Pengaturan Dan Komposisi Dekorasi Rumah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pasti menyenangkan jika hunian kita terlihat cantik. Mewujudkan hal tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah penataan  dan penempatan barang harus tepat secara fungsi dan juga berseni agar kesan stylish atau gaya bisa tercipta. Jadi tidak perlu membeli banyak barang dan furniture untuk mempunyai rumah yang nyaman dan gaya, kuncinya terletak pada pengaturan dan komposisi.

Komposisi yang pas tidak hanya soal tata letak barang-barang dalam satu ruangan tapi juga berhubungan dengan pencahayaan dan sirkulasi, baik udara maupun gerak gerak setiap orang yang lewat. Untuk sirkulasi udara dan pencahayaan sangat disarankan menggunakan yang alami. Selain hemat energi, juga sehat.

Pemakaian jendela kaca yang terhubung dengan bagian luar sangat baik, sinar matahari akan masuk dengan leluasa. Selain itu pemakaian skylight, atap genteng kaca, atau bahan bening seperti polycarbonat juga disarankan.

Komposisi pemilihan furniture untuk ditempatkan di setiap ruang dan sudut rumah pun punya pengaruh besar. Penempatan yang tidak berlebihan akan membuat ruang terasa lega. Permainan warna furniture dengan aksesoris pelengkapnya pun perlu disesuaikan dengan keseluruhan warna dinding ruangan, sehingga akan terlihat sangat menarik, simpel dan gaya.

1. Kamar tidur nyaman.

Sebagai tempat pelabuhan terakhir di rumah, sudah sepantasnya kamar tidur mendapatkan perhatian lebih. Ruang ini  harus nyaman agar kita bisa beristirahat dengan maksimal. Kesibukan masyarakat, terutama yang tinggal di kota besar, sangat padat. Mulai dari mengurus keluarga, bekerja, mengikuti kegiatan komunitas, dan lain sebagainya. Tidak mengherankan, jika setelah seharian beraktifitas badan rasanya lelah sekali. Dalam kondisi seperti itu tentu tidak ada yang lebih menyenangkan selain beristirahat di kamar tidur yang nyaman. Setelah beristirahat tenaga yang sudah hilang akan datang kembali. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kenyamanan kamar tidur.
Ada beragam kamar tidur yang bisa dijadikan inspirasi, misalnya :
  • Ciptakan warna senada pada cat dinding, tempat tidur dan furniture lain, seperti nakas. Dari sini sudah pasti kesan lapang akan langsung terasa.
  • Sentuhan romantis bisa ditampilkan lewat pemilihan ranjang tidur, seperti sprai dengan bunga atau daun yang manis dan vitrase putih bercorak bunga. Suasana romantis bisa dipertegas dengan bukaan jendela yang besar atau gunakan corak bunga atau daun di bantal dan selimut.
  • Pilih ranjang dengan desain manis namun tidak berlebihan. Sesuaikan desain nakas dengan ranjang agar senada.
Anda bisa juga bermain dengan wall paper dan warna ruangan. Misalnya, padukan warna cokelat tua kemerahan pada dinding belakang tempat tidur dengan pelapis dinding yang mempunyai sentuhan warna emas. Pasti kamar tidur anda akan terlihat elegan. Untuk memperkuatnya, gunakan parket cokelat kayu untuk lantai. Pakau juga sprei warna krem. Kesan nyamanpun akan langsung terasa.

2. Kamar mandi nyaman.

Tidak ada rumah yang tanpa kamar mandi. Dari situ bisa terlihat betapa pentingnya ruangan (kamar mandi) ini. Jadi tidak berlebihan jika kita bersusah-susah demi membuat kamar mandi terlihat bersih, indah, dan nyaman. Ukuran jangan dijadikan halangan dalam menciptakan kamar mandi yang enak dilihat dan nyaman digunakan. Justru ketika lahan begitu terbatas, desain kamar mandi harus lebih dipikirkan, dengan begitu ruang ini tetap bisa nyaman. Berikut tips yang bisa diterapkan untuk membangun kamar mandi yang menyenangkan : 
  • Ruang dibagi dalam 3 area, yaitu area untuk mandi, kloset, dan area untuk wastafel. Sebaiknya letak wastafel tidak bersebelahan dengan kloset.
  • Bila area mandi tidak luas, pilihlah shower sebagai pengganti bak mandi.
  • Untuk penghalang area mandi, gunakan tirai atau pintu kaca. Pintu kaca lebbih terlihat mewah, tapi harganya lebih mahal dibandingkan harga tirai.
  • Untuk penghalang antara area mandi dan kloset bisa menggunakan dinding kaca tembus pandang.
  • Lapisi dinding dan lantai kamar mandi dengan keramik bermotif halus. Gunakan  keramik dengan motif yang sama untuk melapisi dinding dan lantai. Melapisi dinding sampai ke plafon akan membuat dinding terlihat lebih tinggi dan juga membuat seluruh dinding lebih mudah untuk dibersihkan.
  • Untuk area mandi gunakan penutup lantai (keramik) dengan motif berbeda yang terlihat lebih mencolok.
  • Berikan warna mencolok pada sebidang kecil dinding. Jangan takut menggunkan warna yang sangat terang, seperti oranye, merah, kuning, atau hijau, karena dinding tersebut memang dibuat untuk menjadi aksen dalam kamar mandi.
  • Wastafel tanpa kaki lebih cocok karena tidak membuat ruang terlihat penuh. 
  • Agar perlengkapan mandi tidak berserakan di mana-mana, buatkan rak yang cantik. Rak ini bisa dibuat dari ambalan kaca yang transparan. 
  • Untuk memberikan sentuhan artistik, tambahkan lampu kecil di atas wastafel.
  • Jangan lupakan stop kontak. Mungkin akan dibutuhkan untuk alat cukur, mengisi baterai ponsel, dan lain-lain.

3. Menghias dinding rumah dengan batu alam.

Memadukan batu alam di bangunan rumah tinggal tidak hanya memberikan kesan unik dan atraktif, tapi juga membuat para penghuni merasa nyaman. Aura yang diberikan oleh batu alam memang dapat menghilangkan penat sang  pemilik rumah. Tidak mengherankan jika pemakaian beragam batu alam tidak hanya diaplikasikan ke dalam tatanan eksterior tapi juga ke bagian interior rumah.
Batu alam hadir untuk mempermanis ruangan. Saat ini batu alam tidak hanya berwarna hitam, tapi sudah dijumpai warna-warna lain seperti putih, kuning, hijau, dan sebagainya. Pemasangan batu alam membutuhkan trik tersendiri untuk membuat suasana satu ruangan jadi berkesan unik. Seperti menjadi focal point di salah satu sisi dalam rumah. Dibandingkan hanya disusun rata, pemasangan batu dengan gaya timbul tenggelam membuat suasana menjadi berbeda. Pemakaian dinding batu juga bisa menjadi alternatif jika anda bosan menggunakan warna cat berbeda. Dengan pengaturan sedemikian rupa ruangan menjadi unik dan membuat setiap orang yang masuk terkesima. Selain memberikan kesan alami, batu alam juga menumbuhkan kesan dinamis, terutama di sebuah hunian bergaya minimalis. Warna khas dan tekstur yang sangat kaya pada batu alam memberi nuana lain. Tidak hanya visual, tapi juga psikologis pemiliknya, yaitu rasa nyaman.
Permainan kombinasi beberapa jenis batu alam dapat menciptakan sebuah karya seni. Umumnya, batu alam digunakan untuk mempermanis interior ruang makan atau keluarga. Adapula pemakaian batu alam seperti marmer yang tidak diasah sebagai dinding di hampir semua ruangan. Sangat elegan. Rasa dingin yang timbul juga tepat untuk negara tropis seperti Indonesia.

4. Jendela besar lebih irit biaya.

Ada banyak cara untuk menghemat biaya rumah tangga. Salah satunya dengan membuat jendela-jendela besar di rumah. Salah satu kriteria rumah sehat adalah mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Hal ini bisa terjadi apabila rumah mempunyai bukaan lubang angin dan jendela yang lebar.  Lubang angin setidaknya tersedia di lantai dasar atau lantai dua jika rumah bertingkat. Untuk menambah keteduhan di lingkungan rumah, tanamlah pohon di depan jendela-jendela rumah tersebut. Dengan begitu sirkulasi udara akan mengalir dengan baik, dari depan ke belakang atau sebaliknya. Langkah lain yang bisa dilakukan untuk menyejukkan rumah adalah dengan cara mengurangi jumlah perabot rumah tangga. Dengan begitu udara panas tidak akan terperangkap di dalam rumah.
Kelancaran aliran udara yang keluar masuk dan ketersediaan sinar matahari yang masuk dalam rumah, baik pagi maupun siang hari, akan menghemat, bahkan meniadakan pemakaian listrik. Dengan adanya jendela besar, penggunaan alat pendingin (AC), kipas angin, serta lampu penerangan di siang hari bisa dikurangi. Sehingga uang yang dikeluarkan untuk pembayaran biaya  pemakaian listrik bisa ditekan, dan tentu saja akan menghemat pengeluaran biaya rumah tangga.

Semoga bermanfaat.