Cara Menjawab Soal Waktu Ulangan Umum

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Belajar merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan umum. Tapi persiapan fisik dan mental tidak kalah pentingnya dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan umum. Terkadang anak sudah belajar cukup, tapi kondisi fisik dan mental yang kurang siap menyebabkan hasil yang dicapainya tidak maksimal.

Berikut beberapa cara dalam menjawab soal dalam ulangan umum :
  • Selalu baca petunjuk menjawab soal dengan teliti. Kalau tidak mengerti langsung acungkan jari dan bertanyalah pada bapak atau ibu guru pengawas.
  • Selalu baca semua soal sebelum mulai menjawab. Perhatikan bagian demi bagian. Nanti akan kelihatan mana yang sulit dan mana yang gampang.
  • Selalu jawab pertanyaan yang palingmudah terlebih dahulu. Lalu teruskan dengan jawaban yang paling tinggi nilainya. Biasanya ini soal cerita atau soal hitungan yang panjang.
  • Terus bekerja. jangan berhenti di satu pertanyaan yang sulit. Kalau belum bisa dijawab saat itu, segera pindah ke soal yang lain.
  • Untuk soal cerita atau yang perlu penjelasan panjang, kalau kalian lupa jawaban lengkapnya, cobalah untuk menjawab sebisanya. Jangan biarkan satu soal kosong tak terjawab.
  • Sulit menebak jawaban pilihan ganda A, B, C, atau D. Coba temukan jawaban yang sudah pasti salah terlebih dahulu. Setelah itu, tentukan pilihan mana yang paling sesuai dengan perkiraanmu.
  • Khusus untuk soal cerita atau penjelasan panjang, buat dulu urutan jawabannya, baru dikembangkan.
  • Usahakan tulisan rapi, tidak banyak coretan. Jangan sampai bapak atau ibu guru kesulitan membaca jawabanmu. Hal itu bisa mengurangi nilaimu.
  • Jangan membuang waktu dengan menulis ulang pertanyaan soal.
  • Selalu periksa lagi jawabanmu sebelum diserahkan pada guru. Jangan sampai lupa tulis nama, angka, kurang huruf, dan lain-lain.
  • Dan yang tidak kalah penting, berdoalah terlebih dahulu sebelum menjawab soal-soal ulangan umum.

Cara Mudah Menangkap Materi Pelajaran. Untuk mendapatkan nilai yang baik tentunya butuh perjuangan yang besar. Keyakinan besar terhadap kemampuan dan usaha yang kuat menjadi dasar untuk dapat meraihnya. Dalam proses belajar banyak cara yang dapat dilakukan, memang cara menangkap materi pelajaran pada setiap anak berbeda-beda, begitupun juga daya pemahamannya. Dalam hal ini dapat menggunakan cara sesuai dengan kemampuan agar mudah menangkap materi saat pelajaran dan mengaplikasikannya.

Meskipun bertumpu pada hasil, tapi proses ada baiknya tetap dipertimbangkan. Artinya bahwa proses itu yang akan menentukan hasil akhir yang diinginkan, jika prosesnya baik maka hasilnya juga baik. Begitu pula sebaliknya. Dengan ini diharapkan akan mengerti benar mana proses yang baik dan mana proses yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Dengan hati yang ikhlas dan istirahat yang cukup, merupakan solusi yang dapat dilakukan agar mudah menangkap materi saat pelajaran berlangsung. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memudahkan anda dalam menangkap materi saat pelajaran berlangsung :
  • Bangunlah suasana belajar yang nyaman dan fokuskan pikiran kepada satu hal, yakni pada tujuan pemahaman dan pembelajaran.
  • Sukai gurunya. Terkadang sebuah materi pelajaran menjadi sulit masuk karena diawali dengan perasaan tidak senang terhadap pengajar atauguru yang menyampaikan materi tersebut. Dan biasanya jika gurunya bisa disukai, maka materi-materi yang disampaikan akan lebih mudah dan nyaman untuk diterima.
  • Membaca, meringkas, dan menghafal materi yang dibaca merupakan kunci agar mudah memahami pelajaran.
  • Catatlah hal-hal penting atau mengambil kesimpulan dari apa yang diterangkan guru selengkap mungkin, kemudian pelajari kembali di rumah.
  • Jangan malu untuk bertanya pada saat diterangkan.
  • Belajar kelompok dapat menjadi alternatif yang dapat dilakukan.

Dan yang tidak kalah penting dari hal-hal tersebut di atas adalah niat dan kesungguhan untuk belajar, serta jangan lupa berdoa kepada Allah swt.

Mengatasi Gangguan Pemusatan Perhatian. Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua kegiatan memang membutuhkan konsentrasi. Masalah gangguan pemusatan perhatian atau dapat disebut gangguan konsentrasi sebenarnya dialami banyak orang. Pada umumnya pikiran mereka berpindah pindah dari pikiran yang satu ke pikiran yang lain tanpa ada yang menetap. Selain itu mereka juga memikirkan beberapa masalah dan melakukan kegiatan pada satu waktu yang bersamaan sehingga tidak fokus.

Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian, pikiran, jiwa, dan fisik pada sesuatu. Dengan konsentrasi kita dapat melakukan kegiatan dan mengerjakannya lebih cepat, apabila kita mengalami kesulitan dalam melakukan konsentrasi maka biasanya kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan itu secara maksimal dan tentu saja apa yang dikerjakan akan semakin membutuhkan waktu yang lama. Apabila anda gemar melamun, pikiran melayang tidak tentu arah, saat membaca sulit menangkap isi materinya dan selalu mengulang-ulang untuk dapat mengerti pokok materinya, keadaan ini dapat dikategorikan bahwa anda mengalami gangguan pemusatan perhatian atau dapat disebut sebagai gangguan konsentrasi. Konsentrasi itu sangat penting dilakukan, diupayakan, dan perlu dilatih, oleh karenanya sebisa mungkin anda harus bisa mengarahkan pada suatu titik dalam suatu kegiatan agar pikiran anda makin hari makin kuat, dengan demikian apa yang dilakukan dengan mudah dapat diselesaikan.

Konsentrasi merupakan suatu hal yang sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, dengan doa dan usaha yang kuat dan melatihnya secara kontinue semua orang pasti bisa melakukannya. Agar dapat melakukan konsentrasi dengan baik, yang mesti anda lakukan :
  1. Harus memiliki niat. Niat adalah hal yang penting, jika niat sudah tercipta maka anda pasti dapat melakukan konsentrasi dengan baik.
  2. Menumbuhkan kemampuan untuk mengendalikan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Anda harus mempunyai kekuatan besar untuk mengendalikan diri.

Dengan berlatih seperti membaca berulang-ulang dan meringkas materi apa yang dibaca dengan berbagai macam metode sesuai yang anda kuasai, maka yakinlah bahwa anda akan mampu melakukan konsentrasi dengan baik. Dalam hal ini jangan pernah sekalipun menyerah pada pikiran untuk tidak konsentrasi. Melatih konsentrasi memang cukup berat dilakukan dan memerlukan kesabaran, karena melatih konsentrasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi dengan keyakinan, pasti anda dapat melakukannya dan keluar dari gangguan konsentrasi.

Semoga bermanfaat.