Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Setelah dalam satu pekan masing-masing anggota keluarga disibukkan dengan urusan dan kegiatannya masing-masing, akhir pekan merupakan saat yang paling dinantikan, saat yang paling menyenangkan. Karena akhir pekan adalah saat kita bisa bersantai, dan berkumpul dengan keluarga. 

gambar : ayobuka.com
Agar akhir pekan anda bersama keluarga berkesan, perlu diadakan persiapan yang matang. Aturlah kegiatan akhir pekan dengan sebaik-baiknya, sehingga tercipta liburan akhir pekan yang menyenangkan dan berkualitas. Berikut ini tips merencanakan liburan akhir pekan bagi keluarga :
  • Ketahuilah terlebih dahulu kondisi keuangan keluarga. Karena ada kegiatan-kegiatan yang memerlukan biaya dan ada kegiatan yang tidak memerlukan biaya. Setelah itu anda dan keluarga bisa mulai mencari pilihan berakhir pekan yang sesuai.
  • Melibatkan anak-anak dalam merencanakan liburan membuat mereka benar-benar merasa dihargai. Akhir pekan merupakan momen yang mereka tunggu. Sehingga anda bisa membuat komitmen bersama, hal-hal mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  • Pilihlah aktivitas yang ringan dan menyegarkan pikiran. Anda sekeluarga bisa sekedar jalan-jalan ke tempat rekreasi atau ke gedung bioskop.
  • Sedapat mungkin isilah liburan dengan wisata yang juga mengandung nilai pendidikan. Banyak wahana wisata yang mempunyai nilai edukatif.
  • Lakukanlah survey kecil-kecilan mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi. Sekarang informasi mengenai tempat wisata semakin mudah ditemui di internet.
  • Jika harus menggunakan jasa biro perjalanan untuk berakhir pekan, pilihlah biro perjalanan yang sudah dikenal bagus pelayanannya.
  • Bila sudah mengetahui di mana akan berakhir pekan, tentukanlah sarana transportasinya, misalkan menggunakan sepeda motor, bus, atau yang lainnya. Transportasi yang dipilih sebaiknya memiliki fasilitas keamanan yang memadai.
  • Persiapkan segala kebutuhan anak selama anda dan keluarga menikmati liburan akhir pekan. Dengan demikian, anak akan merasa nyaman dan menikmati perjalanan. 
  • Anda sebaiknya tidak membawa pekerjaan kantor selama berakhir pekan dengan keluarga.
  • Liburan adalah saat-saat yang menyenangkan. Jangan terlalu mengutamakan kesempurnaan dalam segala hal saat berlibur, termasuk dalam soal ketepatan waktu. Biarkan anak dengan bebas melakukan aktivitasnya selama masih dalam batas kewajaran.
  • Liburan akhir pekan sering kali membuat kita terlena. Jadi anda harus mengelola waktu liburan tersebut seefisien mungkin. Jangan terlalu lelah dan menghabiskan waktu sampai larut di hari Minggu. Ingatlah, esok harinya anda dan keluarga harus kembali beraktivitas seperti semula, ke kantor dan sekolah. 

Mengisi waktu libur dengan hanya berkumpul dan beristirahat di rumah mungkin akan terasa membosankan. Sementara berlibur ke luar kota, selain membutuhkan waktu yang lama juga dana yang tidak sedikit. Lantas bagaimana kita dapat menciptakan suasana akhir pekan yang berkesan bersama keluarga ?

Berikut ini alternatif berakhir pekan dengan keluarga yang bisa dipilih : 

  1. Tamasya di taman kota. Bertamasya bersama keluarga bisa dilakukan di taman kota. Bawa bekal makanan yang telah dipersiapkan sebelumnya di rumah. Jika tidak mau membawa makanan yang terlalu berat, bisa juga mempertimbangkan untuk membawa camilan. Untuk mengisi kegiatan, anda bisa membuat permainan yang diikuti anda sekuluarga. Pasti akan banyak tawa, anakpun akan menikmati bermain bersama orang tuanya. 
  2. Kebersamaan di taman bermain. Pilihan untuk menikmati kebersamaan di taman bermain nampaknya cocok untuk anda yang memiliki buah hati berumur antara 3 hingga 8 tahun. Anak-anak sumuran itu biasanya sangat menyukai aktivitas bermain di taman bermain, karena banyaknya jenis permainan. Sebisa mungkin anda ikut larut dalam kegembiraan mereka., tidak hanya menonton, namun juga mendampingi serta turut bermain. 
  3. Menikmati udara segar di pagi hari. Menikmati segarnya udara pagi, serta menkmati kebersamaan tak hanya bisa dilakukan di taman kota. Hal ini juga bisa anda sekeluarga lakukan di kolam renang, sambil menungguin anak-anak anda berenang, anda bisa bersantai di pinggir kolam renang. Suasana kebersamaan ini tentu bisa mempererat kedekatan anda sekeluarga. 
  4. Berkunjung ke kerabat dekat. Hari libur adalah kesempatan yang paling tepat untuk bertemu dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama mereka, meskipun hanya sekedar berbincang-bincang ringan. Hal ini akan mempererat tali persaudaraan, sekaligus juga menyenangkan . 

Untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, tanyakan pada anak-anak anda tentang hal-hal yang mereka ingin lakukan. Yang pasti, sesibuk apapun anda, luangkan waktu di akhir pekan untuk keluarga tercinta.

Semoga bermanfaat.