Agar Anak Sehat Dan Tidak Mudah Sakit

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebahagian orang tua yang normal adalah melihat anak-anaknya tumbuh dengan sehat. kesehatan adalah hal yang paling diinginkan oleh para orang tua untuk anak-anaknya. Di saat anak sakit, orang tua akan sibuk, mengupayakan segala cara untuk kesembuhan dan kesehatan anaknya. Orang tua akan iklas bermalam-malam tidak tidur, hanya untuk menjaga anaknya yang sakit. Oleh karena itulah, kesehatan merupakan karunia Tuhan yang harus kita syukuri.

Untuk kebutuhan kesehatan anak-anaknya, orang tua akan melakukan segala cara. Dari memberi anak-anaknya makanan yang sehat dan cukup gizi. memberi anaknya segala macam obat dan vitamin yang semata-mata hanya untuk kesehatan sang buah hati. Hanya saja yang tidak diperhatikan oleh banyak orang tua adalah  apakah cara-cara yang dilakukan itu sudah benar ?

Kesehatan bukan barang instan yang begitu saja menjadikan anak tiba-tiba sehat. Kesehtan juga bukan diciptakan, tapi kesehatan lahir dari kebiasan dan pola hidup termasuk asupan makan, yang semua itu membutuhkan proses.  Kalau orang tua membiasakan si kecil dari usia dini sudah diajarkan dengan pola hidup yang baik dan teratur, maka si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat. Akibatnya, orang tua tidak perlu mengeluarkan biaya yang relatif banyak untuk kesehatan anaknya, baik untuk membeli makanan tambahan, seperti vitamin, atau bahkan tidak perlu bolak balik ke dokter untuk memeriksakan kesehatan anaknya.

Menurut para ahli kesehatan anak, ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk memastikan gizi yang tepat bagi anak-anak. Lima hal tersebut adalah :
  1. Pastikan si kecil cukup tidur di malam hari (8 - 10 jam) agar keesokan harinya segar dan sempat sarapan sebelum berangkat sekolah. Kurang tidur akan mengakibatkan kondisi anak menjadi lemah dan sangat rentan terserang penyakit baik oleh bakteri maupun kuman.
  2. Siapkan sarapan yang cepat, namun sehat. Sarapan merupakan hal yang penting bagi si anak, karena anak-anak membutuhkan energi untuk aktivitasnya, dan energi itu dapat diperoleh dari sarapan.
  3. Siapkan bekal camilan untuk memenuhi kebutuhan ngemil anak, jadi si kecil tidak jajan sembarang di luar. Seperti diketahui bahwa jajanan anak-anak yang dijual tidak terjamin kesehatan. Banyak bahan-bahan yang membahayakan kesehatan tubuh digunakan sebagai bahan baku pembuatannya. Jadi jangan ambil resiko untuk membiarkan si anak jajan sembarang, lebih baik bekali si anak dengan camilan sehat dari rumah.
  4. Ciptakan suasana sarapan yang menyenangkan agar mood anak bisa bangkit. Mood anak-anak kadang-kadang bisa berubah dengan tidak pasti. Oleh karena itu orang tua mesti pandai-pandai menciptakan suasana dan berinovasi semenarik mungkin terhadap makanan yang disiapkan untuk sarapan si anak. 
  5. Berikan buah-buahan segar dan sayuran. Buah dan sayur kaya akan vitamin, yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si anak. Hal ini sangat penting, karena asupan gizi anak tidak cukup dengan hanya makan karbohidrat saja, tapi juga harus diberikan buah-buahan dan sayur-sayuran.
Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, ditambah suasana makan yang menyenangkan anak, akan mampu menampilkan kemampuan terbaik mereka.

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang tua adalah bagaimana agar anak tidak mudah sakit ? Jawaban dari pertanyaan tersebut tentulah menjaga pola makan dan kondisi anak. Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini cuaca kita rasakan tidak bersahabat.  Pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau sudah tidak dapat diprediksi lagi. Hal ini  tentunya dapat menimbulkan penyakit-penyakit baru dilingkungan sekitar kita. Untuk itulah kita mesti pandai-pandai menjaga kesehatan, terutama kesahatan anak-anak kita.

Dengan kondisi alam  yang seperti ini, sangat dimungkinkan mudah sekali kita akan terserang penyakit, apalagi anak-anak yang memang daya tahan tubuhnya cenderung lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Untuk menjaga supaya anak-anak kita bisa tetap selalu sehat, sehingga mereka tetap bisa beraktivitas dengan normal, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan bagi anak agar tidak mudah sakit :
  • Tidur yang cukup. Anak-anak membutuhkan tidur lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa agar mereka tetap sehat. Jika anak-anak kurang tidur bisa menurunkan kinerja dan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Menurut para ahli kesehatan, bayi membutuhkan waktu tidur selama 18 jam, anak-anak balita membutuhkan waktu tidur selama 12 jam, dan anak-anak sebelum dewasa membutuhkan waktu tidur selama 10 jam. Maka dari itu, orang tua harus bisa memastikan anak-anaknya tetap mendapat jumlah jam tidur tersebut.
  • Makanan segar. Penting buat anak-anak untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Dengan mengkonsumsi makanan segar sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Banyak sekali jenis sayuran dan buah yang kaya antioksidan dan vitamin C. Maka dari itu, sertakan juga buah dalam daftar harian sebagai selingan makanan anak-anak anda.
  • Hindari makanan cepat saji dan olahan. Tentu anak-anak menyukai du jenis makanan ini, tetapi bukan berarti makanan tersebut sehat buat mereka. Sebab makan siap saji dan olahan didalamnya terdapat berbagai zat adiktif yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, orang tua dianjurkan untuk menumbuhkan kebiasaan makan sehat bagi anak-anaknya di rumah.
  • Berikan madu setiap hari. Madu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tidak hanya itu madu juga mengandung ragam manfaat lainnya yang bersifat menyembuhkan.

Tentunya kita sebagai orang tua selalu mengharapkan anak-anak kita senantiasa dikaruniai kesehatan.  Jadi selalu waspadalah dengan pergantian musim seperti saat ini. Semoga bermanfaat.