Berhemat Pemakaian Listerik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Di jaman sekarang ini, hampir semua orang sangat bergantung pada listerik. Coba saja perhatikan, saat listerik padam, banyak komentar yang bisa kita dengar. Yang pada umumnya bernada kejengkelan dan kekecewaan. Masalahnya adalah kenapa Perusahaan Listerik Negara (PLN) sampai melakukan pemadaman listerik ? Banyak alasan dan teori yang bisa menjawab itu, salah satunya adalah masalah kelebihan beban. Tapi kita tidak akan membicarakan masalah itu. 

Hal penting yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara menghemat pemakaian listerik, tanpa harus mengganggu aktivitas kita, sehingga dengan begitu kita pun juga bisa menghemat keuangan kita. 

Ada beberapa cara untuk bisa menghemat pemakaian listerik, terutama yang berkaitan dengan peralatan elektronik yang biasa kita gunakan, di antaranya adalah :

1. Pemakaian Lampu.
Lampu merupakan hal yang sangat penting untuk penerangan. Namun begitu tetap saja jangan menggunakan lampu dengan semuanya, karena hal tersebut akan mengakibatkan pemborosan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian listerik dari lampu, yaitu :
  • Ganti lampu pijar atau bohlam dengan lampu neon hemat energi.
  • Matikan lampu yang tidak terpakai.
  • Gunakan daya lampu sesuai dengan fungsi ruangan.

2. Pemakaian Televisi.
Hal yang sering kita lakukan adalah menyalakan televisi tapi kita tidak menontonnya, atau membiarkan televisi menyala sampai pagi sementara kita tertidur. Hal-hal tersebut yang mengakibatkan pemborosan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian listerik dari televisi, yaitu :
  • Matikan televisi jika sudah tidak digunakan.
  • Aktifkan sleep timer, sehingga jika kita ketiduran, televisi tidak akan menyala sampai pagi.
  • Jangan biasakan sering mematikan kemudian menyalakan televisi karena hal tersebut akan membuat konsumsi listerik jadi lebih besar.
  • Pilihlah ukuran televisi sesuai kebutuhan.

3. Pemakaian Komputer Atau Laptop.
Komputer atau laptop sudah merupakan kebutuhan bagi kita. Perangkat ini seringkali sangat membantu dan menjadi solusi yang tepat dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan kita, terutama bagi pelajar dan pegawai kantoran. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian listerik dari komputer, yaitu :
  • Saat akan membeli komputer (desktop) atau laptop, pilihlah laptop karena konsumsi listerik laptop jauh lebih hemat dibandingkan desktop.
  • Pilih layar monitor berbentuk LCD, karena lebih hemat listerik.
  • Aktifkan fitur power management pada komputer, jangan gunakan screensaver.
  • Matikan komputer apabila sudah tidak digunakan.

4. Pemakian Mesin Cuci.
Mesin cuci sangat meringankan pekerjaan dan menghemat waktu kita dalam mencuci. Meskipun demikian, kita tetap juga harus menghemat pemakaian listerik dari mesin cuci, yaitu :
  • Cucilah pakaian kotor sesuai dengan kapasitas mesin cuci, jangan melebihi kapasitas atau dalam jumlah pakaian kotor sangat sedikit. Dengan begitu pemakaian listerik dan air bisa optimal.
  • Kalau tidak diperlukan sekali, hindari pemakaian mesin pengering yang ada dalam mesin cuci, karena penggunaan mesin pengering ini membutuhkan kapasitas listerik yang sangat besar.

Beberapa dari sumber tenaga listerik yang digunakan merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang kita bisa menghemat pemakaian listerik di rumah. Selain untuk berhemat keuangan, juga untuk kepentingan anak cucu kita kelak.

Semoga bermanfaat.