Menggunakan Wadah Plastik Dengan Aman

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penggunaan wadah plastik sebagai pembungkus makanan dan minuman sangat tidak dianjurkan, karena wadah makanan dari bahan plastik cenderung tidak baik untuk kesehatan. Namun begitu, apabila terpaksa harus menggunakan wadah plastik untuk tempat makanan dan minuman, kita harus berhari-hati dan jeli dalam memilih dan merawat wadah plastik yang akan kita gunakan tersebut.


1. Merawat Wadah Plastik dengan Aman.
Wadah makanan dan minuman dari plastik mempunyai desain kemasan yang menarik, dan fungsinya yang serba guna menjadikan wadah plastik menjadi salah satu alasan mengapa wadah plastik disukai masyarakat. 
Untuk mendapatkan keamanan dalam penggunaan wadah plastik, diperlukan perawatan yang benar sehingga wadah plastik yang digunakan itu benar-benar bersih dan tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Berikut ini tips merawat wadah plastik, yang pastinya dapat anda terapkan dalam hidup sehari-hari :
  • Gunakan wadah sesuai instruksi dan fungsi pamakaiannya secara konsisten agar tidak membahayakan kesehatan.
  • Agar warna-warni plastik tidak cepat memudar, sesekali  oleskan minyak kelapa ke permukaan plastik dengan menggunakan kapas. Lalu cuci dengan sabun.
  • Untuk mengurangi noda makanan yang menempel pada wadah, segera bersihkan wadah setelah makanan habis dimakan. Gunakan lap atau tisu untuk menyerap bumbu yang tersisa. Lalu cuci bersih atau gunakan soda kue saat mencuci untuk mengurangi noda membandel.
  • Hindari menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan berbahan dasar tomat atau yang dimasak dengan minyak. Keduanya akan meninggalkan noda pada wadah plastik.  Kalau memang harus memasak dengan minyak, tekan-tekan makanan dengan tisu untuk menyerap kelebihan minyak.
  • Sebaiknya jangan menggunakan wadah plastik untuk memasak atau memanaskan makanan dalam microwave. Plastik memang tidak akan meleleh atau berubah bentuk saat itu juga, tapi dengan dipanaskan, kemungkinan kandungan kimianya mencemari makanan akan lebih tinggi. Dalam jangka waktu panjang wadah akan rusak.
  • Untuk makanan yang sudah kedaluwarsa sehingga ditumbuhi jamur, wadah plastik bisa dibersihkan dengan cara setelah membuang makanan yang kedaluwarsa, bilas wadah plastik dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan. Lalu tuangkan sedikit sabun, isi wadah dengan air hangat dan gosok perlahan. Kemudian bilas kembali. Meskipun kelihatannya kotoran sudah hilang, bukan berarti wadah itu sudah bersih dari kotoran dan bakteri akibat jamur. Selanjutnya siapkan tempat yang lebih besar ukurannya dari wadah plastik, kemudian masukkan wadah plastik ke tempat tersebut. Tuangkan satu cangkir cuka bening ditambah 3,8 liter air dan aduk. Pastikan seluruh bagian wadah plastik sudah terendam dengan baik. Diamkan selama 30 menit. Sesudah itu cuci wadah plastik dengan sabun dan bilas sampai bersih.
  • Untuk menghilangkan aroma makanan yang tertinggal dalam wadah plastik, bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : 1. Gunakan koran atau arang yang telah dibasahi dan tutup wadah plastik tersebut. Diamkan selama beberapa jam, lalu bilas dengan air. 2. Manfaatkan biji kopi atau ampas kopi yang telah dikeringkan dalam lemari es. Keduanya merupakan alat yang ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap. Letakkan beberapa biji kopi atau taburkan ampas kopi dalam wadah plastik. Tutup rapat-rapat dan diamkan semalaman. Keesokan harinya cuci dan bilas wadah plastik tersebut. 3. Isi wadah plastik dengan air hangat dan seperempat cangkir cuka bening. Tambahkan beberapa tetes sabun cair, tutup, lalu kocok. Diamkan sampai beberapa jam, kemudian bilas hingga bersih. 4. Untuk aroma yang tidak terlalu kuat, gunakan jeruk lemonsaat mencuci. Aroma makanan akan berangsur menghilang. Simpan wadah plastik dan tutupnya secara terpisah. 5. Taruh wadah di freezer selama semalam. Kemudian tetesi dengan air jeruk lemon, tutup, dan diamkan lagi hingga bau hilang.

Penggunaan wadah plastik tidak akan memunculkan masalah selama kita memilih plastik yang benar-benar aman untuk dimanfaatkan sebagai wadah. Selain itu, wadah plastik yang kita pilih harus digunakan sesuai dengan fungsi dan petunjuk pemakaiannya.

2. Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Wadah Plastik.
Jenis dan bentuk plastik sangat beragam. Kegunaannyapun bermacam-macam. Dari sekian banyak fungsi plastik, penggunaan plastik sebagai wadah makanan dan minuman mendapat perhatian terbesar. Pertanyaan yang sering muncul, amankah penggunaan wadah plastik sebagai wadah makanan dan minuman ?

Keunggulan plastik adalah kuat, ringan, fleksibel, tahan karat, tidak mudah pecah, mudah diberi warna, dan mudah dibentuk. Sementara kekurangan plastik adalah terutama yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Plastik tidak ramah lingkungan, dibutuhkan bertahun-tahun, bahkan ratusan tahun untuk bisa terurai secara alami. Selain itu beberapa jenis plastik tidak tahan panas dan jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat membahayakan kesehatan.

Sebagai wadah makanan dan minuman, plastik tidak boleh dipilih secara sembarangan. Plastik terdiri dari berbagai bahan kimia yang dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan terjadinya perpindahan bahan-bahan kimia dari wadah ke makanan.  Migrasi bahan kimia tersebut terjadi karena pengaruh suhu makanan, proses penyimpanan, atau proses pengolahannya. Semakin tinggi suhu, semakin besar kemungkinan terjadinya migrasi. Lamanya waktu penyimpanan makanan dalam wadah plastik juga berpengaruh, semakin lama waktu kontak antara makanan dengan kemasan plastik, semakin tinggi jumlah bahan kimia yang bermigrasi.

Cara mengenali plastik yang aman digunakan sebagai tempat makanan dan minuman adalah sebagai berikut :
  • Menampilkan simbol gelas dan garpu.
  • Terdapat tulisan "food grade".
  • Merupakan merek dagang yang dipatenkan. Merek yang sudah dipatenkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan lembaga-lembaga terpercaya dalam hal jaminan kualitas.

Wadah plastik juga harus memenuhi standar mutu dan keamanan pangan dari lembaga yang berwenang. Jangan pernah membeli wadah plastik hanya karena tergiur dengan harga murah. Bisa-bisa produk tersebut beresiko buruk bagi kesehatan. Belilah wadah plastik dari penjual, distributor, atau penyalur resmi.  Wadah plastik yang aman, selain memenuhi standar dari lembaga berwenang, juga diproduksi oleh perusahaan yang dipercaya memiliki komitmen untuk menyediakan produk aman bagi masyarakat.

Semoga bermanfaat.