Manfaat Air Cucian Beras (Leri)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sebelum kita menanak nasi, tentu beras yang akan kita masak terlebi dahulu kita cuci. Tahukah anda, bahwa air bekas cucian beras tersebut bermanfaat bagi tubuh kita ? Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti baik di Indonesia maupun di luar negeri, telah membuktikan bahwa air cucian beras (leri) bermanfaat untuk berbagai hal, misalnya untuk kecantikan, kesehatan, dan penyubur tanaman. Air cucian beras memang banyak manfaatnya.

Berikut beberapa manfaat air cucian beras, sebagaimana dilansir oleh situs Boldsky :
a. Membersihkan wajah.
Air cucian beras dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Caranya : celupkan kapas pada air cucian beras lalu tepuk-tepukkan pada daerah wajah. Selain akan terlihat lebih muda dan segar, air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaraan darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit.
b. Menghaluskan kulit.
Selain wajah, leri juga bisa digunakan untuk menghaluskan bagia kulit tubuh yang lain. Caranya : dengan berendam degan menggunakan air cucian beras selama 15 menit. Lakukan secara rutin dua kali sehari, kulit akan menunjukkan perbaikan sampai dengan 20 % setelah beberapa minggu. Kulit tubuh akan terlihat lebih cantik dan bersih. Manfaat lainnya dari mandi atau berendam dengan air beras adalah kulit akan terbebas dari kuman dan noda hitam.
c. Mengontrol minyak berlebih.
Air beras yang mengandung asam amino akan membuat pH di kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit, khususnya kulit wajah. Minyak di bagian wajah memang sering menimbulkan masalah baru seperti jerawat yang membandel. Air beras akan menjadi oil control.
d. Perawatan rambut.
Leri juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut karena di dalamnya terdapat nutrisi yang diperlukan rambut. Kandungan protein dalam beras dapat membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Penggunaannya bisa sebagai shampoo.
e. Penyubur tanaman.
Selain untuk manusia, leri juga bermanfaat untuk tanaman sebagai pupuk cair yang kandungan posfornya bisa memicu pertumbuhan akar. Selain itu kandungan zat besinya untuk membantu pembentukan klorofil tanaman, sehingga menjadi lebih subur. Cara penggunaannya cukup disiram pada media tanahnya, dan hindari penyiraman pada daun karena akan menimbulkan warna kusam dan bercak.

Jadi setelah mengetahui manfaat dari air bekas cucian beras (leri) tersebut, apakah anda akan tetap langsung membuangnya ?

Semoga bermanfaat.