Kapan Uang Mulai Dikenal ?

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada zaman dahulu, sebelum ada uang, manusia memakai cara barter, yaitu tukar menukar untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Dengan cara tukar menukar seperti ini, terkadang manusia tidak selalu mendapatkan barang yang diinginkannya. Hal ini terjadi karena barang yang akan ditukar belum tentu diinginkan oleh orang yang mempunyai barang yang kita inginkan. Jadi cara tukar menukar seperti ini sangatlah merepotkan.

 Pada tahun 1200 SM (Sebelum Masehi), bangsa China menyadari repotnya cara tukar menukar (barter) ini. Orang mulai berpikir untuk menemukan cara yang efisien untuk digunakan sebagai alat tukar, sehingga kebutuhan yang diinginkan dapat terpenuhi.  Pada akhirnya mereka membuat aturan baru dalam berbelanja, yaitu dengan memakai apa yang dinamakan uang.

Berikut sekilas tentang sejarah perkembangan uang :
  • Uang pertama dibuat dari kulit kerang.
  • 200 tahun kemudian, barulah bangsa China membuat uang dari logam.
  • Bangsa Indian di Amerika juga memakai kerang sebagai alat tukar (uang). Hal ini terjadi sekitar tahun 1600, atau 2800 tahun setelah bangsa China mengenal uang. 
  • Uang logam pertama dibuat dari perak. Berbeda dari uang logam sekarang, yang ada angka nilai nominalnya, uang perak saat itu nilai nominalnya sesuai dengan harga seukuran perak yang digunakan sebagai uang tersebut. Semakin besar, makin berharga, dan semakin tinggi pula nilainya.
  • Setelah membuat uang logam, pada abad ke 9, bangsa China membuat uang dari kertas. Dan terus dikembangkan bentuknya sampai abad ke 15. Alasan dibuatnya uang kertas pada saat itu karena orang kaya sangat sengsara dan repot setiap kali hendak berbelanja. Hal ini disebabkan karena uang logam yang dibawanya dalam tas atau kantung sangatlah berat.

Di Indonesia, uang sudah di kenal sejak lama, semenjak masyarakat kita mulai berdagang dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kira-kira sudah hampir 1000 tahun yang lalu. Uang yang digunakan pada saat itu masih dalam bentuk logam.

Di Indonesia sendiri. mata uang yang berlaku mengalami banyak perkembangan, sampai pada akhirnya  mata uang yang digunakan di Indonesia saat ini dalam bentuk Rupiah, yang diambil dari mata uang India, Rupee. Sebelum berlakunya mata uang rupiah, di Indonesia menggunakan mata uang Belanda, yaitu Gulden. Rupiah menjadi mata uang nasional Indonesia pada tanggal 2 Nopember 1949.

Semoga bermanfaat.