Hirudoterapi (Terapi Lintah) Sebagai Alternatif Pengobatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Hirudoterapi atau terapi dengan menggunakan limtah adalah suatu cabang pengobatan holistik yang menggunakan lintah untuk mengobati berbagai penyakit medis, terutama yang berhubungan dengan aliran darah, seperti penyakit jantung, stoke, hipertensi, diabetes, dan lain sebagainya.

Ibnu Sina dalam bukunya The Canon of Medicine menuliskan teknik pengobatan penyakit dengan menggunakan hewan lintah ini atau disebut hirudoterapi. Hirudoterapi merupakan terapi penyembuhan penyakit dengan menggunakan lintah sebagai obat dengan tujuan pengobatan. Ibnu Sina juga memperkenalkan penggunaan lintah sebagai perawatan untuk penyakit kulit. Terapi lintah menjadi salah satu metode yang disukai masyarakat Eropa pada abad pertengahan.

Selanjutnya Abdul Latif, pada abad ke 12 Masehi, menuliskan bahwa lintah dapat digunakan untuk membersihkan jaringan penyakit setelah operasi pembedahan. Ia juga melakukan model terapi ini, meskipun ia mengerti resiko menggunakan lintah. Ia memberikan saran kepada pasien atau pengguna terapi ini, bahwa lintah harus harus dibersihkan dari kotoran dan debu sebelum digunakan. Dalam bukunya yang berjudul Alhadith of Prophet on Healing in Three Things : An Interpretational, yang dipublikasikan dalam Journal of the Internasional Society for the History of Islamic Medicine, Abdul Latif selanjutnya menjelaskan bahwa setelah lintah menghisap darah dan ada darah yang keluar, bagian tubuh itu harus diteteskan garam.

Lintah merupakan representasi dari pengobatan Ibnu Sina yang saat ini banyak dijadikan sebagai rujukan terapi holistik. Lintah menyuntikkan puluhan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh saat menghisap darah penderita. Namun dalam menggunakan terapi lintah perlu diperhatikan bahwa lintah harus segera dibunuh setelah menghisap, karena tubuhnya penuh dengan racun.

Hirudoterapi atau terapi dengan menggunakan lintah ini mempunyai banyak kelebihan diantaranya :
  • Terapi lintah tidak melanggar syari'at Islam.
  • Terapi lintah secara medis terbukti dapat mengobati tumor tanpa operasi, dapat memperbaiki aliran darah, menyembuhkan radang sendi, dan terbukti memperkuat fungsi obat medis maupun obat herbal.
  • Pada banyak kasus terapi lintah langsung terasa khasiatnya.
  • Terapi lintah terbukti lebih steril karena setiap lintah hanya dipakai untuk satu kali terapi.

Dalam perkembangan selanjutnya hiduroterapi atau terapi dengan lintah dapat diaplikasikan pada berbagai macam penyakit yang diderita oleh manusia.

Semoga bermanfaat.