Angin Pantai Untuk Penyembuhan Asma

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Asma disebabkan karena adanya gejala sesak nafas atau batuk yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan. Ketika otot mengejang, saluran udara mengecil dan menghalangi pernafasan. Apabila ini terjadi, paru-paru akan kekurangan udara. Hal ini yang biasanya terjadi pada awal asma.

gambar : bersatulah.com
Penyakit asma paling banyak terjadi pada anak-anak dan berpotensi mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Sangat banyak kasus penyakit asma di masyarakat yang tidak terdiagnosis, sehingga hal tersebut menyebabkan penderita tidak memperoleh pengobatan dengan baik.

Dari riset yang dilakukan oleh Dr. Ben Wheeler dan Dr. Mathew Uppon, peneliti dari Peninsula College of Medicine and Dentistry di Exeter, Inggris, menemukan bahwa kehidupan di pinggir laut membuat kesehatan lebih baik, terutama bagi penderita asma. Udara yang lepas dari laut yang belum tercemar polutan darat berdampak sangat bagus, mampu mendorong dan menghilangkan lendir-lendir yang menyumbat saluran pernafasan atau tenggorokan. Jika proses terapi ini dilakukan setiap hari maka perlahan-lahan penyempitan pada saluran pernafasan akan mengalami perkembangan yang berarti (kembali menjadi normal).

Karena itulah banyak ahli sependapat bahwa angin pantai mempunyai potensi sebagai terapi penyembuhan bagi penderita asma, dengan menghilangkan lendir-lendir yang menyumbat di saluran pernafasan secara bertahap. Terapi asma dengan udara pantai merupakan pengobatan sederhana yang sangat bermanfaat bagi paru-paru dan pernafasan. Saat berada di pantai, semuanya terasa lega dan tenang.

Bagi penderita asma, terapi angin pantai bisa dilakukan dengan cara :
  • Biasakan untuk mengunjungi pantai pada pagi hari, berjalan-jalanlah di sekitar pantai dan hiruplah segarnya udara pantai. Lakukan hal tersebut sampai matahari terbit dan menyinari tubuh. Sinar mataharipun menjadi salah satu hal yang membantu terapi asma dengan angin pantai ini. Bila terapi ini dilakukan setiap hari, maka penderita asma akan mengalami kemajuan yang signifikan. Pengaruh yang dihasilkan terapi ini terbukti lebih baik daripada melakukan pengobatan secara medis.

Manfaat lain dari jalan-jalan pagi di pantai tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, karena atot-otot tubuh terbiasa bergerak. Kepenatan pikiranpun juga akan berkurang karena pasokan oksigen dari udara pagi dalam otak akan tercukupi. Selain udara pagi di pantai yang segar, air laut waktu pagi pun dipercaya orang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Makanya sering kali dapat dilihat di saat pagi hari banyak orang tua yang memandikan anaknya dengan air laut.

Semoga bermanfaat.