Keunggulan, Kelemahan, Dan Kesalahan Dalam Bisnis Online

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bisnis online dapat diartikan sebagai usaha mencari keuntungan lewat transaksi jual beli barang dan jasa melalui media internet. Jadi, untuk untuk membangun bisnis online, perangkat standar yang harus dimiliki adalah seperangkat komputer, sambungan internet, dan kamera.

Ciri-Ciri Bisnis Online. Bisnis online mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Memanfaatkan jaringan internet sebagai "pasar". Bisnis online juga memanfaatkan teknologi lain sebagai penunjang, misalnya, faksimili, telepon, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan media gambar atau visual untuk memajang barang yang akan dijual. Lewat foto-foto yang dipajang itulah calon pembeli bisa mendapatkan gambaran tentang tentang kondisi barang yang akan dibelinya.
  • Pembayaran umumnya dilakukan melalui transfer bank. Karena penjual dan pembeli tidak bertatap muka secara langsung. Bukti transfer menjadi bukti pembayaran yang sah. 
  • Untuk mengantarkan barang pada pembeli, penjual di bisnis online memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman barang. 

Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Online. Sebagai suatu usaha, bisnis online mempunyai beberapa keunggulan dan juga kelemahan dibanding cara bisnis yang lain. Keunggulan dan kelemahan bisnis online tersebut adalah :

1. Keunggulan Bisnis Online. 
Bisnis online mempunyai keuanggulan sebagai berikut :
  • Tidak terikat waktu dan tempat. Bisnis online adalah bisnis 24 jam. Tokonya tidak pernah tutup, konsumen bisa memilih barang dan belanja selama 24 jam, dengan tanpa harus ditunggui jadi anda bisa melakukan aktifitas lain.
  • Pangsa pasar luas. Media internet dapat diakses dari belahan dunia manapun. Hal ini memungkinkan anda menjangkau target pasar nasional maupun internasional.
  • Media promosi yang efektif. Selain sebagai toko, internet juga menjadi sarana promosi yang efektif. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi atau beriklan untuk mengembangkan bisnis. Cukup memanfaatkan situs jejaring bisbis untuk saling bertukar informasi atau promosi.
  • Modal dan biaya operasional relatif kecil. Setiap bisnis memerlukan modal dan biaya operasional. Di bisnis online biaya dapat ditekan seminimal mungkin. Barang-barang daganganpun bisa disimpan di rumah.
  • Dalam bisnis online, anda sendirilah menjadi pimpinan sekaligus pemilik perusahaan. Tidak terikat kepada siapapun. Anda bisa mengatur jadwal kerja dan menentukan strategi sendiri dalam menjalankan bisnis online.

2. Kelemahan Bisnis Online.
Kelemahan bisnis online adalah sebagai berikut : 
  • Karena terjadi pada dunia maya, bisnis ini sering menjadi sasaran empuk oknum penipu. Salah satunya pembayaran yang macet. Untuk itu pastikan uang harga barang sudah terkirim dan anda terima, sebelum anda mengirimkan barang pesanan.
  • Meski bisa mencakup semua bagian dunia manapun, bisnis ini tetap mempunyai keterbatasan, yaitu hanya bisa menjangkau daerah yang terhubung dengan internet atau daerah yang ada jaringan internetnya.
  • Pembeli toko online termasuk pembeli yang tidak setia. Mereka mudah pindah ke lain hati. Untuk itu buatlah tampilan toko online anda semenarik mungkin, supaya mereka rajin berkunjung kembali. 

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Bisnis Online. Dengan semakin majunya dunia teknologi, peluang-peluang bisnis yang bisa kita lakukanpun semakin lebar. Hanya tinggal bagaimana caranya kita bisa menangkap peleuang tersebut. Salah satu peluang bisnis yang ada berkat kemajuan teknologi adalah bisnis online. Bisnis online sangatlah simpel, karena tidak membutuhkan tempat yang luas, peralatan yang dibutuhkanpun cuma seperangkat komputer, camera, dan sambungan internet. Hanya saja, satu hal yang mesti betul-betul diperhatikan yaitu dapat dipercaya, karena dalam bisnis online modal utamanya adalah kepercayaan. Selain itu, juga sikap kehati-hatian, sebab dalam menjalankan bisnis online, terkadang apa yang dilakukan, tanpa disadari merupakan kesalahan yang mestinya dihindari atau tidak dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang mesti dihindari atau tidak dilakukan dalam bisnis online :
  • Mendesain situs secara berlebihan. Disain yang terlalu berlebihan akan memperlambat fungsi situs. Orang cenderung lebih tertarik dengan situs yang sederhana. Yang perlu diingat, bahwa pengguna internet adalah orang-orang sibuk, yang ingin mendapatkan informasi dengan cepat.
  • Mengisi situs dengan link atau teks yang tidak ada kaitannya dengan usaha. Hal ini akan membuat pengunjung malas untuk berkunjung ke situs anda.
  • Membuat situs yang asal-asalan, tidak terlihat profesional. Di dunia online anda memiliki waktu kurang dari 20 detik untuk meninggalkan kesan pertama dalam pikiran pengunjung, jadi manfaatkan waktu yang sempit itu.
  • Membuat calon pelanggan bingung. Jika terlalu banyak tombol dalam situs, pengunjung hadi bingung. Gunakan saja petunjuk-petunjuk dasar atau sederhana yang memang sudah terbukti efektif membimbing pengunjung.
  • Meletakkan info kontak anda di tempat yang susah ditemukan.
  • Jarang memperbaharui informasi. Ini kesalahan terbesar dalam berbisnis online. Perbaharuilah informasi secara berkala, setidaknya seminggu sekali, mulai dari foto, harga, sampai keterangan lain mengenai barang yang ditawarkan.
  • Menggunakan splash page. Splash page adalah halaman awal berisi logo yang harus diklik agar bisa masuk dalam situs. Halaman ini cukup membingungkan bagi banyak pengguna internet.
  • Mengharuskan pengunjung mengunduh fitur tertentu. Banyak orang menganggap hal ini membuang waktu saja.
  • Mengirim spam. Spam adalah bentuk email yang dikirim ke banyak orang tanpa diminta. Ini mengganggu. Orang akan merasa privasinya dilanggar.
  • Mengganti alamat situs. Menggonta-ganti alamat situs akan membuat anda terlihat tidak konsisten, apalagi tanpa pemberitahuan. Pelanggan jadi harus mencari-cari anda lagi di dunia maya yang sangat luas tersebut.
  • Mencampuradukkan dagangan yang tidak ada hubungannya. Sebaiknya anda tentukan, jenis barang yang akan anda jual melalui bisnis online tersebut.
  • Menciptakan kategori usaha, nama, atau kata kunci yang terlalu umum. Bila ini terjadi, anda bisa kalah dari pengusaha lain. Tapi jangan juga membuat kata kunci yang terlalu spesifik.

Semoga bermanfaat.