Peluang Kerja Di Usia 40 Tahun +

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Banyak orang yang sebelumnya bekerja kantoran, lalu berhenti karena berbagai alasan. Di saat ingin kembali bekerja lagi, kemungkinannya usia sudah memasuki angka 40 tahunan. Tak dapat dipungkiri, di Indonesia seseorang berusia 40 tahun lebih sangatlah sulit mencari pekerjaan. Biasanya perusahaan mensyaratkan perekrutan pegawai baru maksimal berusia 30 - 35 tahun.  Pada umumnya memang perusahaan lebih menyukai mempekerjakan generasi muda. Usia di atas 35 tahun menurut anggapan mereka, telah mulai mengalami penurunan kinerja. Karyawan di usia tersebut dianggap akan sulit mempelajari hal baru serta sulit pula mengikuti norma dan budaya perusahaan baru.

gambar : learninghc.com
Tapi buat anda, para pencari kerja yang berusia 40 tahun lebih, tidak perlu berkecil hati. Masih banyak bidang pekerjaan yang memberikan anda peluang untuk bekerja, diantaranya :
  • Penulis. Menjadi penulis tidak memiliki batas usia. Siapapun bisa menjadi penulis, termasuk anak kecil dan orang yang sudah tua.
  • Pengajar. Umumnya, tidak ada batasan usia untuk menjadi pengajar. Lagi pula anda relatif bisa mengatur waktu anda dan keluarga, karena waktu mengajar yang terjadwal. Profesi mengajar bisa berupa guru, dosen, ataupun guru les ketrampilan, musik, dan lain sebagainya.
  • Penerjemah. Anda harus memiliki kemampuan berbahasa yang andal. Pekerjaan ini bisa anda lakukan di kantor maupun di rumah.
  • Pemandu wisata. Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang pemandu wisata adalah wawasan luas dan kemampuan berbahasa. Anda berkesempatan besar mencoba pekerjaan ini.
  • Agen asuransi. Syarat utama untuk menjadi agen asuransi adalah kemauan dan jejaring yang luas. Tentu dalam hal ini usia tidak mempengaruhi. Di lapangan, banyak agen asuransi yang usianya di atas 40 tahun.
  • Staf pemasaran. Profesi in membutuhkan kemampuan berkomunikasi dan persuasi yang baik. Hanya orang yang memiliki kepribadian matanglah yang bisa melakukan hal ini.

Selain profesi di atas, pilihlah pekerjaan yang dapat anda ambil adalah membuka usaha sendiri. Meski tujuannya sama, yaitu untuk memperoleh pemasukan, wiraswasta jelas beda dengan kerja kantoran. Tidak ada jenjang karier seperti di perusahaan. Pilihan ada di tangan anda. 

Percayalah, peluang pasti terbuka selama anda mau bekerja keras dan tentunya disertai dengan doa.