Misteri Gunung Merapi (Pasar Bubrah)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sejak jaman dahulu, misteri gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta - Jawa Tengah ini memang menarik perhatian dan sering dibicarakan masyarakat. Misteri ini tidak lepas dari segala hal gaib yang terkadang menjadi ciri khas dari gunung ini.

Gunung Merapi sendiri adalah salah satu gunung vulkanik teraktif di Indonesia. Karena menurut para ahli vulkanologi, gunung Merapi sering mengalami peningkatan aktivitas dan erupsi setiap sekitar 2 - 5 tahun sekali. Padahal di sekitar lereng gunung Merapi ini banyak desa (pemukiman penduduk) yang cukup padat.

Terdapat beberapa cerita menarik seputar misteri gunung Merapi dan letusannya yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Misteri gunung Merapi tdak bisa lepas dari kepercayaan banyak orang bahwa di gunung  Merapi hidup berbagai mahkluk halus yang sekaligus menjadi penguasanya. Menurut penduduk setempat, ada beberapa jin yang berkuasa di gunung Merapi, mereka adalah :
  • Eyang Merapi, adalah raja dari para mahkluk halus di gunung Merapi.
  • Eyang Sapu Jagad, adalah jin penguasa Merapi yang menentukan apakah gunung akan meletus atau tidak. 
  • Eyang Megantara, adalah jin yang dipercaya sebagai pengendali cuaca di sekitar Merapi.
  • Nyi Gadung Melati, adalah jin yang dipercaya sebagai pemimpin para mahkluk halus wanita dan bertugas untuk menjaga kesuburan tanaman di wilayah sekitar gunung Merapi.
  • Eyang Antaboga, adalah jin yang dipercaya sebagai penjaga keseimbangan gunung Merapi di permukaan bumi.
  • Mbah Petruk, adalah jin yang dipercaya untuk memberi tanda tentang kapan Merapi akan meletus.
  • Kyai Sapu Angin, adalah jin yang dipercaya untuk mengatur arah angin di sekitar Merapi.
  • Kyai Wola Wali, adalah jin yang dipercaya untuk menjaga teras keraton Merapi.
  • Kartadimejo, adalah jin yang dipercaya sebagai komandan pasukan mahkluk halus yang juga bertugas menjaga ternak dan semua hewan di gunung Merapi. Mahkluk halus yang satu ini sagat akrab di telinga penduduk sekitar Merapi, karena jin ini sering mendatangi penduduk.

Cerita gaib lainnya yang cukup membuat merinding adalah adanya pasar mahkluk halus, yang dikenal oleh penduduk setempat dengan nama pasar Bubrah. Ini juga merupakan misteri gunung Merapi yang cukup dikenal masyarakat luas. Menurut cerita almarhum Mbah Marijan, juru kunci Merapi, setiap malam Jumat akan ada pasar Bubrah yang merupakan pasar para mahkluk halus. Menurutnya ada beberapa pendaki gunung Merapi yang sudah membuktikan kebenaran mitos pasar Bubrah ini. Masih menurut almarhum Mbah Marijan dan beberapa oarang yang pernah merasakan keberadaan pasar Bubrah ini, setiap malam Jumat akan terdengar kegaduhan mirip pasar seperti biasanya. Suara alunan gamelan dan gending Jawa akan terdengar, lalu disusul dengan keriuhan pasar.

Seperti daerah-daerah angker lainnya, gunung Merapi terkadang meminta tumbal. Misteri gunung Merapi ini memang sulit dipercaya bagi orang di luar kawasan Merapi. Namun realitasnya, beberapa pendaki menjadi korban di gunung Merapi. Penduduk setempat percaya bahwa itu merupakan tanda bahwa penguasa Merapi sedang menginginkan tumbal. Penduduk setempat juga mempercayai bahwa tumbal yang akan diambil oleh penguasa Merapi adalah orang yang bertabiat buruk, baik dari segi moral ataupun orang yang telah membuatnya marah. (dari buku Hikayat Bumi Jawa, Agustina Soebachman)

Semoga bermanfaat.