Penanganan Darurat Bila Anak Terserang Cacar Air (Varicella Simplex)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Cacar air atau Varicella Simplex merupakan penyakit yang harus ditangani dengan sangat hati-hati, karena jika bintil-bintil tersebut pecah bisa menular pada kulit yang terkena air. Dampaknya setelah sembuh akan meninggalkan bekas berupa bopeng-bopeng di kulit.

gambar : kesehatan.us
Sebenarnya cacar air bisa dicegah sejak dini, yaitu dengan melakukan imunisasi ketika anak berumur satu tahun atau lebih. Namun, jika penyakit ini sudah menular atau menjangkit pada anak dan tidak segera ditangani akan berlanjut menjadi parah. 

Seringkali orang tua memandang biasa terhadap anaknya ketika terserang cacar air. Penanganan awal biasanya dilakukan hanya dengan mengolesi bedak talk atau memberikan obat yang dibelinya di warung-warung atau toko abat tanpa petunjuk dokter. Padahal tindakan tersebut justru bisa menjadikan cacar air anak semakin bertambah parah.

Gejala-gejala umum anak terserang cacar air diantaranya mengalami demam selama beberapa hari yang disusul dengan keluarnya bintil-bintil merah di beberapa bagian kulit. Kondisi tubuh kian hari tampak lelah, letih maupun lesu. Jika sudah memasuki fase tertentu, dalam waktu tiga atau lima hari kemudian, bintil-bintil merah tadi akan membesar dan berisi air, penderita akan merasa sangat gatal.

Jika hal ini terjadi hendaknya segera mandikan anak dengan air dingin yang  sebelumnya telah dicampur dengan secangkir soda kue pada air mandi untuk mengurangi rasa gatal. Kemudian berikan Tylenol untuk menurunkan demam, tapi harus diperhatikan aturan serta petunjuk pemakaian untuk mengetahui dosis yang tepat. Hindari pemakaian aspirin pada anak-anak. Yang perlu diperhatikan, jika cacar air menyerang anak yang masih balita, segera potong kukunya agar tidak dipakai untuk menggaruk bintil-bintil di kulit karena gatal, dan jangan lupa gunakan salep calamine pada bintil-bintil cacar untuk menghilangkan rasa gatal.Hindarkan dari sinar matahari dan awasi terus kemanapun anak tersebut pergi.

Jika anak mengeluh lebih lanjut, dengan keluhan-keluhan lain seperti gatal yang tidak juga hilang, muncul luka di bagian mata atau di bagian-bagian lain, demam semakin tinggi yang disertai dengan sakit kepala, leher, batuk, muntah dan mudah pelupa maka jangan tunggu waktu lebih lama lagi, segera bawa ke dokter atau rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Karena biasanya setelah terjadi gejala seperti itu biasanya berlanjut dengan rasa sakit setiap buang air kecil dan bintil-bintil di kulit kian meradang. Jika bintil-bintil di kulit sudah meradang biasanya akan mengeluarkan nanah dan terjadi pembengkakan serta terasa nyeri atau sakit sekali.

Semoga bermanfaat.