Placebo Sistem Pengobatan Dengan Sugesti

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Placebo dalam bahasa latin berarti 'saya akan senang'. Jika placebo dikaitkan dengan kesehatan, efek placebo sering disebut fake treatment. Placebo merupakan istilah medis, yang berarti suatu cara dalam kefarmasian dengan mempergunakan suatu zat yang tidak mempunyai efek farmakodinamik, untuk maksud tertentu. Placebo adalah sejenis pengobatan dengan sugesti, tapi efek kesembuhannya lebih ampuh dari obat yang sebenarnya. Sebagian orang menganggap placebo ini adalah sistem pengobatan semu. 

Pada jaman dahulu, seorang dokter adalah juga merupakan seorang yang ahli dalam bidang agama, contohnya Ibnu Sina, Aljaber, dan tabib-tabib lain. Sehingga mereka tidak hanya memberikan solusi secara konvensional, namun sekaligus memberikan efek placebo lewat kata-kata positif berupa doa atau motivasi yang sarat nilai spiritual.

Metode efek placebo ini dikemukakan oleh Ibnu Sina. Ia selalu berpesan kepada muridnya, "Jangan pernah mengatakan kepada pasien bahwa penyakitnya tidak dapat diobati. Sesungguhnya sugesti kalian merupakan obat bagi pasien."

Di masa sekarang ini, banyak orang mempunyai dokter pribadi atau mereka hanya percaya dengan salah satu dokter tertentu saja, sehingga apabila mereka sakit, mereka hanya bisa sembuh jika berobat dengan dokter tersebut, tidak dengan dokter lain. Terkadang mereka akan merasa lebih baik hanya dengan berbicara dengan dokter tersebut. Hal ini bisa terjadi karena adanya efek placebo. Dengan hanya mendengar kata-kata dari dokter tersebut, rasa cemas dan sakit yang dirasakannya benar-benar hilang.

Tidak bisa dipungkuri, bahwa seorang pasien bisa sembuh atau malah sebaliknya hanya karena sugesti. Ada yang merasa lebih baik karena mengkonsumsi obat tertentu padahal obat tersebut tidak bekerja dengan sempurna atau malah tidak ada kaitannya dengan penyakitnya. Inilah yang disebut efek placebo. Sebaliknya, karena sudah terlebih dahulu mengetahui efek buruk dari obat tertentu, maka seorang paseien merasakan gejala buruk tersebut benar-benar terjadi dalam tubuhnya. Ini yang disebut efek nocebo atau efek negatif.

Dalam banyak hal sugesti yang positif memang berpengaruh besar dalam keberhasilan  penyembuhan penyakit seseorang. Sugesti yang positif yang terbangun dari dalam diri seseorang akan memicu tumbuhnya semangat berlipat untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih sehat. Hanya saja, terkadang seseorang membutuhkan bantuan orang lain untuk dapat menumbuhkan kepercayaan dan menyugesti dirinya bahwa penyakitnya bisa disembuhkan. Dari itulah placebo dibutuhkan.  Banyak kasus terjadi, penyakit yang diderita oleh seseorang dapat disembuhkan hanya dengan sugesti.

Semoga bermanfaat.