Meningkatkan Rasa Percaya Diri Perempuan Berpostur Gemuk

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Memiliki postur gemuk, apalagi perempuan gemuk di Indonesia, memang masih belum mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Perempuan gemuk kerap mendapat stigma tidak cantik, susah dapat jodoh, penyakitan, dan lain-lain. Bahkan kekerasanpun  kerap diterima perempuan bertubuh gemuk. Entah itu kekerasan psikologis, mulai dari olok-olok sampai kata-kata kasar, atau bahkan kekerasan fisik. Di sisi lain, pemujaan terhadap image perempuan langsing yang adalah cantik, sehat, gesit, dan lain-lain tidak pernah putus. Lingkungan memang berpengaruh besar, tetapi pada akhirnya pilihan ada pada diri kita sendiri.

Apabila anda mempunyai postur tubuh gemuk dan merasa kurang atau bahkan tidak percaya diri dengan keadaan tubuh anda tersebut, cobalah lakukan hal-hal dibawah ini, semoga bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri anda :
  • Tanyakan pada diri sendiri. Nyamankah kita dengan badan gemuk ini ? Bila merasa nyaman, ubahlah pandangan bahwa cantik itu adalah langsing.Cantik tidak memiliki berat badan, apalagi warna dan bentuk. Bukankah yang disebut kecantikan sebenarnya adalah "manis budi" ?
  • Carilah waktu untuk meneliti hal-hal positif mengenai tubuh anda, seperti mata, bibir, rambut, kuku, senyuman, atau bagian lain dari tubuh anda. Teliti juga gaya anda, seperti rias wajah, tatanan rambut, sepatu, atau perhiasan yang memberikan perasaan nyaman.
  • Coba untuk berjalan santai mengitari komplek rumah atau taman setiap kali anda merasa sedih. Menurut penelitian walaupun dilakukan hanya sebentar dan tidak intens, olah raga ringan bisa membantu memberikan perasaan positif tentang body image.
  • Mengubah gaya penampilan. Misalnya potongan rambut anda. Mengubah penampilan atau memanjakan diri dengan waktu khusus bisa meningkatkan rasa penghargaan terhadap diri sendiri.
  • Ikut bergabung dengan komunitas sesama perempuan gemuk. Perkumpulan tersebut sangat positif karena saling menguatkan.
  • Bersenang-senang di luar dengan sahabat. Hal in juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. 
  • Daftarkan diri anda sebagai sukarelawan di salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang membutuhkan bantuan. Hal ini akan membangun kepercayaan diri yang lebih besar, rasa terima kasih dari orang yang mendapat bantuan akan memperkuat rasa harga diri dengan segera.
  • Hindari hal-hal yang menekan anda. Karena hal tersebut bisa meningkatkan kecemasan dan menyurutkan keyakinan. Tulislah hal-hal yang membuat anda stes, kemudian minimalkan potensi terjadinya hal tersebut. 

Yang perlu diperhatikan, menjadi gemuk memang suatu yang bisa diubah. Apapun pilihannya, pastikan anda nyaman dan tetap utamakan kesehatan. 

Semoga bermanfaat.