Merawat Peralatan Rumah Tangga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
1. Merawat Peralatan Dapur.
Dapur adalah tempat dalam rumah yang paling sering dipakai untuk beraktivitas. Bagi yang hobby memasak tentunya akan betah berlama-lama di dapur.  Apabila dapur berikut perabotannya bersih tentunya akan semakin membuat nyaman dalam beraktivitas di dapur. Untuk itu, perlu kiranya mengetahui trik untuk membersihkan beberapa perabot dapur, terutama panci dan wajan.  Tidak jarang bagian dalam panci dan wajan menghitam akibat aktivitas masak memasak. Biasanya bagian tersebut hanya dibersihkan dengan cairan pencuci piring biasa. Untuk itu, cobalah membuat panci dan wajan bersih dari noda hitam tersebut dengan cara :
  • Buat campuran cuka putih dan air dalam sebuah ember besar. Perbandingan campuran cuka putih dan air adalah 1 : 1. Selanjutnya rendam panci dan wajan selama beberapa jam.
  • Untuk menghilangkan kotoran yang membandel, ganti larutan pembersihnya dengan campuran amonia dan air dengan perbandingan yang sama, yaitu 1 : 1. Selanjutnya masukkan panci dan wajan dalam ember berisi larutan tersebut dan diamkan selama beberapa jam. Sesudahnya cuci bersih.
Untuk membersihkan panci dan wajan dengan cara tersebut, anda bisa melakukannya minimal dua hingga tiga kali setahun
2. Merawat Kasur.
Buat mereka yang aktif di luar rumah, kamar tidur merupakan tempat paling nyaman untuk beristirahat, apabila kamar tidur bersih pastilah istirahat kita juga akan lebih terasa nyaman. Kasur adalah salah satu benda di rumah yang paling mudah dibersihkan. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Bersihkan kasur terlebih dahulu dari debu yang melekat. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan mensin penyedot debu atau dengan cara yang lain.
  • Ambil kain bersih dan basahi dengan air dingin dan sedikit sampo. Gosok pada bagian yang bernoda. Berhati-hatilah agar kasur tidak basah kuyup. Kelembaban bisa menumbuhkan jamur dan merusak lapisan kasur.
  • Untuk menyeimbangkan bentuk dan pemakaian, anda tidak perlu membalikkan kasur. Cukup putar kasur sehingga bagian kepala di kaki dan kaki di kepala. 

Untuk membersihkan kasur, anda bisa melakukannya setiap enam bulan sekali.


Baca juga : Memilih Dan Merawat Peralatan Dapur

3. Merawat Remote Control.
Banyak sekali barang elektonik di rumah yang dilengkapi dengan alat pengontrol jarak jauh atau remote control. Mulai dari televisi, AC, pemutar VCD/DVD, tape atau radio, sampai kipas angin. Kehadiran remote control akan sangat memudahkan pengoperasian alat-alat tersebut. Tapi sayangnya benda ini sering tidak terawat.  Agar remote control tetap awet dan berfungsi dengan baik, lakukanlah langkah-langkah di bawah ini :
  • Bungkus remote control dengan plastik bening agar tidak kotor. 
  • Jangan menekan tombol remote control dengan kuku karena bisa rusak.
  • Taruh remote control di tempat yang aman agar terhindar dari kecelakaan-kecelakaan kecil, seperti terbanting, tersiram air, atau terduduki. 
  • Jangan memegang remote control dalam kondisi tangan anda kotor, berminyak, atau basah. 
  • Bersihkan remote control secara berkala, minimal satu bulan sekali. Debu-debu yang masuk ke sela-sela tombol akan membuat remote control macet dan tidak berfungsi dengan baik. 
  • Ada bagian remote control yang sangat penting, yaitu lampu kecil untuk mengendalikan barang elektronik. Lampu kecil tersebut tidak boleh kotor apalagi sampai pecah. Bersihkan bagian ini minimal seminggu sekali. Caranya cukup dengan mengelap dengan tisu kering.

Baca juga : Merawat Dan Membersihkan Perabot Rumah Tangga

4. Merawat Mesin Cuci.
Mesin cuci, alat yang sangat membantu untuk meringankan beban pekerjaan rumah tangga kita. Tapi banyak hal kecil yang yang sering luput saat kita menggunakan mesin cuci.  Hal sepele yang kadang justru membuat mesin cuci jadi cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut, berikut hal-hal yang mesti diperhatikan :
  • Koin. Benda satu ini bisa menjadi penyebab fatal apabila masuk ke dalam motor mesin cuci. Kerja motor akan tertahan, dan bisa berakibat merusak mesin cuci. Untuk itu, sebelum mencuci periksa terlebih dahulu saku-saku celana dan baju yang akan dicuci, jika kedapatan ada koin atau benda apapun yang terbuat dari logam, segera singkirkan.
  • Benang. Periksalah kantong penyaring yang ada di dekat tabung mesin cuci. Kantong tersebut berfungsi untuk menyaring helai-helai benang yang copot dari pakaian. Bila kantong itu penuh, pastilah benang-benang tersebut akan menumpuk di alat pemutar mesin. Karena itu bersihkanlah kantong penyaring secara teratur.
  • Susun. Susun pakaian yang akan diperas di dalam tabung mesin cuci. Baju yang tidak tersusun dengan baik di dalam tabung, akan membuat mesin pemeras tidak bekerja secara maksimal.
  • Bersih. Pastikan kondisi mesin cuci bersih dan kering setelah digunakan. Air yang menggenang akan membuat mesin cuci berjamur.

Baca juga : Memilih Serta Merawat Sepatu Dan Sandal

5. Merawat Vacuum Cleaner (Penghisap Debu).
Vacuum Cleaner atau penghisap debu sekarang ini sudah tidak asing lagi buat kita. Bahkan sebagian rumah tangga memasukkan barang ini sebagai peralatan wajib yang dipunyai untuk pengganti sapu dan peralatan pembersih debu lainnya. Vacuum cleaner atau penghisap debu menjadi alat pembersih yang cukup bisa diandalkan. Agar vacuum cleaner atau penghisap debu yang anda miliki tahan lama, anda dapat mengikuti hal-hal di bawah ini :
  • Ketika memutuskan untuk membeli vacuum cleaner atau penghisap debu, usahakan mencari seri terbaru. Biasanya harganya tidak terlalu berbeda jauh. Semakin baru, semakin kecil kemungkinan benda tersebut cepat rusak.
  • Saat membeli, coba memilih vacuum cleaner atau penghisap debu dengan sistem cyclonic action. Dengan sistem ini, umur penghisap debu relatif lebih lama karena motor penggeraknya tidak mudah tersumbat.
  • Setelah menggunakan vacuum cleaner atau penghisap debu, jangan lupa bersihkan penyaring debu (filter) pada mesin tersebut, setiap satu minggu sekali. Kalau lewat dari satu minggu, biasanya debu-debu sudah akan menumpuk. Cara membersihkan filter vacuum cleaner : ambil kuas kecil, lalu gosok secara perlahan. Ingat, jangan terlalu kencang.
  • Karena alat ini hanya berfungsi untuk mengisap debu, perhatikan kondisi karpet atau lantai ketika hendak dibersihkan. Jangan sampai ada benda-benda keras, seperti kelereng, paku, dan lain-lain. Benda-benda keras tersebut bisa tersedot dan merusak mesin vacuum cleaner.
  • Biasakan menyimpan penghisap debu di tempat yang aman. Jangan sampai terkena air, tersandung, terbanting, atau lecet. Pada umumnya memang butuh perhatian lebih untuk menjaga benda elektronik.

Baca juga : Pemilihan Dan Perawatan Pakaian Beserta Asesorisnya

6. Menghemat Energi Kulkas.
Kulkas atau lemari es adalah salah satu perangkat rumah tangga yang paling banyak menghabiskan energi. Dibutuhkan perawatan dan cara yang benar untuk bisa menghemat energi pada kulkas. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk menghemat energi kulkas :
  • Berikan jarak antara kulkas dengan dinding sekitarnya, minimal 10 - 15 cm dengan dinding dan lebih kurang 30 cm dengan langit-langit rumah. Jika diletakkan di ruang sempit, mesin kulkas akan menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih berat. Yang penting juga, harus ada ventilasi.
  • Taruhlah kulkas di tempat yang sejuk, jangan di tempat yang terkena matahari secara langsung atau sumber-sumber panas lainnya, karena tidak baik untuk mesin.
  • Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup kulkas. Lampu yang menyala saat pintu dibuka akan menghabiskan energi. Jangan terlalu lama membuka pintu kulkas.
  • Pastikan pintu tertutup dengan baik. Kulkas bekerja mendinginkan makanan sesuai temperatur yang sudah ditentukan, jika tertutup tidak sempurna, udara dinginnya akan terbuang percuma. Kalau kulkas berada pada posisi miring, ada kemungkinan pintunya tidak akan tertutup dengan sempurna.  
  • Aturlah temperatur sesuai kebutuhan. Semakin rendah temperatur (semakin dingin), semakin banyak energi yang diperlukan kulkas untuk proses pendinginan.
  • Nonaktifkan fungsi-fungsi tambahan kulkas jika tidak membutuhkannya. Makan banyak fungsi tambahan yang diaktifkan, akan semakin banyak pula energi yang dibutuhkan.
  • Hindari penyimpanan makanan panas atau hangat dalam kulkas. Makanan atau minuman panas turut mempengaruhi suhu dalam kulkas dan menyebabkan kerja mesin bertambah berat.
  • Periksa sekat karet yang menempel di pintu kulkas. Jika mengendur, udara dari luar yang masuk akan bisa mengacaukan suhu di dalam kulkas. Mesin kulkas akan bekerja semakin keras untuk bisa mendinginkan isi kulkas. 
  • Matikan kulkas jika hendak bepergian ke luar kota selama beberapa waktu tertentu. Kulkas memiliki fungsi defrost untuk melumerkan es. Gunakan fungsi ini dan bersihkan kulkas sebelum meninggalkan rumah. Buka sedikit fungsi pintu kulkas agar bagian dalam tidak lembab dan bau.
  • Bersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur agar kerja mesin jadi ringan. Debu dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan merawat peralatan rumah tangga.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.