Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi Emas

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Investasi adalah sebuah cara untuk mengumpulkan dan mengembangkan nilai uang sehingga dapat mengalahkan inflasi dan memenuhi pencapaian target pengembalian yang anda inginkan. Secara fisik jenis investasi dapat dibagi menjadi 3 kelompok :
gambar : mahadana.co.id
  1. Investasi Real Asset (aset nyata, barangnya terlihat dan dapat dipegang), misalnya membeli rumah, tanah, emas, dan lain-lain.
  2. Investasi Paper Asset (aset kertas), misalnya dengan menyimpan dana dalam bentuk deposito, reksa dana, atau saham.
  3. Investasi Business, misalnya dengan membangun dan menjalankan bisnis toko kelontong atau retoran.
Sudah sejak dulu orang tua kita menginvestasikan uangnya selain dalam bentuk rumah dan tanah, juga dalam bentuk emas, terutama dalam bentuk perhiasan (Real Asset). Emas dipilih sebagai salah satu cara investasi karena mudah dan nilainya relatif kecil dibandingkan bila ingin membeli rumah atau tanah, selain juga karena emas lebih mudah untuk dibeli dan dijual bila anda membutuhkan dana cepat untuk keperluan mendesak.

Ada 3 macam produk emas, yaitu :
  1. Perhiasan. Jika membeli perhiasan emas, berarti anda membayar harga emas berikut ongkos pembuatan perhiasannya.
  2. Koin. Sebagai investasi, koin emas biasanya bisa lebih menguntungkan dibandingkan dengan perhiasan, karena tidak ada ongkos pembuatan yang harus ditanggung pembeli.
  3. Batangan. Jika membeli emas batangan, anda akan membayar untuk harga emasnya saja. Begitu juga ketika anda hendak menjualnya kembali. Emas batangan adalah produk investasi emas yang paling menguntungkan.

Banyak ahli dibidang invertasi menyarankan, apabila ingin berinvestasi dalam bentuk emas, sebaiknya memilih dalam bentuk logam mulia dan bukan dalam bentuk perhiasan. Karena saat membeli emas dalam bentuk perhiasaan akan dikenakan ongkos atau biaya pembuatan yang relatif mahal. Saat anda ingin menjualnya perhiasan emas itu kembali, ongkos pembuatan tidak akan diperhitungkan, yang dibayar hanya berat atau jumlah gram emas. Belilah logam mulia dalam bentuk keping atau batangan, dipasaran umumnya tersedia mulai dari berat 5 gram, 10 gram, 15 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram atau lebih.

Emas termasuk investasi yang menguntungkan karena harganya berbanding lurus dengan tingkat inflasi dan perubahan mata uang dollar amerika. Jadi kalau inflasi meningkat atau mata uang dollar Amerika meningkat, harga emas pun bisa turut meningkat sesuai pasaran saat itu. Jika anda berminat dan memutuskan akan berinvestasi dengan emas, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan lakukan :
  • Sediakan dana darurat sebesar 4 smpai 9 kali pengeluaran rutun bulanan sebelum berinvestasi emas. Dana itu digunakan untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu resiko. Lihat dan hitung kembali apakah anda mempunyai dana tunai yang cukup besar untuk berinvestasi dalam jangka panjang, sehingga ditengah jalan tidak harus menjual emas kembali hanya karena terdesak kebutuhan jangka pendek.
  • Usahakan berinvestasi emas dalam jangka panjang. Berinvestasi emas dalam jangka pendek tidak menguntungkan, apalagi jika emas untuk investasi itu berbentuk perhiasan. Namun apabila anda tetap menghendaki berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, pilihlah perhiasan emas senilai 24 karat, karena harga jual kembalinya akan lebih tinggi dibanding emas dengan nilai karat yang lain.
  • Investasi emas yang baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan. Dikarenakan emas batangan mudah dijual kembali dan saat pembelian tidak dikenakan ongkos pembuatan sebagaimana emas dalam bentuk perhiasan.
  • Anda juga bisa menginvestasikan koin emas. Koin emas ini bisa dipakai sebagai alternatif investasi bagi mereka yang ingin menabung. Harganya sama dengan hargta emas yang mengikuti harga mata uang dollar Amerika serta aman terhadap inflasi.
  • Belilah emas secara bertahap, karena anda tidak tahu kapan harga terbaik untuk membeli. Tidak perlu membeli dalam jumlah besar, karena investasi emas juga bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar.
  • Jika membeli emas tidak di PT. Logam Mulia, pastikan bahwa emas 24 karat yang dibeli memiliki sertifikat ANTAM dengan kadar 99,99 % dan nomor ID di sertipikat cocok dengan nomor emas logam mulianya.
  • Jika membeli perhiasan untuk inverstasi, belilah emas kuning tanpa berlian. Karena nilai jual tertinggi adalah perhiasan emas kuning 24 karat.
  • Perhatikan ongkos membeli emas, yang meliputi ongkos pembuatan, pajak, dan kemungkinan pemotongan harga saat akan menjualnya kembali.
  • Jika ingin membeli emas batangan, pilihan terbai adalah membeli emas produksi internasional. Misalnya prpduuk Afrika Selatan, Swiss, Rusia, China, atau Australia. Produsen ternama biasanya mempunyai agen penjual yang tersebar diberbagai tempat.Bila anda jarang atau tidak pernah bepergian ke luar negeri, anda bisa membeli emas batangan di dalam negeri yang dapat anda dipercaya.
  • Pilihlah emas untuk investasi yang berukuran sedang, tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Apabila anda ingin menyimpan emas itu sendiri di rumah, simpanlah ditempat yang aman. Anda bisa membeli safe deposit box untuk menyimpan emas anda. Agar lebih terjamin keamanannya, asuransikan emas anda dari bahaya pencurian, kebakaran, dan lain-lain, untuk memastikan bahwa investasi anda benar-benar telah aman.

Semoga bermanfaat.