Menyelamatkan Lingkungan Di Mulai Dari Diri Sendiri

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Belakangan ini cuaca semakin tidak bersahabat dengan manusia. Perbedaan suhu antara panas dan dingin sangat mencolok. Menurut banyak ahli, cuaca panas terik dan curah hujan yang tak menentu merupakan sebagian dari tanda-tanda yang menunjukkan bumi sedang mengalami proses kerusakan. Belum lagi bencana alam banyak terjadi dimana-mana. Semua fenomena tersebut dianggap sebagai akibat dari pemanasan global yang kian memprihatinkan.

gambar : beritalingkungan.com
Sebetulnya kalau kita mau, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk ikut menyelamatkan lingkungan. Yang paling mudah adalah dimulai dari diri sendiri, dimulai dari rumah kita sendiri. Sekecil apapun usaha yang kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan kita, pasti tetap mempunyai arti.

Berikut ini hal-hal kecil yang bisa kita lakukan, untuk bisa menyelamatkan linkungan kita dari semakin parahnya pemanasan global :
  • Menghemat Listrik. Gunakan listrik secara bijak. Apabila tidak digunakan, matikan peralatan elektronik, cabut steker dari terminal listrik. Kalau anda hobby menonton televisi, atur timer pesawat televisi anda, sehingga apabila anda ketiduran, pesawat televisi tidak terus menyala sampai pagi. Matikan juga lampu yang tidak diperlukan saat anda berangkat tidur.
  • Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM). Jika anda melakukan itu, berarti anda telah ikut menghemat pemakaian energi. Batasilah penggunaan kendaraan pribadi. Jika memang memungkinkan, pilihlah angkutan umum saat anda bepergian.
  • Mengelola Sampah. Saat ini sampah merupakan masalah serius di masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di perkotaan. Membuang sampah secara sembarangan, menjadi salah satu penyebab datangnya banjir saat musim penghujan. Mulai saat ini, biasakan diri anda untuk membuah sampah pada tempatnya. Buat lobang biopori di sekitar rumah anda, karena hal ini akan meningkatkan daya serap air oleh tanah sehingga mampu mencegah banjir.
  • Menerapkan K3 (Reduce, Reuse, dan Recycle). Reduce berarti mengurangi penggunaan produk plastik sekali pakai. Reuse berarti menggunakan produk yang dapat digunakan berkali-kali tapi tetap aman buat kesehatan tubuh, terutama pemakaian tempat yang berkaitan dengan makanan. Recycle berarti mendaur ulang sampah-sampah bekas menjadi produk baru.
  • Membatasi Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Plastik merupakan bahan yang sangat sulit untuk diurai oleh tanah, jadi kurangilah penggunaan bahan-bahan yang nantinya akan menjadi sampah plastik. Pencemaran tanah oleh plastik bisa berakibat berkurangnya kualitas air tanah. Jangan pernah membakar sampah plastik, karena partikel-partikel hasil pembakaran sampah plastik yang bercampur dengan udara akan membahayakan kesehatan kita apabila kita menghirupnya.
  • Menanam Tanaman di Sekitar Rumah. Dengan menanam tanaman di sekitar rumah kita, selain akan membuat rumah tampak asri, tanaman juga bisa mengurangi terjadinya pemanasan global. Oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman di siang hari akan membuat lingkungan kita terasa sejuk.

Jadi tidak usah berpikiran yang terlalu muluk untuk bisa menyelamatkan lingkungan kita. Cukup niatkan diri anda, dan mulai melakukan hal-hal kecil tersebut. Go green....

Semoga bermanfaat.