Khasiat Goji Berry (Lycium Barbarum) Dan Bit Merah Bagi Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
1. Khasiat Goji Berry.

Goji Berry berasal dari bahasa China, yang merupakan padanan dari lafal 'gou qi'. Habitat aseli dari buah goji berry ini banyak ditemui di sepanjang daerah dekat antara China dan Tibet. 

Goji Berry yang mempunyai bahasa latin Lycium Barbarum ini termasuk dalam keluarga Solonaceae. Buah ini mirip dengan dengan buah ceri, ukurannya kecil, berbentuk lonjong, dengan warna merah cerah dan berkilap. Tanaman goji berry tumbuh merambat dengan daun kecil. Tekstur buahnya kenyal dan rasanya perpaduan antara rasa kismis dan cranberry.

Dewasa ini buah goji berry telah banyak dimanfaatkan sebagai suplemen cair, yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit, diantaranya seperti : menurunkan tekanan darah dan kolesterol, peningkatan kekebalan tubuh, serta meningkatkan kualitas darah.

Dalam buah goji berry banyak mengandung unsur-unsur yang berkhasiat untuk :
  • Beta sitosterol, berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, sebagai anti peradangan, serta perawatan alat reproduksi kaum pria.
  • Cyperone, berkhasiat untuk menguatkan fungsi jantung dan mengatur tekanan darah.
  • Physalin, berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit hepatitis B.
  • Betaine, berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan otot, merawat organ hati.
  • Solavetivone, berkhasiat untuk melawan jamur dan bakteri dalam tubuh.
  • Multivitamin. Buah goji berry banyak mengandung vitamin C, bahkan kandungan vitamin C dari buah goji berry ini lebih tinggi daripada kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk. Selain mengandung vitamin C, buah goji berry juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin E.

Pengolahan buah goji berry dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya :
  • Dikeringkan, selanjutnya dipakai untuk bahan campuran makanan lainnya, misalnya dipakai dalam campuran masakan soup.
  • Direbus atau diseduh, sebagaimana layaknya orang minum jamu atau seperti orang membuat teh.
  • Dibuat jus. Ini cara yang paling praktis, karena jus buah goji berry sudah banyak dijual di pasar.

2. Khasiat Bit Merah.

Bit merah atau biasa disebut juga dengan beta vulgaris, termasuk dalam jenis kelompok tanaman Amaranthaceae. Buat sebagian orang mungkin buah ini kurang begitu populer. Karena memang buah ini jarang ditemukan dijual di pasar tradisonal atau penjual buah di pinggir jalan.

Bit merah mempunyai banyak manfaat bagi manusia, selain untuk memberikan warna alami dalam pembuatan produk pangan, bit merah juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Jenis bit merah termasuk buah-buahan yang kaya dan banyak mengandung senyawa pigmen betalain. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan dibuat jus, salat, atau sup, bit merah mampu memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya :
  • Menurunkan hipertensi. Jus bit merah sama efektifnya dengan mengkonsumsi resep obat nitrat, hal ini karena jus bit merah memiliki komponen nitrat, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot polos. Hal itu diungkapkan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam  Hypertension Health. 
  • Sebagai pendukung untuk meningkatkan fungsi fungsi otak. Sebuah penelitian yang berjudul Nitric Oxide : Biology and Chemistry menemukan para partisan lansia mengalami peningkatan aliran darah ke otak setelah mengkonsumsi jus bit.
  • Pendukung dalam meningkatkan stamina. Mengkonsumsi jus bit lebih bagus dari pada mengkonsumsi plasebo, hal ini dikarenakan kandungan nitrat yag terdapat dalam bit mampu mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan selama beraktivitas, sehingga dapat menghemat energi.
  • Mencegah dan mengobati anemia. Dengan kandungan kadar besi yang mengikat oksigen ke sel-sel darah merah, dan memasok tubuh dengan oksigen, jus merah banyak memberi manfaat terutama sebagai obat anemia untuk anak-anak dan remaja.

Semoga bermanfaat...