Cara Menanam Jeruk Nipis

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jeruk nipis, semua orang pasti sudah mengenal dengan buah ini. Jeruk nipis tergolong dalam tanaman perdu yang tingginya bisa mencapai 5 meter dengan cabang dan ranting rimbun. Batangnya berkayu, bulat, berduri, dan berwarna putih kehijauan. Daunnya tunggal, berbentuk bulat, berdiameter antara 3,5 - 5 cm, kulitnya
hijau kekuningan dengan tekstur tipis dan licin. Bunga jeruk nipis berwarna putih kuning, aromanya wangi dan memiliki putik. Biasanya dalam satu batang pohon jumlah buah yang dihasilkan cukup banyak Pohon jeruk nipis dapat tumbuh subur di tanah kering, dengan disiram 2 hari sekali dan mendapatkan sinar matahari yang cukup, tanaman ini sudah bisa tumbuh dengan baik.

A. Khasiat jeruk nipis.

Jeruk Nipis mempunyai banyak khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, selain dapat digunakan untuk keperluan-keperluan lain. Dibandingkan dengan jenis jeruk lain, ukuran jeruk nipis tergolong kecil, tapi khasiatnya tidak kalah dengan yang lain. Berikut ini beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari jeruk nipis berikut cara penggunaannya.
  • Melangsingkan tubuh. Ambil 1 buah jeruk nipis segar, peras airnya, tambahkan 3/4 gelas air mendidih dan sedikit madu. Minum setelah makan saat air masih hangat.
  • Nyeri tenggorokan. Ambil 1 buah jeruk nipis segar, cuci bersih, belah dua, olesi permukaan jeruk dengan kapur sirih. Panaskan sebentar diatas api kecil, peras. Minum dua kali sehari. Lakukan selama 3 hari.
  • Eksim. Ambil 1 buah jeruk nipis segar, 1 buah wortel, madu secukupnya. Kupas dan cuci bersih wortel, jus, saring. Ambil airnya, campur dengan air jeruk nipis dan madu. Minum setelah makan. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Influenza. Ambil 10 gram bunga krisan kering, 10 gram daun mint, air perasan jeruk nipis, gula batu atau madu secukupnya. Cuci bersih bunga krisan dan daun mint, rebus dengan 400 cc air hingga tinggal separuhnya, saring. Tambahkan dengan air jeruk nipis dan gula batu atau madu. Minum setelah makan, 2 - 3 kali sehari. Lakukan selama 3 - 5 hari.
  • Menghilangkan mual. Ambil 1 buah jeruk nipis, 15 gram jahe, 1/2 sendok teh adas, madu secukupnya. Kupas jahe, cuci bersih jahe dan adas. Rebus dengan 300 cc air hingga mendidih, saring. Tambahkan air jeruk nipis dan madu. Minum selagi hangat.
  • Menghilangkan ketombe. Ambil 2 -3 buah jeruk nipis segar. Belah jeruk menjadi 3 bagian. Oleskan belahan jeruk pada kulit kepala dan rambut sampai rata. Diamkan selama 2 jam, lakukan seminggu sekali sampai ketombe hilang. 
  • Demam dan nyeri perut. Ambil 1 buah jeruk nipis segar, kapur sirih sebesar 2 jari tangan, minyak kayu putih secukupnya.  Peras jeruk nipis, ambil airnya, tambahkan kapur sirih dan minyak kayu putih, aduk rata. Untuk demam oleskan pada punggung dan dada, untuk nyeri perut oleskan pada perut.
  • Menghancurkan batu ginjal. Ambil 1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya, saring. Tambahkan 3/4 gelas air mendidih, sedikit madu atau gula batu. Minum setelah makan. Lakukan selama 7 hari.
  • Mencegah pembusukan gigi. Ambil 1 buah jeruk nipis yang segar dan matang, 1 sendok teh. Seduh teh dengan air mendidih satu gelas, peras jeruk nipis, campur dengan teh. Saring selagi masih hangat. Minum 2 kali sehari setelah makan.
  • Batuk berdahak. Ambil 1 buah jeruk nipis, cuci bersih, peras airnya, campur dengan kecap atau madu dengan takaran sama. Minum 2 kali sehari selah makan.
  • Batuk kering. Ambil 10 gram daun sambiloto, 7 lembar daun mint, 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, gula batu secukupnya. Cuci bersih daun sambiloto dan daun mint, rebus dengan 400 cc air hingga tinggal separuhnya, saring. Campur dengan air jeruk nipis dan gula batu. Minum setelah makan.
  • Membersihkan karat pada logam. Ambil 1 - 3 buah jeruk nipis, belah menjadi 3, gosok pada bagian logam yang terkena karat. Lakukan hingga karat hilang.

B. Menanam pohon jeruk nipis.

Pada saat kita membutuhkan jeruk nipis, kadang untuk mencarinya sangatlah susah. Oleh karenanya ada baiknya kita mempunyai pohon jeruk nipis sendiri di rumah untuk memenuhi kebutuhan itu. Cara penanaman pohon jeruk nipis tidaklah sulit, kita bisa menanamnya di pot, polibek, maupun langsung ditanam di tanah. Berikut cara menanam jeruk nipis :
  • Bibit jeruk nipis dapat dikembangkan dengan cara, langsung menanam dari biji, sambung pucuk (okulasi), atau cangkok.
  • Tebarkan biji jeruk nipis tua ke permukaan pot yang tanahnya sudah digemburkan. Siram 2 kali sehari. Hati-hati jangan sampai airnya terlalu banyak. Biarkan kurang lebih 2 bulan sampai tumbuh tunas batu.
  • Pindahkan tunas bibit jeruk nipis ke pot atau polibek dengan diameter 20 - 25 cm. Letakkan di area yang terkena sinar matahari.
  • Setelah tingginya mencapai 50 cm, pindahkan ke pot atau polibek yang lebih besar yang berisi campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang, siram. Letakkan di halaman yang terkena sinar matahari.
  • Jika ingin menanam di tanah, pilih area yang terkena sinar matahari. Gali tanah sedalam 25 cm (tergantung panjang akar), diamkan tanah galian selama 3 - 4 hari agar kadar keasaman tanah berkurang. Tanam bibit tersebut ke dalam tanah, tutup lubang dengan tanah dan beri pupuk kandang, lalu disiram.

Perawatan pohon jeruk nipis pun sangatlah mudah, setelah pohon jeruk nipis itu hidup dan akarnya sudah kuat, kita cukup menyiramnya sekali sehari dan beri pupuk secara berkala (satu bulan sekali). Potong dahan-dahan yang sekiranya tidak dibutuhkan, dengan begitu kita akan mendapatkan pohon jeruk nipis yang subur dan berbuah lebat.

Selamat mencoba... !