Menanam Tanaman Hias Dengan Harga Murah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Halaman rumah yang gersang, tidak ada tanamannya, tentunya kurang enak dipandang mata. Apabila anda ingin menghias tanah di halaman rumah dengan tanaman hias, sementara dana yang anda punya pas-pasan, tenang saja ada beberapa jenis tanaman hias dengan harga murah yang bisa jadi pilihan anda, selain bisa menikmati hijaunya daun dan warna warni bunganya, perawatannya pun sangatlah mudah. Yang terpenting adalah pemilihan lahan yang tepat, karena jenis tanaman hias ini sangat senang dengan sinar matahari.
    1. Rumput Bombai.

    Rumput Bombai atau Portucala Grandiflora. Tanaman ini mempunyai bunga warna warni yang menarik dengan warna merah, putih, putih , dan jingga. Apabila anda tidak suka dengan tanaman rumput pada umumnya, rumput bombai ini sangat cocok dipakai sebagai penggantinya. Tinggi tanaman ini hanya berkisar antara 15 cm, sehingga apabila ditanam di halaman rumah tidak akan mengganggu langkah kaki anda. Kelebihan rumput bombai dibandingkan dengan rumput lainnya adalah rumput bombai tidak perlu adanya pemangkasan. Tanaman ini banyak dijual oleh pedagang tanaman hias di pinggir jalan.

    2. Bawang-bawangan.

    Bawang-bawangan atau Zephyranthes Candida Herb. Disebut bawang-bawangan karena memiliki akar seperti bawang tunggal. Setiap satu tanaman ini tumbuh akan diikuti anak-anak bawang yang lain, sehingga hal ini membuat bawang-bawangan akan terlihat seperti serumpun pohon. Disetiap pohonnya akan tumbuh satu bunga berwarna putih, merah, atau kuning. Tanaman bawang-bawangan ini berbunga sepanjang tahun, akan dapat tumbuh subur, baik ditanam di lahan terbuka atau dibawah atap. Dengan perawatan yang mudah tanaman bawang-bawangan ini sangat cocok di tanam di tepi sepanjang tembok rumah atau sebagai tanaman hias di pinggir kolam.

    3. Lili Paris.

    Lili Paris atau Chlorophytum Comusum. Tanaman ini dikenal mampu menyerap polutan. Tinggi pohon lili paris ini maksimal 10 - 15 cm dengan bentuk daun mirip dengan daun rumput gajah. Warna daunnya hijau muda dengan garis putih disisi kanan kirinya, dengan bunga berwarna putih. Dalam satu tangkai tanaman lili paris ini bisa terdapat 5 - 6 bunga. Tanaman ini juga dikenal dengan nama pita hijau, dikarenakan daunnya yang seperti pita. Tanaman lili paris bisa ditanam di pot atau ditanam di pinggir kolam sebagai tanaman penghias kolam, akan lebih cantik kalau tanaman ini dipakai sebagai pembatas taman atau ditanam berderet di pinggir tembok rumah.

    3. Anggrek Tanah. 
    Anggrek Tanah atau Bletilla Striata (Thunb) Reichbt termasuk familia Orchidaeae. Mendengar kata anggrek, pasti akan terbayang pada perawatan yang susah. Tapi untuk tanaman anggrek jenis anggrek tanah ini termasuk jenis yang paling bandel, maksudnya tanaman satu ini tidak rentan terhadap air hujan dan panas matahari, dan bunganya tidak cepat layu. Jadi perawatan anggrek tangah ini sangatlah mudah. Tanaman anggrek tanah dapat tumbuh diberbagai jenis tanah, baik lembab atau kering, akarnya yang berbentuk umbi dengan organ-organ tebal membuat tanaman ini kuat walaupun kekurangan air. Tangkai bunga anggrek tanah tegak dan tumbuh dari pangkal umbu, tingginya bisa nebcapai 15 cm, berbentuk tandan dengan bunga berwarna merah atau ungu, berada di ujung tangkai menggantung ke bawah. Dalam satu tangkai bisa terdapat 10 - 15 kuntum bunga. Tanaman ini juga tidak mengenal musim dan akan berbunga sepanjang tahun, asalkan bunga lama tidak rontok.  


    Itulah  empat  dari  sekian banyak  tanaman  hias  berharga  relatif  murah,   yang bisa anda manfaatkan untuk   mempercantik   halaman   rumah   anda.  Anda bisa mendapatkan tanaman-tanaman tersebut di pedagang tanaman hias dengan harga berkisar antara Rp. 2.500,- sampai Rp. 5.000,- tergantung dari kondisi tanamannya.

    Semoga bermanfaat...