Sukses Lewat Bisnis Online

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bagaikan jamur di musim hujan, bisnis online dewasa ini berkembang dengan pesatnya, baik yang berskala kecil maupun besar. Perkembangan bisnis online tidak terlepas dari kemajuan teknologi dan pola hidup masyarakat. Jaringan internet yang hampir dapat ditemui di semua tempat, dari perkotaan hingga pelosok pelosok daerah, telah benar-benar memangkas jarak dan membuka lebar dunia informasi. Ditambah lagi, pola hidup masyarakat perkotaan yang cenderung konsumtif, benar-benar telah membuat bisnis online tumbuh dan berkembang dengan pesatnya.

gambar : uangteman.com
Kemudahan akan informasi dan pola hidup masyarakat yang konsumtif itulah yang ditangkap oleh sebagian orang dan bahkan korporasi untuk menekuni bisnis online. Apalagi untuk memulai bisnis online, tidak memerlukan tempat khusus, bisa dilakukan di rumah bahkan di dalam kamar tidur, dan juga tidak dibutuhkan biaya yang besar untuk memulai bisnis online, cukup menyediakan seperangkat komputer atau laptop atau bahkan cukup dengan smartphone yang sudah dilengkapi dengan kamera, serta sambungan internet. Kita tinggal memikirkan barang apa yang harus dijual lewat online.

Bisnis online sebenarnya merupakan saluran komunikasi dan pemasaran melalui internet yang tetap harus menjual manfaat barang atau jasa yang nyata dengan kesepakatan untuk menyampaikan dan menerima barang atau jasa tersebut.

Perlu dipahami juga bahwa kegiatan jual beli yang tidak memberikan manfaat bagi orang lain dan dilakukan secara online, seperti permainan jual beli valuta asing atau saham dan sejenisnya bukan termasuk kegiatan bisnis online yang dianjurkan.

Bisnis online sebaiknya dijalankan untuk memberikan manfaat nyata bagi konsumen dengan memperhatikan empat aspek, yaitu :
  1. Carilah kelompok calon konsumen utama yang memiliki kebiasaan online dan memiliki daya beli cukup.
  2. Temukan produk atau jasa yang mereka sukai atau butuhkan yang dapat dibeli secara online. Lebih baik lagi kalau anda mempunyai kemampuan serta hobi dalam menghadirkan produk dan jasa tersebut.
  3. Tentukan kategori barang dan jasa yang dijual agar mudah dicari. Kategori barang yang dijual jangan terlalu luas, tapi juga jangan terlalu sempit cakupannya dan hadirkan keunikan dalam tampilan halaman.
  4. Lakukan kegiatan komunikasi agar situs dan kategori produk dan jasa yang anda tawarkan dikenal oleh calon konsumen. 
Bisnis atau pekerjaan yang menjanjikan adalah yang ditekuni dengan selalu mengikuti perkembangan, Jadikan sebagai sarana belajar lebih banyak sebelum memutuskan menjalani bisnis itu sendiri.

Meraih Sukses Lewat Bisnis Online. Ada banyak pilihan untuk memulai usaha. Kita mesti pintar memilih usaha apa yang akan kita jalani dan bagaimana kemampuan kita dalam usaha tersebut. Selain itu, juga diperlukan keuletan untuk menjalani usaha yang akan kita pilih. Oleh karena itu, yang paling mudah dan relatif aman adalah memulai usaha dalam bidang yang berkaitan dengan hobi kita. Jika mempunyai hobi, duduk berlama-lama di depan komputer dan suka browsing internet, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis online.

Modal seperangkat komputer dan sambungan internet sudah ada, tinggal memikirkan apa yang mesti dijual lewat online. Ada beberapa langkah mudah melakukan usaha lewat internet (bisnis online),  di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Awali dengan hobi. Jenis usaha yang berasal dari hobi pasti terasa lebih mudah dilakukan. Dan yang pasti anda tidak perlu membuag waktu untuk mempelajarinya, anda hanya butuh mendalami, mengembangkan, atau mengenal tren terbaru dalam kaitannya dengan hobi itu.
  • Jika anda telah memutuskan untuk terjun dalam bisnis online, anda harum memperdalam pengetahuan anda tentang internet secara keseluruhan. Banyak memca dan cari informasi dari manapun tentang segala hal tentang internet, situs yang menyediakan layanan, serta tentang bisnis online yang akan anda terjuni.
  • Ada banyak sekali komunitas dunia maya. Sering-seringlah anda mengunjungi komunitas semacam ini, terutama komunitas yang cocok dengan jenis usaha anda. Semakin banyak yang mengenal usaha anda, semakin besar pula kemungkinan anda mendapatkan pembeli.
  • Sangatlah penting untuk memperbaharui (update) situs. Secara berkala anda mesti memperbaharui situs anda, bisa satu minggu sekali, tapi jamham lebih dari dua minggu sekali. Jika anda terlalu lama memperbaharui situs anda, calon konsumen bisa jadi tidak tertarik kembali mengunjungi situs anda, karena tidak adanya informasi baru yang anda tawarkan. Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran, dan pengantaran barang mesti diinformasikan dalam situs.
  • Tidak masalah memulai usaha dengan barang yang tidak terlalu banyak, tapi pastikan bahwa bahwa jumlah barang cukup, setidaknya untuk 8 - 10 kali update. Tampilkan barang secara bertahap. Cicillah foto barang-barang yang anda akan tawarkan sedikit demi sedikit, di wakt senggang, carilah produk atau kreasi baru.
  • Oleh karena pembeli tidak bisa melihat secara langsung barang yang anda tawarkan, siasatilah hal ini dangan menampilkan foto-foto barang yang anda tawarkan. Ambillah foto dari beberapa sisi, sehingga konsumen bisa memastikan kondisi barang yang anda tawarkan, dan tidak merasa tertipu.
  • Tidak ada masalah berjualan barang yang sama dengan orang lain, tapi anda mesti memiliki nilai plus dibandingkan penjual lain. Pelayanan yang memuaskan adalah cara mudah untuk menjadikan "toko" anda mempunyai nilai plus.

Semoga bermanfaat.