

Memang dibutuhkan niat yang besar untuk menjalankan hal-hal tersebut. Tapi demi kelestarian bumi kita tercinta, pasti kita bisa. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan menyelamatkan bumi.

Semoga bermanfaat.