Pilih Tempat Atau Kualitas

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Di saat kondisi ekonomi yang tidak kunjung juga membaik, ditambah lagi melambungnya harga-harga kebutuhan bahan pokok, tentu hal tersebut semakin merepotkan masyarakat. Belum lagi banyak perusahaan-perusahaan yang mulai "merumahkan" para karyawannya. Sehingga mengakibatkan pengangguran mulai tumbuh dimana-mana, sementara dapur rumah tangga mesti tetap mengebul setiap harinya.

Dalam kondisi seperti itu, banyak dari mereka dengan modal yang pas-pasan, mulai mencoba untuk berwira usaha. Bidang usaha yang paling favorit menjadi pilihan banyak orang untuk memulai usaha adalah berdagang atau berjualan, khususnya makanan. Bisnis ini memang paling mudah, hanya saja ketika memulai usaha ini haruslah dipikirkan masak-masak, selain persaingannya sudah banyak, lokasi berjualan dan kualitas dari makanan yang dijual juga harus dipikirkan.

Penjualan makanan yang berhasil lebih banyak ditentukan oleh tempat yang strategis, selain tentunya juga mesti ditunjang oleh kualitas makanan yang memenuhi standar dan rasa yang dapat diterima oleh konsumen. Banyak warung makan yang berlokasi tidak strategis tapi tetap saja laku, hal ini bisa terjadi karena warung makan tersebut sudah cukup lama dan memiliki rasa yang di atas rata-rata atau unik, yang diberitakan dari mulut ke mulut.


Bila memiliki kemampuan dan yakin dapat menghasilkan makanan yang memiliki rasa di atas rata-rata atau unik yang akan memuaskan konsumen, sedangkan lokasi yang dipilih untuk memulai usaha kurang strategis, yang perlu dipikirkan adalah strategi pemasarannya. Harus dipertimbangkan bagaimana caranya cerita tentang warung makan atau makanan yang dijual tersebut dapat tersebar dengan cepat di masyarakat. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengundang orang-orang untuk mencoba makanan di warung tersebut pada saat pembukaan. Dengan begitu, apabila makanan yang dijual memuaskan mereka, pastinya orang-orang yang diundang tersebut akan menceritakan kepada kerabat atau teman-temannya.

Biasanya warung makan seperti ini lebih disarankan menyajikan menu masakan tradisional, yang memang dicari orang karena faktor rasa. Kalau usaha warung makan atau makanan tersebut menjual makanan dengan menu yang standar atau jenis makanan modern, sebaiknya lebih memperhatikan lokasi yang strategis, yaitu di tempat yang ramai dan mudah dijangkau kalangan konsumen yang sesuai dengan menu dan harga yang ditawarkan.

Bagaimana, anda tertarik untuk mencobanya ?