Keringat Kuda Nil Dan Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Untuk mempunyai kulit yang halus dan sehat dibutuhkan perawatan. Banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan sehat, dari mengunjungi salon-salon kecantikan kulit, menggunakan cream kulit, hingga mengkonsumsi vitamin untuk kulit. Dari banyaknya cara perawatan kulit tersebut, anda bisa mencoba produk perawatan kulit yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari keringat kuda nil atau minyak zaitun.

1. Keringat Kuda Nil.

Kuda Nil atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Hippopotamus merupakan binatang omnifora yang dikenal dengan kulitnya yang tebal dan tahan terhadap sinar matahari. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, keringat kuda nil ternyata penuh dengan struktur mikroskopis yang dapat memecah molekul cahaya. Kondisi ini mendorong beberapa ahli untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap keringat kuda nil tersebut. Hasilnya adalah bahwa keringat kuda nil juga berfungsi sebagai tabur surya. Itulah sebabnya kenapa kuda nil sangat tahan terhadap sinar matahari. Di dalam kandungan keringat kuda nil terdapat komposisi kimia yang dapat dijadikan antiseptik yang berfungsi sebagai sun block untuk kecantikan kulit dan wajah. Demikian itu hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Profesor Wayne Boardman, seorang ilmuwan dari Zoological Society of London bersama dengan tim ilmuwan dari Kyoto Pharmaceutical University.
Produk perawatan kulit alami ini tidak hanya melindungi kuda nil dari sinar matahari, tapi juga mengatur suhu tubuhnya dan menekan pertumbuhan bakteri. Itulah sebabnya, kandungan kelenjar keringat kuda nil mengandung dua macam pigmen, yaitu : merah, yang disebut hipposudoric acid, dan jingga, yang disebut norhipposudoric acid. Kedua zat ini terbentuk karena metabolisme asam amino.
Dari hasil penelitian ini, para ilmuwan tengah mengembangkan formula untuk menjadikan kandungan keringat kuda nil untuk bisa digunakan sebagai bahan dasar kecantikan, khususnya sun block secara simpel dan efisien terhadap kulit manusia sekaligus sebagai antiseptik.
Diharapkan ke depannya, dunia kosmetik (kecantikan dan perawatan kulit) bisa menggunakan formula dari keringat kuda nil sebagai pengganti bahan-bahan kimia yang cenderung menyebabkan iritasi pada permukaan kulit bagi mereka yang sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu.

2. Minyak Zaitun.

Khasiat minyak zaitun sudah dikenal orang sejak jaman dahulu kala. Pada jaman Mesir kuno maupun jaman Yunani Kuno, minyak zaitun sudah digunakan untuk perawatan kulit, khususnya oleh putri-putri kerajaan. Minyak zaitun yang diolah dari ekstrak buah zaitun, berdasarkan hasil riset mengandung senyawa seperti fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan squalene yang berperan penting bagi kesehatan manusia. Minyak zaitun juga mengandung triasilgliserol yang sebagian besar berupa asam lemak tak jenuh tunggal jenis asam oleat (omega-9). Sedangkan manfaat minyak zaitun bagi tubuh manusia, diantaranya adalah :

1. Menetralisir wajah berminyak, cara penggunaannya :
  • Ambil sedikit bubuk cendana dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Campur secara merata dan oleskan pada masker wajah.
  • Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
Ramuan ini sangat baik digunakan untuk wajah dengan jenis kulit berminyak.

2. Menghilangkan Flek Hitam di wajah, cara penggunaannya :
  • Oleskan minyak zaitun pada kulit wajah yang ada flek hitamnya.
  • Biarkan selama 5 menit, kemudian uapkan.
Cara ini akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan kulit secara alami. Hal ini juga efektif untuk menghilangkan flek karena matahari yang terdapat pada kulit wajah.

3. Perawatan Rambut, cara penggunaannya :
  • Campur minyak zaitun dan madu, dengan perbandingan 1 : 1.
  • Oleskan secara merata dari akar hingga ke ujung rambut.
  • Gulung dan tutup rambut dengan kain handuk atau shower cap.
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air.

Selain manfaat tersebut di atas, minyak zaitun juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Minyak zaitun telah terbukti dapat memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah,  dan mengatur kolesterol dengan cara menekan kolesterol jahat dan mempertahankan kolesterol baik, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah stroke. Cara penggunaannya adalah dengan jalan mengkonsumsi minyak zaitun dua sendok makan setiap hari.



Semoga bermanfaat.