Bagaimana Memulai Bisnis Online

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bisnis online atau bisnis lewat internet merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati oleh ibu rumah tangga. Alasannya sederhana karena jenis bisnis ini tidak terikat waktu, dan pastinya bisa dilakukan dari rumah. Jadi selain dapat penghasilan tambahan, para ibu rumah tangga tersebut, tetap dapat mengurus anak dan suaminya di rumah.

gambar : pusatgratis.com
Belakangan ini bisnis online semakin disukai, ada dua kelebihan dari bisnis online ini :
  1. Usaha lewat internet relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis usaha lain. Tidak perlu repot mencari lahan untuk diguakan sebagai toko, karena bisnis ini bisa dilakukan di rumah. Dunia maya adalah tempatnya, dunia maya tidak mempunyai keterbatasan ruang. Dan jangkauan usaha bisa meliputi seluruh belahan dunia.
  2. Modal yang murah, karena yang diperlukan hanya seperangkat komputer dan sambungan internet. Tidak perlu membeli atau menyewa toko dan perlengkapan lainnya. 

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Online. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis online :

1. Menentukan barang yang akan dijual.
Pilihan barang menentukan perkembangan usaha dalam bisnis online. Jenis barang yang akan dijual akan menentukan :
  • Seberapa sering anda memperbaharui informasi situs (update).
  • Calon pelanggan yang dituju.
  • Cara mengirim barang, dan lain-lain.
Sebaiknya, sebagai pemula anda mulai usaha pada satu jenis barang saja. Ini akan lebih memungkinkan anda untuk mengembangkan usaha dan memiliki nilai khas. Selain itu, banyak konsumen yang lebih menyukai memilih situs yang menawarkan barang secara spesifik. Kalau usaha anda sudah mulai mapan dan mempunyai nama dalam bisni online ini, barulah mulai berpikir untuk menjual lebih dari satu jenis barang. Kalau anda sudah punya nama dalam bisnis online ini, tentu anda akan lebih mudah menawarkan barang baru karena sudah dipercaya konsumen. Yang mesti dipertimbangkan bahwa barang-barang tambahan yang akan ditawarkan hendaknya masih berada dalam satu koridor usaha yang sama. Dalam situs yang anda buat, sebaiknya jangan memajang semua produk dalam daftar panjang, tapi buatlah su-sub poin sehingga situs terlihat menarik.

2. Menentukan sasaran pembeli.
Penentuan calon konsumen ini berkaitan dengan barang yang anda jual. Yang harus dipikirkan adalah jangan menargetkan calon konsumen orang yang tidak punya daya beli, misalnya anak-anak atau orang yang tidak terlalu mengerti penggunaan internet. Kenalilah kebutuhan calon konsumen. Tidak terbatas hanya orang kantoran atau tidak, dari kalangan atas, menengah, atau bawah, tapi pahami perilaku calon konsumen produk bisnis online anda. Semakin spesifik calon konsumennya, semakain anada bisa menentukan barang apa yang paling baik ditawarkan kepada mereka dan juga bentuk desain situsnya. Hal ini sangat berpengaruh dan membantu anda dalam memenangkan persaingan dengan pedagang online lainnya.

3. Cari nama yang menarik.
Pilihlah nama yang menarik untuk mewakili usaha anda. Jangan memilih nama yang terlalu panjang dan susah diingat orang. Kalau diperlukan, tambahkan slogan usaha anda. Nama yang menarik akan langsung melekat dalam ingatan orang-orang. 

4. Menentukan cara memesan barang.
Anda harus menentukan bagaimana nantinya cara konsumen memesan barang dagangan anda, apakah melalui telpon, e-mail, sms, atau cara yang lain. Bila anda membatasi waktu pemesanan barang, infomasikan hal tersebut dengan jelas pada situs anda.

5. Menentukan metode pembayaran.
Karena penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, anda harus mengantisipasi terjadinya pemesanan palsu. Anda bisa meminta bayaran penuh di muka, termasuk bila ada ongkos kirimnya. Jangan pernah melanjutkan transaksi ke tahap selanjutnya, apabila pembayaran belum anda terima. Pembayaran bisa dilakukan melalui tranfer bank atau lewat kartu kredit. Saat melakukan pembayaran, minta calon konsumen untuk menyertakan nama dan nomor pemesanan (jika ada). Dengan begitu anda akan tahu, siapa yang sudah dan belum membayar. Dan jangan lupa, beritahu konsumen kalau uang pembayaran sudah anda terima, hal ini untuk menjalin hubungan dengan konsumen, sehingga anda kan memperoleh kepercayaan dari konsumen.

6. Menentukan cara pengiriman barang.
Banyak cara untuk mengantarkan barang yang dipesan. Anda bisa mengantarkan langsung atau menggunakan jasa pengiriman barang. Jajaki kemungkinan kerja sama dengan penyedia jasa pengantaran barang, mereka bisa menawarkan harga khusus kepada anda.

7. Jaga hubungan baik dengan pelanggan.
Dalam setiap kesempatan, tidak ada salahnya anda berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan. Selain untuk menjaga hubungan baik, hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pemesanan barang, atau bisa juga anda manfaat kan untuk memberitahukan produk baru anda. Lakukan hal tersebut dengan ramah sehingga mereka tidak merasa terganggu.

Hal-lain lain yang harus anda perhatikan dalam memulai bisnis online adalah buatlah situs yang anda pergunakan sebagai toko sebaik mungkin. Jangan membuat situs yang terlalu banyak konten sehingga situs anda susah dibukanya. Buatlah yang sederhana tapi tetap menarik. Dan yang penting lagi, karena bisnis online dilakukan di rumah, anda mesti bisa menjaga motivasi anda. Tidak ada hal yang instan, semua butuh proses. Jadi anda pun  juga harus bersabar menantikan situs anda dikunjungi calon konsumen, dan barang dagangan anda laku.

Semoga bermanfaat.