Kopi Luwak, Asli Indonesia Termahal Di Dunia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bagi penggemar dan penikmat kopi, tentunya kopi luwak sudah tidak asing lagi. Dari berbagai jenis kopi yang ada, kopi luwak dipercaya sebagai kopi yang mempunyai kualitas paling bagus. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak penggembar minuman kopi, berburu kopi luwak ini.

Kopi luwak adalah kopi asli Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Sesuai namanya, kopi ini berkaitan erat dengan hewan bernama luwak. Luwak merupakan musang jenis Paradoxurus hermaphrodites atau disebut juga musang palem Asia yang merupakan pemakan buah-buahan.

Luwak banyak ditemukan di pulau Sumatera. Keistimewaan hewan luwak ini adalah ia mampu mengenali buah-buah kopi terbaik. Buah-buah kopi tersebut ia konsumsi, namun hanya dagingnya sedangkan bijinya yang keras ia keluarkan bersama kotoran. Dalam lambung luwak terdapat enzim proteolitik yang mampu menguraikan protein. Protein ini kemudian meresap dalam biji kopi dan mengurangi kandungan asam aminonya. Setelah berada dalam perut luwak, biji kopi tersebut dikeluarkan dalam bentuk yang masih utuh bersama kotoran luwak.

Biji kopi inilah yang kemudian dikumpulkan. Setelah melalui tahapan pembersihan dan penjemuran, biji-biji kopi ini lalu dipanggang untuk mengurangi kadar airnya, selanjutnya biji-biji kopi ditumbuk dan siap digunakan sebagai bubuk kopi yang siap untuk dikonsumsi.

Ketika kopi luwak ini diseduh, akan timbul bau tanah yang sangat khas. Kopinya lebih kental, lembut, dan tidak sepahit kopi-kopi pada umumnya. Ketika diminum, selintas akan muncul rasa cokelat dan karamel. Sensasi itu akan lama terasa di lidah. Kopi luwak yang disajikan dingin, akan menghadirkan cita rasa yang berbeda dibandingkan kopi-kopi lain.

Sensasi dari dari kopi luwak inilah yang menyebabkan kopi luwak berharga sangat mahal. Bahkan di luar negeri, satu cangkir kopi luwak bisa dihargai antara ratusan ribu hingga satu juta rupiah. Meskipun berharga mahal, para pecinta kopi tetap memburunya.

Jika anda tertarik untuk mencoba kopi luwak, ada cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk menikmati kopi luwak. Caranya adalah :
  • Rebuslah air hingga mendidih.
  • Biarkan air yang mendidih itu selama beberapa saat hingga uapnya menghilang.
  • Kemudian seduh kopi luwak dan diamkan dalam cangkir tertutup selama beberapa menit agar aromanya meresap.

Dijamin rasanya akan membuat anda ketagihan.