Yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Saat merasakan penat pikiran setelah setiap hari bekerja, ada baiknya anda memikirkan untuk melakukan liburan bersama keluarga. Dengan liburan diharapkan pikiran dan kondisi tubuh akan kembali bugar, sehingga nantinya anda dapat kembali menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan dengan lebih baik.

Persiapkan dengan matang rencana liburan anda bersama keluarga, sehingga liburan yang akan dijalani dapat berjalan dengan nyaman dan lancar. Berikut adalah beberapa hal  yang perlu anda persiapkan sebelum anda bersama keluarga pergi berlibur :
  • Buat jadwal saksama. Rencanakan liburan secara saksama. Buat jadwal acara sesuai kebutuhan keluarga, mulai dari daftar tujuan wisata, akomodasi seperti hotel, dan transportasi, hingga rencana cadangan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
  • Jadwal teratur. Meski sedang berlibur, atur sedemikian rupa agar acara liburan tidak  mengganggu gaya hidup sehat kita, seperti berolah raga rutin di pagi hari terutama latihan peregangan, agar otot tidak kaku, sarapan sehat sebelum melakukan wisata, tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi yang dapat memberikan energi dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit. Jika perlu tambahan suplemen juga bisa dipertimbangkan.
  • Jangan lupa obat. Siapkan obat dan taruh selalu obat dalam tas bawaan disertai salinan resep dari dokter/apotek. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu, misalnya jantung, pastikan untuk membawa obat terkait. Perhatikan jadwa minum obat meskipun sedang berwisata. Penting juga menyiapkan obat-obatan emergency, terutama apabila saat berlibur membawa anak-anak balita.
  • Perhatikan konsumsi minuman dan makanan. Kebersihan adalah syarat utama untuk konsumsi saat berlibur. Dengan menyantap makanan yang bersih dan bergizi, tubuh akan sehat, terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh makanan kotor, seperti diare dan cacingan. Hindari membeli makanan di sembarang tempat, pilih tempat makan yang diyakini kebersihannya. 
  • Jangan lupa membawa botol air. Hal ini akan sangat berguna untuk menyimpan air dan hal-hal kecil seperti perhiasan, dan lain-lain. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan, sehingga tidak ada salahnya untuk sedikit berjaga-jaga. Selain memiliki lapisan yang kokoh, botol ini tahan air dan bisa melindungi benda penting di dalamnya. 
  • Selalu membawa tas ziploc. Tas ini tentu sangat bermanfaat untuk menaruh makanan atau perlengkapan mandi. Selain tidak akan bocor, tas ini juga tahan lama. Akan tidak masalah jika tas ziploc ini anda taruh dibagian tas paling bawah. 
  • Bawalah baju yang menyerap keringat. Perjalanan anda akan terasa sangat panas dan membuat anda gerah. Baju yang memiliki bahan yang menyerap keringat akan membuat tubuh anda nyaman selama dalam perjalanan. Selain itu, baju-baju semacam ini biasasnya berbahan sangat ringan dan tidak memenuhi kapasitas tas anda. 
  • Membagi isi tas dengan anggota keluarga lain. Anda bisa melakukannya dengan anggota keluarga lain untuk berjaga-jaga kalau saja koper anda hilang. Hal ini tidak sering terjadi, tapi siapa yang tahu apa yang akan terjadi pada perjalanan anda. Jangan lupa menggulung pakaian anda untuk menghemat ruang koper dan menjaga pakaian bebas kerut.
  • 2 in 1. Anda bisa membuat koper anda lebih ringan dengan membawa produk 2 in 1, misalnya shampo plus condisioner, krim tabir surya plus handbody lotion, dan lain-lain. Jika dua botol bisa menjadi satu, pastilah itu  bisa meminimalisir berat koper anda. 
  • Potong setengahnya. Kebanyakan orang hampir selalu membawa koper yang kelebihan muatan. Anda harus pandai-pandai memilih barang apa yang anda butuhkan yang harus dibawa. Jika anda harus pergi satu atau dua minggu, maka taruhlah semua barang yang perlu anda kemas. Potonglah setengah dari jumlah barang-barang itu. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun anda akan dapat pemahaman visual tentang apa yang sesungguhnya anda butuhkan. Tambahkan sandal untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba turun hujan. 

Satu hal lagi yang penting yang harus anda perhatikan adalah lindungi informasi pribadi atau dentitas lengkap tentang anda. Apapun bisa terjadi di perjalanan, jadi biasakan untuk membawa salinan dokumen penting atau identitas pribadi anda. Cara praktis dan paling aman adalah dengan jalan memindai semua dokumen dan identitas diri dalam bentuk file, lalu menyimpannya sebagai draft pada email anda.Tinggalkan juga fotokopi data tersebut di rumah untuk orang terdekat anda. Dengan demikian dokumen dan data yang anda perlukan mudah diakses saat itu benar-benar hilang.

Selamat berlibur, semoga bermanfaat.