Agar Si Kecil Nyaman Belajar Dan Bermain

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Mempunyai ruangan sendiri untuk bermain dan belajar pasti akan menyenangkan buat anak. Hanya saja untuk mewujudkan hal tersebut tentunya membutuhkan rumah yang besar di atas lahan yang cukup luas.
Bagaimana kalau rumah kita mempunyai luas dan ruangan yang terbatas ? Memang, tidak semua orang bisa mempunyai ruang khusus sebagai tempat bermain anak. Tapi jangan kuatir, hal tersebut dapat disiasati. Anda tetap bisa memberikan servis lebih pada anak dengan memaksimalkan tempat tidurnya.

Selain sebagai sarana pelepas lelah, kamar tidur anak dapat dimanfaatkan sebagai  tempat belajar sekaligus bermain. Ada satu hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam merancang kamar anak. Libatkanlah anak anda. Misalkan dalam pemilihan warna, furniture, dan benda-benda penunjang lainnya. Dengan begitu biasanya keterikatan si anak pada kamar akan lebih terasa. Anakpun akanlebih betah dan nyaman berada di ruang pribadinya tersebut. Tugas anda sebagai orang tua hanya tinggal membantu memperhatikan dan mengontrol kebersihan dan kerapian kamarnya.

Umumnya, anak-anak ingin menjejalkan apa saja ke dalam kamar. Apalagi kalau area bermain dan belajar disatukan dengan kamar tidur. Anda bisa berkompromi dengan memberikan alternatif bongkar pasang barang di dalam kamar anak tersebut. Yang perlu diingat, bahwa elemen utama kamar tidur adalah rasa nyamannya si anak saat beristirahat. Jadi jangan sampai  kamar tidur sumpek dengan tumpukan mainan atau buku-buku.

Siasat memilih meja portable atau mudah bongkar pasang bisa jadi solusi tepat. Namun biarkan si anak memilih corak meja belajar yang disukainya. Hal itu akan sangat membantu menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan  dan tidak membosankan. Sesuaikan juga ukuran meja belajar dengan umur si anak. Jika anak lebih nyaman belajar sambil duduk di lantai, tidak apa-apa, sesuaikan tinggi mejanya.

Selesai anak belajar, meja bisa dilipat dan area tersebut bisa diubah fungsinya menjadi tempat bermain. Elemen tempat penyimpanan mainan yang juga sebagai penghias kamar, bisa langsung dibongkar. Agar nyaman dan anak terhindar dari rasa dingin lantai, gelar karpet yang bermotif gambar-gambar lucu. Suasana ceria pasti langsung tercipta. Jadi anak pun bisa membedakan suasana bermain dan saat ia beristirahat.

Beri anak kebebasan mengembangkan kreasi dan kreativitasnya dengan menciptakan ruang yang nyaman dan membuatnya betah.  Semoga bermanfaat.