Tips Agar Aman Dan Nyaman Serta Hal Yang Harus Dihindari Saat Bekerja Di Malam Hari

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Seperti yang kita tahu, banyak perusahaan atau pekerjaan yang jam kerjanya justru pada malam hari, terutama bidang pekerjaan yang dituntut melayani konsumen selama 24 jam. Ketentuan tentang jam kerja malam ini juga diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. Perusahaan yang mempekerjakan karyawannya pada malam hari hendaklah memperhatikan dan menjamin keamanan dan keselamatan karyawannya, selain juga  harus juga menyediakan makanan yang bergizi serta transportasi yang layak dan aman.

gambar : cosmomom.net
Terlepas dari sudah dipenuhinya kewajiban perusahaan kepada karyawannya tersebut atau belum, sebagai karyawan ada baiknya melakukan persiapan khusus agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut sedikit tips persiapan yang bisa dilakukan agar aman dan nyaman bekerja di malam hari :
  • Persiapkan stamina tubuh. Makanlah makanan yang cukup mengandung gizi dan memenuhi kebutuhan kalori anda di malam hari. Istirahatlah yang cukup di siang hari dan luangkan waktu untuk berolah raga secara rutin.
  • Kenakan pakaian yang nyaman. Kerja di malam hari bisa mendatangkan penyakit, seperti masuk angin, flu, dan batuk. Gunakan pakaian yang tertutup, kalau dirasa perlu tambahkan jaket. Selain menghangatkan tubuh, baju tersebut  bisa menghindarkan anda dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pakai juga alas kaki yang nyaman dan memudahkan anda saat bergerak. Untuk wanita, hindari sepatu berhak tinggi.
  • Pilih tas yang aman dan tidak menarik perhatian. Pakailah tas yang ada tutupnya, bisa juga yang dilengkapi dengan risleting, agar isinya tidak berserakan di luar. Tak perlu membawa barang-barang yang tidak berguna sehingga tas menjadi lebih ringan.
  • Pilih transportasi yang aman. Bila anda menggunakan transportasi umum, gunakanlah kendaraan umum yang sudah terbukti aman dan terpercaya. Bila anda menggunakan taksi, biasakan catat nama pengemudi dan nomor lambung taksi, jika perlu sampaikan informasi tersebut kepada orang-orang terdekat anda. Jika mesti naik bus, pilihlah bus yang ramai dan nyaman. Dan jika anda harus menggunakan jasa ojek, gunakanlah jasa tukang ojek yang sudah anda kenal.
  • Tetap terjaga. Saat di kendaraan umum usahakan agar anda tidak tertidur dan tetap waspada. Terlebih jiha anda membonceng ojek. Tidur bisa membahayakan keselamatan anda.
  • Pisahkan uang receh. Gunakan dompet kecil untuk menyimpan uang transportasi sehingga anda tidak perlu repot mengeluarkan dompet utama anda dari tas saat akan membayar ongkos bus atau taksi.
  • Hindari tempat sepi dan gelap. Tempat seperti ini biasanya dimanfaatkan oleh para penjahat untuk menjebak mangsanya. Bila terpaksa harus melewati tempat itu, carilah seseorang untuk menemani anda.
  • Bawa obat-obatan. Siapkan obat-obatan yang anda perlukan. Bawalah juga minyak kayu putih, balsam, atau produk sejenis yang bisa menghangatkan tubuh dari udara dingin di malam hari.
  • Istirahat. Istirahatlah sejenak bila mengantuk saat bekerja. Jangan sampai pekerjaan anda terganggu karena mengantuk atau tertidur.
  • Berdoa. Selalu berdoa dan minta perlindungan Tuhan agar selamat saat berangkat dan pulang kerja.

Beberapa hal yang harus dihindari ketika anda mesti bekerja pada malam hari, yaitu seperti hal berikut ini :
  • Melakukan kegiatan yang melelahkan di siang hari sehingga membuat stamina tubuh anda tidak prima pada malam harinya.
  • Makan berlebihan yang membuat perut anda kekenyangan, sehingga membuat anda mengantuk.
  • Mengonsumsi minuman berenergi untuk  menjaga menahan kantuk. Minuman jenis ini justru menimbulkan keluhan buruk lain, seperti jantung berdebar-debar.
  • Memaksakan bekerja padahal sedang sakit. Kalau dalam kondisi sakit anda memaksakan diri untuk tetap bekerja, bisa jadi malah akan menimbulkan kecelakaan kerja.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang bisa menyebabkan kantuk. Misalnya obat flu, obat batuk, obat alergi, dan lain sebagainya.
  • Memakai pakaian terbuka sehingga mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Memakai perhiasan atau barang berharga lainnya secara berlebihan.
  • Mengeluarkan dompet, telepon selular, atau barang-barang berharga lainnya di tempat umum.

Meski bekerja di waktu yang tidak lazim dan beresiko, anda tetap harus menunjukkan komitmen dan profesionalisme. Jangan mencari alasan untuk membolos atau datang terlambat, karena tentunya sejak awal anda sudah menyetujui isi dari kontrak kerja, berarti juga anda sudah siap menjalani resiko pekerjaan itu.

Semoga bermanfaat.