Cemburu Boleh Saja, Asalkan...

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dalam hubungan rumah tangga selalu ada pasang surutnya. Permasalahan pasti akan silih berganti menghampiri. Salah satu masalah dalam hubungan rumah tangga yang sering terjadi adalah rasa cemburu salah satu pihak terhadap pasangannya. Cemburu bisa terjadi karena banyak sebab, di antaranya karena tidak ada keterbukaan antara masing-masing pasangan. Bisa juga, cemburu terjadi karena salah satu pihak begitu mencintai pasangannya.

gambar : rhya.co
Cemburu merupakan bumbu kehidupan rumah tangga dan bukti cinta seseorang pada pasangannya. Kecemburuan dalam ikatan pernikahan adalah hal wajar. Rasa cemburu itu muncul saat salah satu dari pasangan merasa tidak nyaman dan diabaikan. Sesekali cemburu boleh saja, asalkan tahu batasannya. Jangan biarkan rasa cemburu berkembang, karena pikiran anda akan selalu dihantui dengan tuduhan bahwa pasangan tidak setia.

Bagaimana cara menghadapi rasa cemburu pada pasangan anda ? Berikut  ini adalah kiat-kiatnya :
  • Jangan cemburu pada teman-teman sekolah pasangan anda. Dukung kedekatan pasangan anda dengan mereka.
  • Jangan cemburu pada kenalan atau koleganya. 
  • Jangan putus hubungan dengan teman-teman anda, meski anda telah menikah. Jangan pula berharap pasangan anda memutus hubungan persahabatan dengan teman-temannya.
  • Jangan menyulut api cemburu pasangan anda dengan cara menggoda orang lain. Anda mungkin berhasil membuatnya cemburu, tetapi waspadalah karena tindakan itu seperti membangunkan macan tidur.
  • Jangan mencoba untuk membatasi dan melarang kesenangan atau hobi pasangan anda. Jangan pula merasa cemburu, apabila pasangan anda tidak selalu menyertakan anda dalam hobinya.
  • Jangan cemburu dengan pekerjaan pasangan anda. Percayalah bahwa dedikasi pasangan anda pada pekerjaan sesungguhnya demi kebahagiaan keluarga anda.. Jangan berpikiran negatif bila pasangan anda harus bertugas ke luar kota.
  • Jangan marah dulu, bila anda memergoki pasangan anda, sengaja atau tidak, sedang menggoda atau digoda oleh orang lain. Hadapi situasi ini dengan kepala dingin dan tidak emosi. Bicarakan baik-baik hal tersebut dengan pasangan anda.
  • Jangan cemburu berlebihan dan tanpa alasan. Sama saja anda tidak menghargai pasangan anda dan malah mendatangkan kerugian bagi anda. Jika pasangan anda mulai terganggu dengan sikap anda itu, ia akan protes dan menganggap anda mengada-ada. Cemberut karena cemburu menguras energi dan bisa membuat wajah anda terlihat lebih tua daripada usia sesungguhnya.  

Rasa cemburu boleh saja, tapi cemburu buta cemburu yang tidak ada dasarnya malah akan merugikan hubungan kedua belah pihak dalam berumah tangga. Saling terbuka dan saling percaya, adalah kunci ampuh untuk memangkas rasa cemburu yang membakar hati kita.

Semoga bermanfaat.