Seputar Facial, Manfaat Dan Larangan Facial

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Facial adalah aktivitas membersihkan wajah dari lapisan kulit mati, membuang komedo, serta menutrisi kulit.  Setiap 28 hari sekali, kulit kita secara alami mengalami proses regenerasi atau pengelupasan sel kulit mati. Namun dengan bertambahnya usia, proses metabolisme tubuhpun mulai mengalami penurunan. Hal ini tentu membawa pengaruh juga pada kulit. Proses regenerasi kulitpun akan lambat, oleh sebab itu dibutuhkan usaha khusus seperti facial, yang bertujuan untuk mengangkat sel kuli mati dan membuat wajah kita tampak lebih sehat berkilau.

gambar : makeupandbeauty.com
Selain untuk mengangkat sel kulit mati, facial juga bertujuan untuk membersihkan wajah dari segala macam kotoran yang melekat pada wajah. Salah satunya adalah komedo, yaitu lemak atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Facial memang bisa mengatasi banyak masalah kulit dan membuat. kulit wajah kita lebih sehat, tapi yang mesti diingat bahwa tidak semua masalah kulit bisa diatasi dengan jenis perawatan ini, contohnya :
  • Jerawat yang meradang. Sebaiknya sembuhkan terlebih dahulu jerawat yang sedang meradang, sebelum melakukanfacial.
  • Setelah melakukan chemical peeling atau perawatan dengan sinar laser. Kondisi kulit setelah melakukan khusus semacam ini cenderung lebih tipis dan sangat rentan. Jadi istirahatkan dulu kulit anda dengan membiarkan sel kulit kembali tumbuh dengan normal, barulah anda rencanakan untuk facial.
  • Kulit yang terbakar. Kondisi kulit akibat terbakar atau iritasi, biasanya sangat tipis. Dengan melakukan facial, tentu kulit anda akan semakin tipis dan terasa perih.
  • Sedang mengalami penyakit kulit. Sembuhkan dulu penyakit kulit anda, baru rencanakan untuk facial.

Facial terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :
  • Facial Aromaterapi. Perbedaan antara facial aromaterapi dengan facial biasa terletak pada proses pemijatan wajah. Pada facial aroma terapi digunakan minyak esensial dengan aroma khusus yang menenangkan.
  • Facial Emas. Pengaplikasian serbuk emas yang digunakan sebagai masker pada saat proses facial berlangsung. Facial emas ini dipercaya bisa membuat kulit wajah semakin berkilau.
  • Facial Anti Aging. Salah satu bahan yang sering digunakan pada facial jenis ini adalah vitamin C. Hanya vitamin C jenis L-ascorbic acid yang memiliki manfaat efektif pada kulit fajah kita.

Yang harus anda perhatikan adalah sebelum anda mengambil tindakan facial tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit, pastikan kulit wajah anda bebas alergi terhadap bahan-bahan yang akan digunakan saat facial.

Perawatan Wajah Dengan Facial.
Facial akan membawa hasil baik jika dilakukan sesuai dengan urutan. Selama ini mungkin anda hanya datang dan merebahkan diri sambil tidur saat facial. Bagi ibu-ibu atau mbak-mbak yang rutin melakukan facial, mulai saat ini cobalah cermati urutan-urutan proses facial yang anda lakukan, apakah sudah sesuai aturan. Berikut urutan perawatan wajah (facial) yang benar :
  • Membersihkan wajah. Pada langkah ini, wajah dibersihkan dengan susu pembersih. Kalau perlu, disertai pula dengan sabun pembersih wajah.
  • Scrub. Bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Penguapan. Agar proses pembersihan komedo berjalan tanpa rasa saskit, pori-pori wajah dibuka dengan penguapan.
  • Pengangkatan lemak. Lemak atau komedo dikeluarkan dengan sendok komedo (unna).
  • Pijat wajah. Disamping bertujuan untuk relaksasi, pijat wajah ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada area wajah. Hasilnya, wajah tampak lebih segar dan sehat berkilau.
  • Masker. Tahap ini bertujuan untuk menenangkan kulit wajah sekaligus pemberian nutrisi. Banyak sekali jenis masker yang ditawarkan oleh klinik-klinik kecantikan untuk mengatasi berbagai macam jenis masalah kulit, mulai dari masker anti-aging, antioksidan, hingga masker buah-buahan.
  • Pengolesan astringent atau penyegar. Selain untuk menyegarkan wajah, langkah ini bermaksud untuk menutup atau memperkecil pori-pori, meskipun bersifat hanya sementara.
  • Pelembab. Langkah terakhir ini bertujuan untuk melembabkan serta menutrisi kulit.

Bahan Menghilangkan Komedo.
Komedo kadang membuat orang tidak percaya diri dalam berpenampilan. Oleh karenanya banyak orang mencari solusi untuk menghilangkan komedo pada wajahnya. Ada beberapa bahan yang mudah kita jumpai yang mempunyai manfaat untuk mengatasi komedo. Bahan-bahan tersebut sebagian besar mudah didapatkan di sekitar rumah anda dan harganyapun cukup terjangkau. Berikut adalah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi komedo :
  1. Scrub. Scrub cukup baik untuk menghilangkan komedo, cara kerjanya yaitu dengan mengangkat sel kulit mati kemudian menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati akan memberikan dampak yang kurang baik bagi komedo jika tidak diangkat dan dibersihkan. Penggunaan scrub ini sebaiknya digunakan pada daerah yang rawan terkena komedo, yaitu hidung, dahi, pipi, dan dagu.
  2. Buah Lemon. Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu ambil satu potong lemon. Peras dan gosokkan lemon pada wajah yang berkomedo. Biasanya wajah berkomedo ini sekitar hidung dan dagu. Gosok secara lembut selama 3-4 menit, sesudah itu bilas dengan air dingin. Jika pertumbuhan komedo anda terhitung cepat, lakukan metode ini dua kali sehari.
  3. Baking Soda. Baking soda bermanfaat untuk menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah. Bukan hanya menghilangkan bakteri, baking soda juga bermanfaat sebagai salah satu menghilangkan komedo yang membandel. Caranya cukup mudah, buatlah ramuan dengan menggunakan dua sendok makan baking soda yang dicampur dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berkomedo, biarkan selama 20 menit, lalu bilas.
  4. Pasta Gigi. Pasta gigi juga dikenal memiliki manfaat untuk membasmi komedo. Oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berkomedo, namun jangan terlalu tebal. Biarkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan handuk halus yang telah dicelupkan pada air hangat. Pasata gigi akan membantu mengangkat komedo dengan mudah.
  5. Lidah Buaya. Selain manfaatnya yang baik untuk rambut, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Ambil cairan mirip gel dari lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo. Selanjutnya diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kandungan lidah buaya inilah yang bisa mengangkat komedo serta menghaluskan dan menyegarkan kulit.
  6. Jeruk Nipis. Komedo bisa hilang dengan lotion yang diramu dari bahan air jeruk nipis. Alangkah baiknya jika membersihkan wajah dengan cara alami tanpa resiko, sebaiknya gunakan saja jeruk nipis. Kandungan jeruk nipis ini akan membersihkan komedo dan membuat wajah lebih cerah.
  7. Uap dan Pelembab. Rendam handuk pada air panas, hingga suhu handuk menjadi hangat, setelah itu diamkan selama 10 menit pada wajah anda. Cara ini akan membuat pori-pori wajah terbuka dan menjadikan komedo hitam muncul ke permukaan secara alami. Selanjutnya gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah anda yang terbuka tadi, kemudian oleskan pelembab pada wajah anda.

Cara Mencuci Wajah.
Kondisi wajah yang kotor dan terasa kumal biasanya akan mempengaruhi tingkat optimalisasi aktifitas seseorang. Terlebih bagi seseorang  yang berjenis kulit berminyak dan sering berada di jalanan akan terleihat lebih kotor. Mencuci wajah sebagai hal yang pertama dilakukan untuk mendapatkan kondisi wajah yang bersih dan nyaman. tetapi yang harus diwaspadai adalah bagaimana agar tidak salah ketika sedang mencuci wajah. Berikut ini kebiasaan yang salah dan cara yang benar ketika mencuci wajah :
  • Jika kita terlalu sering dalam mencuci wajah, lebih dari 2 kali dalam sehari, maka ubahlah kebiasaan tersebut. Mencuci wajah lebih dari 2 kali dalam sehari dengan sabun pembersih wajah ternyata bisa membahayakan kulit wajah. Alasannya adalah karena minya alami dari wajah akan terus bertambah jumlahnya. Untuk itu, disarankan mencuci wajah setiap pagi dan malam sebelum tidur saja.
  • Banyak sabun pembersih wajah yang beraroma buah, bunga, dan aroma-aroma lainnya. Sebagian orang ada yang menyukai aroma sabun seoerti itu. Jika anda salah satunya, segeralah ganti sabun pembersih wajah tersebut. Sabun pembersih wajah yang beraroma seperti itu mengandung pengharum buatan yang bisa membuat kulit iritasi. Alangkah baiknya untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang beraroma alami saja.
  • Sabun pembersih wajah banyak macamnya, seperti untuk menghilangkan jerawat, memutihkan kulit wajah, dan lain sebagainya. Jika sabun cuci wajah anda mempunyai khasiat untuk melembabkan, menghilangkan minyak,  menghilangkan jerawat, dan lain-lain, maka jangan terburu-buru membilasnya. Anda harus membiarkan selama 30 -45 detik agar sabun itu menyerap ke kulit wajah anda.
  • Suhu air saat mencuci wajah dengan sabun pembersih harus diperhatikan. Sebagian orang mencuci wajah dengan air dingin atau air hangat. Padahal suhu air tersebut tidak baik untuk kesehatan kulit. Bila air telalu panas, maka bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Sedangkan bila air terlalu dingin, maka pori-pori kulit tidak akan bisa terbuka. Untuk itu, gunakanlah air dengan suhu yang seimbang bila ingin mencuci muka.
  • Terkadang ada orang yang mencuci wajahnya terlebih dahulu, baru setelah itu mencuci rambutnya dengan sampo dan kondisioner. Jangan biasakan hal tersebut karena produk sampo dan konsisioner bisa menempel pada wajah dan membuat kotor wajah lagi. Sebaiknya cucilah rambut terlebih dahulu, setelah itu baru mencuci wajah dengan sabun pembersih

Demikian penjelasan berkaitan dengan seputar facial, manfaat dan larangan facial.

Semoga bermanfaat.