Olah Raga Asli Indonesia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sebagai negara kepulauan dan terdiri dari banyak suku bangsa, Indonesia mempunyai beragam seni dan budaya. Seiring dengan perjalanan waktu, beberapa dari seni dan budaya tersebut berkembang menjadi satu olah raga asli Indonesia yang diakui oleh dunia.

gambar : rri.co.id
Berikut beberapa jenis olah raga asli Indonesia :

1. Pencak Silat.
Sudah banyak orang tau kalau pencak silat berasal dari Indonesia. Olah raga ini dimasukkan dalam kategori seni bela diri dan sudah dipertandingkan di tingkat internasional. Selain merupakan bentuk olah raga yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh, pencak silat juga berguna untuk meningkatkan daya tahan mental. Seorang pesilat haruslah memiliki konsentrasi penuh ketika berlatih dan bertanding. Olah raga ini pun disebut-sebut mampu mengembangkan karakter orang yang menekuninya.

2. Sepak Takraw. 
Olah raga ini populer di negara-negara Asia Tenggara dan sudah menyebar hingga ke benua Amerika. Tapi aslinya sepak takraw berasal dari Indonesia. Sepak takraw menggunakan bola sepak dari anyaman rotan dan sekaligus net seperti permainan bulu tangkis. Saat bertanding para pemainnya menggunakan kaki untuk menendang bola melewati net, atau bagian tubuh lain untuk menahan dan mengoper bola, kecuali tangan tidak diperbolehkan. sepak takraw dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim beranggotakan tiga orang pemain ditambah satu orang pemain cadangan.


3. Karapan Sapi.
Olah raga ini asli berasal dari pulau Madura, Jawa Timur. Sesuai namanya olah raga ini melibatkan hewan sapi. Para peserta menggunakan semacam kereta atau gerobak yang ditarik dua ekor sapi dalam sebuah lintasan. Di Madura perlombaan Karapan sapi ini digelar rutin setiap tahun. Pemenang perlombaan ini ditentukan dengan siapa yang terlebih dahulu menyentuh garis finish. Lintasan yang digunakan untuk karapan sapi sekitar 100 meter.

4. Benjang.
Benjang merupakan olah raga gulat tradisional asli dari Jawa Barat, dan merupakan tradisi yang sudah berlangsung sangat lama. Benjang biasanya diadakan dalam acara besar keluarga, misalnya pernikahan. Siapa saja boleh ikut, baik yang bertubuh besar atau yang bertubuh kecil. Yang pertama menjatuhkan lawan ke tanah adalah pemenangnya, oleh karena itu dibutuhkan kejelian untuk bisa memperkirakan kemampuan dan kelemahan lawan, selain tetunya harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri. 

Itulah beberapa olah raga asli Indonesia yang telah dikenal oleh dunia. Masih banyak lagi olah raga-olah raga asli Indonesia yang mempunyai potensi dan mesti dieksplorasi untuk kemudian dikenalkan kepada dunia.

Semoga berman