Uang Tidak Selalu Bisa Membeli Kebahagiaan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebahagiaan adalah tujuan hidup semua manusia. Kebahagiaan itu ada di hati dan pikiran kita. Seberapapun besarnya kebahagian tidak akan bisa dibeli dengan apapun dan dengan nilai berapapun. Kebahagiaan hanya bisa diusahakan. Uang memang bisa membuat bahagia, tapi uang bukanlah sumber kebahagiaan itu. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, uang bisa menghantarkan kita menuju kebahagiaan. Jadi, uang hanyalah merupakan alat atau sarana untuk menuju kebahagiaan.

Blanche Ebbutt dalam bukunya yang berjudul Don'ts For Wives, menyebutkan beberapa hal tentang uang dan keharmonisan rumah tangga. Berikut adalah inti sari dari buku tersebut :
  • Jangan berpikir bahwa uang selalu bisa mendatangkan kebahagiaan. Uang memang bisa membawa kemakmuran, tapi kebahagiaan yang sesungguhnya lebih dalam ketimbang hanya soal materi. Kasih sayang, kepercayaan, dan kejujuran adalah harta yang tak ternilai.
  • Jangan merasa puas membiarkan suami bejerja lembur demi mencari uang yang banyak dan bisa membeli kebutuhan pribadi anda. Tidakkah anda sadar sesungguhnya sikap itu bisa menjauhkan suami anda dari anda dan anak-anak.
  • Sebisa mungkin, jangan berutang. Utang yang terus menimbun hanya akan membawa malapetaka bagi suami dan keluarga yang harus ikut menanggungnya.
  • Jangan selalu membelanjakan semua pemasukan anda. Belanjalah yang memang anda perlukan.
  • Jangan harap punya keuangan seperti orang tua anda. Kesulitan keuangan keuangan di awal-awal masa pernikahan adalah hal yang wajar dan melatih anda untuk bertahan hidup.
  • Jangan merahasiakan masalah keuangan anda dengan suami. Bersamanya anda pasti bisa mengatasi masalah itu dengan baik. Jangan pula membiarkan dia merahasiakan masalah keuangannya pada anda. Kalian berdua adalah pasangan dan punya hak untuk saling mengetahui jumlah uang yang ada di rekening pribadi masing-masing.
  • Jangan membelanjakan uang anda dengan alasan gengsi dan harus menyamai standar hidup orang lain.
  • Jangan memanjakan anak dengan uang. Yang harus orang tua berikan adalah pendidikan terbaik.

Uang memang penting bagi hidup kita, dengan uang kita bisa membeli apapun yang kita inginkan, kecuali kebahagiaan. Uang diciptakan sebagai sarana untuk menuju kebahagiaan, tapi yang perlu diingat, jangan pernah bisa diperbudak oleh uang.

Bagaimana ? Kalau anda setuju, silahkan terapkan di kehidupan anda. Semoga anda bisa... !